Sesuai hukum harga pasar, mana yang paling laris biasanya akan lebih mahal, padahal value-nya belum tentu.

Nah, Suzuki saat ini punya beberapa motor andalan, yang paling laris tentu ada GSX-R150 dan Satria F150, diikuti GSX-S150 dan beberapa motor lainnya.

Satu yang saat ini menarik sekali bagi elmuha adalah Suzuki Address. Matic kelas agak menengah dari Suzuki, karena kelas bawah ada Nex yang ditujukan melawan BeAT dan Mio Z. Sedangkan Address ini lebih tepat dirivalkan ke Spacy atau Vario 110. Yamaha punya Mio S yang punya banyak keunggulan fitur, namun kalah di kapasitas baik bagasi ataupun tangki BBM.

Kembali ke paragraf pertama, Suzuki Address ini tentunya tidak sepopuler rivalnya, padahal value-nya menurut saya bagus banget.

Mari kita intip sedikit fitur-fitur Suzuki Address ini.

Kelebihan Suzuki Address

Kelebihan Kekurangan Suzuki Address

1. Tangki bensin 5.2 Liter..

Wow, ini super sekali.. dengan desain motor yang compact tapi ternyata kapasitas bahan bakar Address ini tergolong besar. Lalu keiritan BBM Address juga tergolong baik, klaimnya mencapai sekitar 50 kpl. Ini berkat teknologi mesin yang warbyasah. Sehingga dengan kapasitas tank tsb, Address bisa menjangkau hingga jarak 260 Km dalam sekali pengisian full tank. Tentu kondisi sebenarnya bisa beda-beda antar pengguna.

Kelebihan Suzuki Address

Pesaing Address paling kuat adalah Honda Spacy yang punya kapasitas tangki BBM sedikit lebih besar (5.5l), dan bagasi hampir setara (18 liter) serta bisa muat helm juga.

2. Bagasi luas..

Fitur unggulan Suzuki Address

Sekali lagi, kelebihan yang unggul mutlak, Address ini sanggup menelan helm fullface di bagasi bawah jok, itupun masih tersisa untuk menyimpan glove atau jaket hujan misalnya.. Dahsyat. Klaimnya, kapasitas bagasi Address mencapai 20.6 liter, wow banget.

3. Laci di depan dua buah juga praktis.

Bisa menyimpan botol minuman, dan kacamata atau glove di sisi satunya. Tapi fitur ini ada juga di rival2nya.

Keunggulan Suzuki Address

Itu 3 kelebihan menarik di Suzuki Address. Lainnya ya tergolong standar sebuah motor matic; ada rem cakram di depan, ada rodanya 2 buah bundar2, ada lampunya jadi gak perlu pakai senter, dsb..

Address juga pakai dek rata, dan bisa membawa dua galon kanan kiri… Ya bawa lebih dari itu juga bisa, dengan diikat di jok belakang, atau bawa keranjang,,,

Suzuki juga menawarkan beberapa aksesoris tambahan yang banderol harganya menurut elmuha terbilang wajar terjangkau.

Aksesoris Suzuki Address

Satu aksesoris yang sangat fungsional adalah Rear Carrier, sebagai penganti handle pembonceng standar.. Dengan Rear Carrier ini, memasang box belakang bisa lebih praktis dan tidak terlalu menambah dimensi ke belakang.. Motor lain pun ada yang pakai model seperti ini, misalnya NMax atau PCX..

Suzuki Address dengan box

Harga Rear Carrier Address ini cuma Rp 145.500.. Ya, saya bilang cuma, karena kalau beli braket custom juga gak bisa dapat harga segitu..

Harga Suzuki Address

Seperti di awal dikatakan, harga motor matic yang menarik ini terbilang cukup terjangkau. Saat ini, harga barunya berbanderol Rp 15.050.000. Rp 340.000 lebih mahal untuk versi Predator. Address Playful berharga 15.4 juta (selain warna, elmuha belum tau apa saja detail perbedaannya).

Kekurangan Suzuki Address

Gimana? Mahal atau murah?

Soal kekurangan, mungkin sebagian orang akan kurang suka pada desainnya.. Tapi lucunya, justru saat ini elmuha malah suka desain Suzuki Address yang begiu simpelnya, Eropa banget gitu dah.. Terutama warna silver terang, tanpa striping2an..

Mio S sebagai rival terdekat punya desain yang lebih modern dan cantik namun bagi elmuha terlalu manis. Sedangkan Spacy, well… di luar ada model terbaru (Vision) yang sedikit lebih keren tapi belum masuk Indonesia nampaknya.

Kekurangan Address lainnya; Starter masih dinamo biasa yang berisik gitu, tenaga bawah kurang nendang tapi begitu masuk rpm ke tengah ngacir brur, udah si itu aja kayaknya.

Spesifikasi Suzuki Address

DIMENSI: Panjang: 1.845 mm | Lebar: 665 mm | Jarak Sumbu: 1.260 mm | Jarak Pijak: 120 mm | Tinggi Jok: 755 mm | Berat Kosong: 95 kg

MESIN: Jenis: 4-stroke, 1 cylinder, air-cooled, SOHC, Fuel Injection, Electronic ignition (Transistorized) | Isi Silinder: 113 | Ratio Kompresi: 9.4:1 | Sistem Starter: Electric & Primary Kick | Transmisi: CVT | Kapasitas Tangki: 5.2 Liter

RANGKA: Suspensi Depan: Telescopic, coil spring, oil damped | Suspensi Belakang: Swingarm type, coil spring, oil damped | Rem Depan: Disc brake | Rem Belakang: Drum brake. | Roda Depan: 80/90-14 M/C 40P | Roda Belakang: 90/90-14 M/C 46P | Velg: Racing.

Kenapa saya bisa suka ini Suzuki Address?

Mungkin karena gak pasaran.. Saya bosen liat Vario, Mio, apalagi BeAT.. Dan lagi, kualitas motor Suzuki itu top bgt lah.. Cuma kadang atau seringnya, desain agak diabaikan.. Cocok bagi yang mentingin fungsi dibanding gaya.. Kapan lagi dapet bagasi 20 liter di motor matic harga 15 jutaan saja.. ya kan. Apalagi tangki juga gede.. Lumayan lah.. Semoga menginspirasi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY