Alhamdulillah akhirnya elmuha bisa update ini blog setelah sekian lama aku menunggu PulKam urusan keluarga. Pengennya sih setiap PulKam itu tetep bisa rutin update, tapi ampun susahnyaaa…

Nah, dalam masa-masa saya rehat dari dunia blogging, ada dua motor yang diluncurkan resmi yakni the ALL NEW Suzuki Nex dan ALL NEW Honda Vario 125/150. Sedangkan Yamaha Lexi, seperti kita ketahui, sudah meluncur cukup lama meskipun pengumuman harganya juga baru-baru ini.

Alias bisa kita katakan, tahun ini adalah tentang All New Honda Vario 125 VS Yamaha Lexi yang juga pakai mesin 125cc. Bagaimana pendapat saya tentang dua motor ini? Plus satu motor baru dari Suzuki, The All New Nex?

Bicara Honda Vario, saya yakin Anda juga tau bahwa motor ini adalah motor terlaris Honda AHM setelah Honda BeAT. Desain sporty tajam ternyata bisa diterima masyarakat Indonesia meski harganya sudah tidak murah.

Sepupu jauh saya dulu beli Vario 125 itu seharga 19 juta rupiah di tanah Riau, beuh, bisa dibilang setara dengan Yamaha (Jupiter) MX King yang lebih menarik ke mana-mana.

Sesi test ride saya bersama Vario 125 mendapat kesimpulan bahwa motor ini; ENAK! Ya, cukup. Akeselerasi 0-60 cukup kenceng, 60-80 masih oke, dan setelah 80 kpj terasa seakan sudah max. Tentu tidak berarti maksimal speed-nya cuma 80 Km/jam, NO, maksud saya, di atas 80 kpj, motor ini sudah agak berat, ini karena saya terlalu biasa bawa motor sport 150cc dimana 80 kpj itu masih kadar sangat santai.

Handling old Vario 125 itu mantap, nurut, dan saya rasa lebih anteb aja dibanding BeAT pada masa itu, tapi BeAT terbaru juga udah lebih anteb sih, bikin riding makin PeDe.

(dan kata reviewer pro soal Vario 2018, itu karakternya masih mirip Vario lama, dan mungkin sedikit lebih baik)

Tapi ada satu alasan kenapa saya ogah punya ini motor, apa itu?

Nanggung.. Mau compact, gak se-compact BeAT. Mau keren, gak sekeren PCX, Aerox, atau bahkan NMax, dan alasan lain adalah karena tampangnya menurut saya; membosankan!

Ya, desain agresif pada sebuah motor itu menurut elmuha memang gak bisa long lasting, alias keren di awal tapi cepet ngebosenin. Beda ama NMax misalnya yang “jelek” di awal tapi lalu jadi keren terus sepanjang masa sampai ada pengganti All New-nya, nanti.

Lalu, hadirlah The ALL NEW Honda VARIO 2018. Lihat dari bocoran yang cover motornya disingkap sedikit, elmuha sudah menyangka, ini motor bakal keren sih, cakep ala sporty2 gitu. Ternyata benar. Tapi…

All New Honda VARIO

Sayangnya desain cakep di depan kurang bisa mengalir sampai buritan. Tapi okelah, saya kira semua harus dipaksa setuju, Vario 2018, keren!

Lalu kenapa saya ogah beli?

Entahlah, ada yang kurang dari motor ini, kurang pas aja di hati. Mungkin desain sampingnya, mungkin buritannya, mungkin kaki-kaki belakangnya (yang terlihat agak cungkring), mungkin juga harganya. Ahh… faktor yang terakhir tadi sepertinya jadi yang paling signifikan, hahaha… kidding.

Biasanya sih, lama-lama akan terbiasa dengan desainnya.. Bagaimana pun, Vario 2018 ini, cakep! Hanya saja kalau “kaki” belakang agak kekar, kayaknya lebih ideal secara keseluruhan. Itu kekurangan Honda Vario 2018 untuk sementara ini!

Pindah ke motor satunya yang digadang-gadang menjadi pesaing terkuat Vario 125 2018, The Yamaha LEXI.

Sejak kehadirannya, elmuha seolah tak peduli dengan sesosok motor yang katanya dibekali fitur sangat lengkap namun harga terjangkau ini. Loh kok bisa? Bukannya keren?

Hmm… apa ya.. mungkin bahasa mudahnya ini; aku gak syukaaa!

Senyeleneh apapun desain motor, kalau ngena di hati, saya akan suka. Misalnya sang kakak; NMax, atau bahkan V-ixion R, bahkan R25 yang dibilang orang jelek pun menurut saya ganteng, dsb dsb…

Tapi Lexi ini, hati saya gak kesentuh.. Sebagai manusia yang setengah FBY, saya berani bilang begitu karena memang sampai detik ini, saya belum suka. Entah kalau besok atau beberapa jam lagi…

Karena itulah saya gak tertarik untuk memperhatikan lebih detail. Namun sebagai blogger yang ngakunya punya blog motorcycle, ya mau gak mau saya intip juga dah berbagai fitur dan spesifikasi the Yamaha Lexi. Saya bisa bilang, ini motor emang lengkap banget fiturnya, sampai-sampai saya kesal karena fitur SMG belum juga hadir di NMax, WHY Yamaha, WHYYYYYY???

Yamaha Lexi seakan menggabungkan kelebihan motor Maxi Yamaha seperti NMax dan XMax, dengan motor matic kecil macam Mio M3. Nyaman, fitur lengkap, namun dek rata sehingga bisa bawa galon dan belanjaan lebih banyak, katanya….

Tapi emang sih, dek rata itu surga banget buat naro barang belanjaan pasar.

Iya sih, ini keren banget apa yang diberikan oleh seekor Lexi.

Yamaha Lexi kelebihan

Kaki bisa selonjoroan, suspensi pake tank di Lexi S, panel digital, ada socket charging-nya, pake smart-key pulak di Lexi S, liquid cooling, VVA, SMG alias starter gak berisik, Start-stop system, beberapa printilan fitur penting lain, bahkan ada Hazard Lamp yang saya yakin bakal bikin pengendaranya malah kelihatan norak, menurut saya, please gak usah pakai fitur yang satu ini kecuali benar-benar dibutuhkan.

Ya, ya, ya, lengkap!!!

Namun sepertinya yang penting itu ada Smart-lock, dan stand side switch. Jadi kalau parkir di tempat gak rata, motor gak mundur. Serta gak bakalan ada yang teriak, “BANG STANDAR BANG, BANG STANDARNYA BANG!!!!!”. Ya, dua fitur sepele tapi penting itu sudah ada kok di Lexi.

Lampunya juga sudah pakai LED yang kekinian. Bagasinya 12.8 liter, tanki bensin 4.2 liter, nothing special tapi cukup. Bagasi Vario lebih gede, btw.

Yamaha Lexi saya kira cocok buat dibeli untuk anda yang perlu fitur-fitur ala matic dengan dimensi body cukup compact, serta desain dan beberapa fitur ala Maxi Matic.

Tapi elmuha ogah beli, kenapa?

Karena aku gak syukaaa!!

Ya, sama aja ama Honda Vario. Saya gak menemukan satu faktor yang benar-benar membuatku ingin memacari dan meminang kedua atau salah satunya.

Mending Honda BeAT, atau Scoopy, Suzuki Address, Yamaha Aerox, atau sekalian NMax dan PCX.

NOW, let’s talk about the ALL NEW SUZUKI NEX.

Nex 2018

Si raja di kelas matic entry-level. Raja atau pemimpin dalam kancah lomba paling sedikit pemiliknya dibanding BeAT atau Mio.

Eit, jangan salah.. Meski populasinya gak banyak, Suzuki Nex dan Address sukses masuk dalam radar elmuha sebagai motor-motor yang layak dipertimbangkan, untuk dibeli tentunya, bukan buat dilihat lalu dicaci-maki doang!

Tapi elmuha belum secara mendetail melototin gambar dan spesifikasi Nex terbaru ini, karena itu, bersambung dulu ya… see ya…. (NB: jangan pada baper! 😀 )

LEAVE A REPLY