Ya, ini adalah salah satu impian elmuha yang tertunda yakni traveling dan lalu tidur di mobil yang sudah dikonversi menjadi sebuah campervan.

Apaan sih campervan?

Seperti namanya, campervan adalah sebuah van yang memiliki fungsi sebagai camp juga alias buat tidur atau berlindung (shelter). Kenapa harus van? Sebenarnya gak juga sih, bisa aja; campertruck, campersuv, atau yang lebih general, camper car.

Namun karena mobil jenis van itu biasanya lega dan desainnya agak boxy atau mengotak, maka akomodasi di dalamnya juga lebih lega, sehingga cocok untuk dijadikan camper.

Langsung saja, jika saat ini belum ada mobil yang mau dijadiin campervan, maka mobil apa dong yang sekiranya cocok bingit dijadiin mobil camping?

Ini dia yang ada di kepala saya;

  1. Hyundai H1 (bekas aja)
  2. Toyota Alphard first generation (udah murah)
  3. Toyota Hiace
  4. Toyota NAV1/ Noah
  5. Nissan Serena
  6. Nissan Evalia
  7. Honda CR-V
  8. Honda Freed
  9. Suzuki APV
  10. Daihatsu Grand Max
  11. Daihatsu Luxio
  12. Single-cab pick-up (Carry, Phanter, Grand Max PU, L300 PU, Hilux, Triton, dll)
  13. Big SUV (Land Cruiser, Fortuner, Pajero, MU-X, dll)
  14. Mobil MPV apa aja (Avanza-Xenia, Innova, Livina, Ertiga, Mobilio, BR-V, Rush-Terios, Xpander, Sienta, dll)
  15. Bahkan mobil sedan dan city car pun bisa

Kalau melihat daftar di atas, bisa kita simpulkan bahwa mobil van menempati posisi terbanyak, pure van dengan bukaan pintu geser ke samping. Karena mobil jenis ini kebanyakan memang lega di dalemnya. Akses juga lebih praktis. Lalu kenapa saya masukkan juga mobil jenis pick-up? Oh ini justru lebih bebas lagi modifikasi/konversinya. Bayangkan, bak seluas 2.4×1.6 meter, bebas untuk dijadikan sebuah rumah mini..

Lalu kenapa ada SUV pula? Dari hasil investigasi saya, haha… SUV adalah jenis yang paling jarang dikonversi menjadi campervan. Namun, mobil jenis ini (dan double-cabin truck) adalah yang paling sering dipakai untuk menjadi camper namun dengan tambahan tenda di atap mobil. Bisa permanen ditempel di atap, mengunakan hard-shell roof tent, atau bisa juga soft tent biasa jenis roof top. Jelas, karena kemampuan jelajah lebih baik, SUV akan sangat cocok jika tujuan perjalanan kita adalah daerah yang masih banyak jalan terjal.

*Maaf, karena ada sedikit masalah server hosting, sebagian gambar hilang dan saya lupa foto2nya yang mana aja….

Tapi di Indonesia, banyak mobil MPV yang sudah sangat tinggi ground-clearance-nya. Gak usah 220 mm, 200 mm pun sebenarnya sudah tergolong tinggi, dan pilihannya banyak sekali.. Termasuk yang favorit masyarakat Indonesia; Innova, Avanza, Xpander, dsb. Lalu bagaimana dengan mobil sedan? Masak sih dibikin camper? Bisa!

Tapi sayangnya kondisi jalanan di negara kita masih banyak yang kurang ideal untuk sebuah sedan. Jadi kalau sekedar camping ke jalanan2 mulus sih, sedan juga bisa, apalagi city car berjenis MPV Hatchback, itu sih bisa pake banget. Cuma ya lebih sempit aja… Gak bisa bawa barang perlengkapan camper terlalu banyak.

Sebenarnya saya pengen bahas semua pilihan mobil yang cocok untuk dikonversi menjadi campervan ini, namun menimbang baru ngomong segini aja udah hampir 500 kata, mungkin lain kali ya… Kalau ada yang request mungkin bakal lebih semangat ngebikin ulasannya 😀

Sampaikan juga ya di komentar kalau Anda punya ide mobil lain yang cocok bingit dijadiin mobil camper…. hehe.

*All photo credits are to their respective owners, I will add after I get the owner information, if it is you, please contact me so I can give the credit.. Thank you very much.

14 COMMENTS

      • bisa baru atau bekas tentunya gan. sesuai budget dan keinginan.. kecuali kalau mobil yg diincar sudah gak ada barunya, maka cuma ada pilihan bekas.

    • Ada nomor telpon, alamat email, gambar atau info tambahan mas Rachmad?
      Sayangnya di Indonesia kendaraan untuk berkemah seperti caravan, camper trailer dll kena pajak mewah sampai 125% atas harga beli dan ongkos kirim kalau diimpor ke Indonesia.

    • Ada nomor telpon, alamat email, gambar atau info tambahan mas Rachmad?
      Sayangnya di Indonesia kendaraan untuk berkemah seperti caravan, camper trailer dll kena pajak mewah sampai 125% atas harga beli dan ongkos kirim kalau diimpor ke Indonesia.

    • Wah Jimny 4×4 mah bakal sanggup ngecamp di manapun nih, bebas. 😀

      group fb sebenernya bisa aja saya bantu manage, tapi saya sendiri belum aktif ngemobcamp, jadi kurang etis kayaknya, hehe.

LEAVE A REPLY