Beberapa hari lalu, elmuha sempat membahas paket internet khusus sahur Ramadhan yang sebenarnya merupakan paket internet dengan kuota midnight.

Sebagian dari kalian mungkin masih ragu, sebagian lainnya mengeluhkan kualitas paket internet midnight dari Telkomsel.. Karena itu, elmuha sempatkan untuk mengulas khusus kelemahan dan kekurangan paket internet midnight atau paket khusus sahur Ramadhan dari Telkomsel.

Dengan review berdasarakan pengalaman pribadi elmuha, saya harap kalian bisa tau apakah paket ini layak dibeli atau tidak.

Kelemahan pertama; IDLE!!!

Idle connection, begitu saya menyebutnya. Atau, kondisi saat koneksi internet jadi seakan SLEEP, tidur. Disconnect sih enggak, kehilangan sinyal juga enggak, tapi gak bisa connect ke internet.

Kalau di modem USB, saya biasa disconnect lalu connect ulang. Kalau di ponsel atau smartphone, dibiarin juga nanti dia normal lagi.

Tapi kalau kalian gak sabar, maka yang biasa elmuha lakukan sebagai solusi kekurangan paket internet midnight Telkomsel ini adalah dengan cara merubah dari pengaturan sinyal 4G LTE/3G/2G, ke 3G Only, atau sebaliknya ketika sudah mulai kumat lagi.

Kadang dengan cara rubah mode FLIGHT atau penerbangan, tapi lebih lama dan malah kadang gak berhasil ngerestart koneksi.

Cara yang lebih AJIB, tentu saja mematikan lalu menghidupkan lagi ponsel kita. Ini biasa saya lakukan kalau sudah lebih dari 5 kali IDLE, biasanya setelah restart akan normal untuk waktu yang jauh lebih lama.

Anyway, kekurangan nomor 1 ini baru elmuha rasakan di pertengahan Ramadlan, atau baru 1 minggu terakhir. Tadinya mah bebas idle, lancar jaya.

Kelemahan kedua, Ngambil kuota reguler?

Elmuha sudah bertahun-tahun gak ngerasain lagi bugs kekurangan midnight Telkomsel yang satu ini.

kekurangan paket internet kuota midnight telkomsel

Tapi melihat komentar2 pengunjung blog saya, masih ada aja yang mengalami seperti itu. Saya gak bisa percaya langsung juga, karena sebagian masih nanya cara ngecek kuota midnight macam mana. Lah, saya bingung, kalau ngecek kuota aja belum paham, kok bisa bilang bahwa kuota reguler mereka yang kesedot di waktu midnight?!

So, cek lagi dengan benar. Yang paling akurat saat ini adalah melalui web my.telkomsel.com, atau pakai aplikasinya MyTelkomsel. Cek lewat SMS udah gak zaman.

Saya gak berani bilang ini kesalahan Telkomsel, karena itu tadi, elmuha sudah gak ngerasain. Malah saya sering bahkan hampir selalu diuntungkan karena kuota regler yang terpakai di jam-jam sebelum midnight, kembali lagi utuh karena digantiin kuota midnight. Bugs yang luar biasa mengasyikkan.

Solusi untuk kekurangan nomor 2 ini; sama saja sebenernya. RESTART aja ponselnya sebelum pakai. Saya sih gak perlu ya, udah gak ngalamin.

Kekurangan ketiga; KURANG LAMA ūüėÄ

Ya, bagi para kalong, mungkin sudah hapal kalau dulu banget, midnight-nya Telkomsel itu dari jam 12 malam, sampai jam 9 pagi. Nah, sejak beberapa tahun terakhir, dikurangin dua jam, jadi cuma sampai jam 7 pagi.

Untungnya, kalau daftar paket midnight/ sahur harian yang 1 ribu rupiah untuk 1 hari dan 1 GB, daftar di jam midnight, itu masa aktif periodenya sampai hari besoknya, jadi ya terhitungnya dua hari. Mangstab.. Kalau gak habis hari ini, lanjutin besok.

Walaupun, menurut saya yang paling worth it itu yang mingguan 5 GB harga 5 ribu rupiah. Gak perlu perpanjang tiap hari, dan berlaku 7 hari dengan harga untuk 5 hari.

Kekurangan selanjutnya; PRIORITAS LEBIH RENDAH

Dibilang lebih lambat sih enggak ya, karena speed masih paling oke dibanding semua provider lainnya. Apalagi untuk upload, beuh.. super ngebutz di jaringan 4G LTE.

Test Speed Kecepatan paket internet sahur ramadhan telkomsel 2018
Speedtest Telkomsel kuota midnight

Cuma mungkin emang lebih sering idle aja, kadang tiba-tiba lambat banget koneksinya, tapi cuma bentar sih, beberapa detik-menit normal lagi speednya.

Ya, kita mesti maklum, harganya cuma 1rb/1GB loh, itu murah banget sih sebenernya.

Kekurangan yang dimiliki paket internet midnight Telkomsel, gak lantas menghapus kelebihan dan daya tarik paket ini untuk dibeli, tentu saja; untuk anda para kalong sejati, semoga membantu.

LEAVE A REPLY