Honda Verza adalah salah satu motor yang masuk daftar motor pilihan favorit versi elmuha. Jadi jelas, bahwa saya lumayan suka ama ini motor.

Motor laki (sport batangan) yang punya mesin cukup tangguh dan konsumsi bbm lumayan hemat serta pengendalian yang not bad lah untuk kelas sport bike terjangkau.

Adapun yang saya gak suka adalah jelas; headlamp-nya. Memang agak mirip CB150R 1st gen, tapi sayangnya saya juga gak suka desain CB150R 1st gen tsb. Jadi motor Honda Verza (1st gen) ini kekurangannya cuma pada desain headlamp, dan tentunya juga beberapa kekurangan lainnya yang khas motor Honda AHM.

Nah, lalu muncul selentingan bahwa Verza 2018 akan diupdate desainnya, yang jelas masuk gossip bahwa lampunya akan kembali ke model bulat-bulat kaya donat.

Saya cukup antusias. Karena memang motor laki model basic begini mestinya sih punya model lampu yang ala laki juga, dan laki suka yang bulat2, misalnya bola, jadi headlamp bulat itu bakal cocok banget dah, sepertinya.

Saya sempat menurunkan harapan pada All New Verza, saya hanya berekspektasi bahwa desain lain selain lampu motor Verza akan sama saja ama yang lama.

Kekurangan Honda CB150 Verza 2018

Dan ternyata… jreng jreng jreng, seperti kita tau, desainnya lumayan berubah banyak dari Verza 1st gen, shroud juga lebih garang, dan tentu saja, model lampu yang bulat-bulat kaya tahu jadi bikin macho. Tahu bulat tentunya, kalau tahu biasa itu model lampunya RX-King ya kan.

Apa pendapat saya untuk desain Verza All New 2018 ini?

Jujur aja sih, apa ya… hmm…. It’s Alright aja..

Desainnya cukup gagah, sekaligus lebih modern dan tampak lebih menarik aja dilihatnya. Adapun kekurangan pada desainnya, mungkin akan elmuha tujukan pada bagian samping lampu bulatnya. Kenapa mesti gede banget begitu sih…

Kekurangan Honda Verza 2018

Desain basic mungkin bakal lebih  saya sukai, tanpa ada tedeng-tedeng di samping lampunya. Kurang macho aja gitu.

Lalu soal shroud, jujur aja memang bagus kalau udah lama-lama ngeliyatnya, tapi jujur juga, desainnya agak kurang mengalir dari keseluruhan desain motor, walaupun ya oke-oke aja sih, tetep enak dilihatnya, apalagi bagian tengah juga desainnya cukup modern gitu, gak polos doang.

Overall sih, desain Honda CB150 Verza kelahiran 2018 ini terlihat laki, macho, tangguh dan sekaligus cukup modern ala retro.

Saya sih suka-suka aja…

Desain Honda CB150 Verza 2018

Kekurangan lain selain cover di samping lampu, mungkin lampu yang belum LED. Jenis bohlam biasa pada Verza mungkin akan dikeluhkan bagi pecinta motor berlampu putih2 gitu, tapi tidak bagi saya sih. Saya lebih suka lampu motor itu yang kuning aja, biar gak menyilaukan, dan lebih bagus pencahayaannya pada saat hujan, ya kan ya…

Mungkin ada yang gak ngerti kenapa kok gak dikasih radiator gitu kaya kakak2nya?

Ya menurut saya sih, pendinginan udara itu justru menandakan bahwa mesinnya punya kompresi lebih rendah, sehingga cukup dengan pendingin udara pun sudah bisa optimal. Pokoknya minimal harus ada beberapa motor yang gak pakai radiator, pilihan utama untuk pekerja, biasanya sih gitu.

Tumben juga, desain knalpotnya cukup ngeklop ama desain motor keseluruhan, no complain on this.

Honda CB150 Verza 2018 Keren

Oh iya, satu kekurangan lainnya mungkin rem belakang masih tromol ya, belum cakram, jadi bisa dipastikan sih kalau elmuha punya ini motor, bakal jarang banget pakai rem belakang, karena… ya karena udah biasa aja sih gak pakai rem belakang, haha.. Soal performa sih, tromol di roda belakang itu udah cukup, tapi yang bikin males itu, kampasnya berasa cepet banget abisnya, jauh lah ama rem jenis cakram, itu menurut pengalaman saya aja loh.

Tanpa nonton iklannya, tanpa baca tagline-nya, elmuha bisa ambil kesan bahwa Honda Verza terbaru ini, yang dirubah namanya jadi Honda CB150 Verza ini, didesain agar semakin bisa menjangkau kalangan yang lebih luas. Buat bapak2 masih cocok, buat pemuda2 juga masih cocok karena desain basic retro yang diusung, tetap dihiasi pernis yang cukup modern.

Apa elmuha berminat untuk memiliki ini motor Verza?

Honda CB150 Verza 2018 bagus gak

Yes, maybe.. Harga yang masih di kisaran 20 juta kurang dikit, membuat Honda CB150 Verza ini menjadi motor sport termurah dari sedikit pilihan, jadi, kalau saya butuh motor laki yang tangguh buat kerja, tapi tetap humbled, mungkin inilah motornya, Verza!

Namun, mungkin saya tetap akan tunggu waktu dulu, apakah kekurangan-kekurangan ala Verza yang lama sudah dibenahi di Verza All New?! Kalau soal jok agak keras sih masih bisa diterima karena bisa dimodif juga di tukang jok, tapi “yang lain” mungkin masih bisa jadi ganjalan, sampai semuanya terbukti dan teruji di lapangan 😉

Spesifikasi Lengkap Honda CB150 Verza 2018

Tipe Mesin: 4 langkah, SOHC, Satu Silinder
Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah: 57,3 x 57,8 mm
Tipe Tranmisi: 5 Tingkat Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Rasio Kompresi: 9,5:1
Daya Maksimum: 9,59 kW (13,04 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum: 12,73 Nm (1,30 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Starter: Pedal dan Elektrik
Tipe Kopling: Manual, Multiplate, Wet Clutch
Sistem Pendingin: Mesin Pendingin Udara

Tipe Rangka: Diamond Steel
Ukuran Ban Depan: 80/100 – 17 M/C 46P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Ukuran Ban Belakang: 100/90 – 17 M/C 55P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Rem Depan: Cakram Hidrolik, Piston Ganda
Rem Belakang: Tromol

Panjang X Lebar X Tinggi: 2.056 x 742 x 1.054 mm
Tinggi Tempat Duduk: 773 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.318 mm
Jarak Terendah Ke Tanah: 156 mm
Curb Weight: 129 kg (Cast Wheel), dan 128 kg (Spoke Wheel)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 12,2 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas: 1,0 Liter (Penggantian Periodik)

Sumber; Astra Honda untuk Spesifikasi Honda CB150 Verza 2018

1 COMMENT

LEAVE A REPLY