Lupakan Honda CB500X, apalagi BMW GS series, kalau budget udah lebih dari 100 juta sih kayaknya gak perlu bingung pilih motor touring terbaik. Tinggal pilih aja yang paling disuka, pasti bagus, orang harganya juga bagus jeh.

Kali ini saya akan fokus ke pilihan motor touring terbaik dengan budget maksimal 70 juta rupiah saja. Dan “saja” di sini bukan ke “70 juta”nya karena 70 juta itu bukan “saja” bagi saya.

Alright, tak perlu berlama-lama, inilah motor touring terbaik ala elmuha versi 2018.

Motor Touring Terbaik Kelas 150cc

Kenapa ada yang di-highlight dan ada yang engga, baca di paragraf penutup.

1. Vixion | CB150R | GSX-S150 | Verza

Credit; apipotoblog.com

Motor sport non-fairing menurut saya adalah yang paling asyik buat touring. Kapasitas tanki BBM besar, mesin irit, dan performa cukup ngebut. Pilihan terbaik saya adalah Suzuki GSX-S150. Alternatifnya adalah Honda Verza walaupun versi standar pabrik belum memenuhi syarat, jadi harus dimodif sedikit, terutama headlamp yang gak banget, ganti model bulat harus itu.

2. DTracker-150 | CRF150L

Motor Touring Terbaik 2018 Honda CRF150L elmuha

Jenis motor trail-supermoto saat ini belum perlu saya pilih menjadi motor touring terbaik karena jalanan di Indonesia udah bagus dan cukup mulus. Sedangkan motor trail begini “nafasnya” pendek2 jadi kurang asyik buat jalanan biasa.

Terkecuali, kalau Anda mau touring yang akan nrabas2 di jalanan yang dipastikan banyak tidak mulusnya.. Untuk saat ini, mungkin CRF150L bisa dijadikan pilihan karena lebih baru dari KLX, lebih segar…

3. Kawasaki W175

Motor Touring Terbaik 2018 Kawasaki W175 elmuha

Motor bergaya classic atau retro tidak banyak pilihannya, kecuali kalau Anda mau beli bekas maka ada beberapa pilihan lain, Honda CB jadul misalnya.

Saya belum bisa pilih motor ini karena tenaganya kurang buat saya pribadi, jadi motor ini akan lebih cocok bagi yang akan touring santai, yang udah mature gitu, kalau saya masih agak pecicilan seringnya.

4. CBR150R | R15 | GSX-R150

Credit; IndoRide.com

Yang paling nyaman adalah CBR150R, tapi saya belum bisa ambil sebagai pilihan motor touring tervaforit saya karena.. well, saya gak suka. Mungkin alternatifnya adalah GSX-R150 tapi dimodif stangnya jadi lebih tinggi.. Kepraktisan motor beginian itu kurang, tapi pas lewat jalan kosong sih asyik buanget.

5. NMax-155 | Aerox 155 | PCX-150 | Vario 150

Motor-Touring-Terbaik-2018-NMAX-vs-PCX-elmuha

Nah, ini adalah pilihan terbaik di kelas 150cc kalau gak pengen tangan kiri dan kaki kiri cape narik kopling dan nyungkil tuas gear. Mesinnya bertenaga dan irit, tangki lebih besar dibanding matic lainnya serta posisi tank di depan membuat pengisian akan jauh lebih praktis, bagasi juga besar jadi bisa bawa barang banyak selain di top box, tail bag, atau bahkan tank bag.

Baik NMax atau PCX adalah sama-sama pilihan terbaik.. Keduanya mirip namun punya karakter unik masing-masing. Soal keasyikan riding, jelas saya pilih NMax.. Tapi PCX unggul di fitur yang lebih kaya, serta suspensi depan yang sedikit lebih empuk, cocok bagi yang prefer kenyamanan dibanding fun ride walaupun suspensi belakang sih gak bisa dibilang empuk ya kalau riding sendirian tanpa boncenger.

6. Supra GTR150 | MX King

Motor-Touring-Terbaik-2018-MX-King-vs-Supra-GTR150--elmuha

Saya sudah susah untuk suka ama motor bebek, karena kalau nyaman saya lebih pilih motor sport non-fairing atau matic besar.. Kepraktisan juga kalah ama matic.. Tapi kalau Anda berencana melewati jalanan yang tak jelas dan banyak yang rusak, menurut saya motor bebek itu lebih asyik dibanding matic.

Bahkan kadang lebih asyik dari motor batangan, lebih mulus aja gitu gak tau kenapa dah, mungkin karena mewarisi kemampuan bebek-bebek yang suka bermain lumpur. Bebek tetangga saya sih gitu, kalau ibu saya meliharanya ayam ama angsa.. belum pernah melihara bebek..

Ini apa sih jadi ngomongin hewan unggas.. ck,

Motor Touring Terbaik Kelas 250cc

7. MT-25 | Z250 | Inazuma 250

Motor-Touring-Terbaik-MT25-elmuha
Credit; please contact me if you are the owner, thanks

Mau tenaga lebih namun tetap nyaman, maka Yamaha MT-25 akan menjadi favorit saya. Masih sedarah dengan R25, motor ini soal tenaga sih lebih dari cukup. Desain cukup keren dan suspensi juga nyaman. Dengan tangki BBM 14 liter, jarak tempuh dalam sekali pengisian full-tank mirip-mirip ama PCX/NMax ya.. Tapi performa akselerasinya juauh..

8. Ninja 250 | R25 | CBR250R

Motor touring terbaik
Credit; ninjaman30102

Mewarisi gen Ninja yang Sport-Touring, motor fairing idaman kawula remaja dan pemuda ini cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Berkat fairing, membelah angin di jalanan kosong pun lebih asyik. Cuma mungkin agak sayang aja bawa-bawa motor fairing dua cyl untuk touring..

Alternatif elmuha saat ini adalah Honda CBR250R, yes, huruf R-nya satu.. Alias CBR250 yang 1 cylinder, generasi tahun 2011-2015. Ini motor masih cukup nyaman, tapi cuma bisa beli kondisi bekas aja.. Harga bekas setara ama motor sport 150cc, berfairing atau tanpa..

Yang sama aja nyamannya tentu ada Yamaha R25, ya 11-12 ama Ninja, mirip ergonominya. Cuma karena saya sudah memilih MT-25, maka gak enak dong kalau punya R25-nya juga… Cukup satu aja untuk mesin yang sama…

9. Estrella

Motor Touring Terbaik - Estrella
Credit, Om Lexyleksono.com

Elmuha belum cukup umur untuk ini motor.. Selain karena harganya muihil, juga karena performanya kurang cocok untuk gaya riding saya yang masih sering agak pecicilan..

Ini motor sekali lagi, seperti adiknya, W175, cocok untuk riding santai, cocok bagi pe-touring yang sudah mature, baik secara umur ataupun mental…

Kalau saya, meski nanti udah mampu secara mental dan UANG, sepertinya tetap gak tega bawa motor ganteng begini buat diujan-ujanin dan didebu2in… Bahkan lebih tega bawa sport fairing-nya. haha.

10. CRF250 Rally | D-Tracker 250

Motor-touring-terbaik-CRF250

Sama seperti versi 150cc, motor jenis trail-supermoto begini asyik buat touring kalau jalanan yang akan kita lalui akan beragam.. Tapi gak juga sih, sebenernya ya asyik-asyik aja buat jalanan apa aja asal ban-nya sesuai.. Tapi seat-nya gak cocok ama saya 😀 selain terlalu sempit, juga terlalu tinggi, cape jinjitnya.

11. Versys-X 250 Tourer

Motor-touring-terbaik-Indonesia
Credit: siboy vn

Nah, ini sih the real motor touring kelas 250cc nih. Tenaga mantap, pengendalian mantap, lalu komponen motor juga memang sudah didesain sebagai motor touring yang tahan banting… Sayang desainnya kurang saya suka.. Kalau Suzuki udah masukin itu V-Strom 250, jelas elmuha akan condong ke Suzuki punya, ganteng banget, sesuai ama wajah saya yang tamfan ini…

12. X-Max

Motor-touring-terbaik-XMAX
Credit; duniascooter.com

Konsumen kelas 250cc udah pada pindah ke ini motor.. Tapi saya masih kurang suka, selain karena seat height-nya tinggi, juga dimensi motor yang terlalu lebar bagi saya yang mungil ini.. Tapi kalau badan Anda tinggi, dan PUNYA DUIT, jelas ini motor touring yang OKE pake banget. Bagasinya juga lega.. Akselerasi juga mantap berkat mesin kapasitas besar.. Handling? It’s Yamaha bray.. Pasti ajib. 😀

Oke, itu dia 7+++ motor touring terbaik tahun 2018 versi saya.. Yang di-Hightlight begini, adalah motor-motor yang saya mau beli kalau punya duitnya.. Sedangkan yang tidak di-highlight, adalah pilihan motor touring terbaik secara umum yang saya belum mau beli tapi suatu saat mungkin akan tergoda untuk membelinya, kalau punya duit, aamiin. Semoga menginspirasi masbro semua… Salam..

LEAVE A REPLY