EDAN!!! Benar-benar seri MotoGP yang edan banget! Dari sebelum start saja sudah banyak drama, mulai dari start yang ditunda, semua tim balik ke PIT kecuali Jack Miller yang bertahan di track dengan pilihan ban Slick meskipun belum jelas apakah race-nya akan basah atau kering.

Clash marc marquez vs valentino rossi motogp argentina 8 april 2018 marc menyesal
Marc diganjar sanksi 30 detik penalty

Yang menggemaskan dalam artian ngeselin, gak ada kejelasan dari Race Director. Setelah beberapa menit ditunda, akhirnya; YES! MotoGP Argentina 2018 dimulai.

start grid motogp argentina april 2018
Jack Miller paling depan

Posisi grid diatur ulang karena ada Jack Miller seorang diri yang tak perlu rubah grid sebab gak balik ke PIT sendiri, yang lain semua start dengan grid di belakang Jack Miller, ya kira-kira sekitar 3-5 row di belakang Miller.

Di lap-lap awal, Zarco sempat “memaksa” Pedrosa wide dan akhirnya terjungkal crash, tidak bisa lanjut race, namun yang saya bingung, kejadian ini tidak membuat Zarco kemudian diberi sanksi.

Clash dani pedrosa vs johan zarco motogp argentina 8 april 2018
Dani Pedrosa terjungkal

Clash dani pedrosa vs johan zarco motogp argentina 8 april 2018 pedrosa jatuh

Oh iya, kejadian pertama saat sudah akan start itu adalah si anak alien, Marc Marquez yang sepertinya mengalami masalah pada motornya sehingga di awal dia mesti muter-muter di area grid, yang akhirnya seperti kita tebak, dapat sanksi, dan sanksinya lumayan yakni masuk jalur pit (lupa istilahnya). Dari posisi terdepan, terpaksa harus ke belakang jauh. Kejadian ini akhirnya membuat drama lanjutan Marc Marquez di Argentina ini.

drama motogp argentina 2018 april marc marquez muter
Emang bocah “edan” ini 😀
drama motogp argentina 2018 april marc marquez lincah bener
Ngeliyatnya antara pengen ketawa, sedih, kasian, salut, campur aduk.

Marc membuat beberapa overlap yang sangat agresif dan di akhir dianggap membahayakan. Saya tidak menyalahkan Marc Marquez walau saya sedih melihat bang Rossi harus tersungkur juga. Saya hanya menyayangkan si anak alien ini karena KURANG SABAR. Soal performa, siapa sih yang meragukan seorang Marquez?!

Clash marc marquez vs valentino rossi motogp argentina 9 april 2018 awalnya serempetan Clash marc marquez vs valentino rossi motogp argentina 8 april 2018 rossi jatuh Clash marc marquez vs valentino rossi motogp argentina 8 april 2018 marc menyesal

Clash marc marquez vs valentino rossi motogp argentina 8 april 2018 kezl

Kalau lap ditambah kira-kira 5 laps saja, saya kok cukup yakin, barisan terdepan akan digantikan oleh Vinales, Rossi, Dovi, dan Marc. Karena barisan terdepan saat lap akhir sepertinya sudah sangat tekor ban, terutama Miller, Crutchlow dan Zarco.

Tapi hal begitu gak terjadi di balapan. WINNING IS WINNING, gak pakai ANDAI DAN MISAL.

Lagi pula, performa Cal Crutchlow memang tahun ini terlihat menjanjikan, bahkan dengan juaranya dia di Argentina, menempatkan di posisi klasemen pertama. Keren banget dah!! Perlu Anda tau, elmuha cukup ngefans pada si Cal ini, suka membuat kejutan di saat yang lain kewalahan.

para juara motogp argentina april 2018
Saat Crutchlow masih nahan2… sebelum akhirnya menyerang dan menjadi juara!

Sedangkan Zarco, tentunya sikap positif dia selalu memberikan kesan yang sangat baik melekat padanya. Cuma kadang kurang sabar dikit aja, mirip lah ama Marquez, dan Iannone tahun lalu, eh, apa kabarnya ni orang, sejak pindah ke Suzuki, performanya jadi melempem, kangen saya ama Iannone yang garang seperti waktu di Ducati. Brutal dikit gak apa-apa dah, biar seru.. hhee

Alex Rins however, mulai menunjukkan bahwa dia seorang pembalap sejati, ciyaa… Saya harap sih performanya lebih baik lagi, bersaing dengan Zarco, sama-sama pembalap muda bertalenta super. Mungkin tak lama lagi akan sering duel ama Marc.

Crutchlow Zarco dan Rins sebelum finish
Crutchlow Zarco dan Rins sebelum finish

Jack Miller, ah, sayang sekali, sayang banget, elmuha kecewa karena dia gagal podium. Satu kesalahan kecil disebabkan ban depan yang mulai habis, akhirnya super wide, dan tertinggal jauh di belakang tiga terdepan.

Setidaknya masih jauh lebih keren dibanding Lorenzo yang bikin elmuha bingung, ini orang tiba-tiba ngilang dari track race.. Ada apa gerangan??? hahaha. Saya puter ulang rekaman, belum jelas apa yang terjadi pada si nomor 99, cakep banget ini nomornya. Mungkin baiknya sih Lorenzo pindah ke Suzuki aja kali ya, tukeran ama Iannone, lagi…. (Update; ternyata Lorenzo finish, lihat foto paling bawah)

Vinales, sempat tertinggal di belakang, akhirnya sih dapat nih race pace-nya, merangsek ke depan. Tak mengherankan untuk seorang Vinales.

Vinales mengejar Dovi
Vinales ngejar Dovi

Dovi? Agak terlalu biasa tanpa kejutan berarti di Argentina ini.

Rossi? Not bad at all, cuma sayang harus tersungkur dulu sebelum finish, padahal lap tinggal dikit. Ya lumayan lah, CLASH dengan Marc Marquez terulang lagi, yang mau gak mau bikin situasi MotoGP tahun ini akan lebih panas lagi, tapi panas yang elmuha tidak sukai, karena…. Saya suka mereka keduanya. Kalau ada yang bisa menggantikan legend-nya Rossi di MotoGP, It’s Marquez. Untuk saat ini loh ya.

Rossi lanjut balap sampai finish after crash
Rossi lanjut balap sampai finish after crash

Orang-orang seperti Lorenzo, Vinales, Dovi, bahkan Zarco sekalipun, gak cukup untuk bikin MotoGP jadi menarik. No drama, nothing special.

para pembalap motoGP

Loh loh ini sinetron apa balapan pakai butuh drama segala?

MotoGP itu hiburan, bukan sekedar olahraga. Hiburan semahal MotoGP, gak akan bisa menarik penonton kalau gak ada ikatan emosinya, dan ikatan emosi yang kuat bisa diciptakan dengan DRAMA. 😀

Elmuha berdawuh… Ingat loh, ini opini pribadi elmuha saja.. Jangan dijadiin rujukan.

Siapa lagi yang belum dibahas? Ah iya, masih banyak..

Kita langsung ke kesimpulan aja dulu deh ya, udah hampir 700 kata nih..

MOTOGP ARGENTINA 8 APRIL 2018 INI, MUANTAPPPP!!!!!

Crutchlow juara
Sang Juara

Selamat untuk Crutchlow, Zarco, dan Rins.. yang sabar untuk Jack Miller, tetap semangat untuk Vinales, Rossi, Dovi, dan Marc!!! Yang lain; ramaikan terus dah grid-grid, tanpa kalian, balapan MotoGP pasti sepi!! Masa iya misal cuma 10 motor, gak rame brur… Sekian…

Oh iya, ucapan terima kasih pada Trans7 yang sudah menyiarkan MotoGP, serta Yamaha Indonesia, KYT, dan beberapa merk lain yang sudah menjadi sponsornya.

LEAVE A REPLY