Beberapa bulan lalu, netizen ramai gara-gara bang Deddy upload video dirinya sedang berada di kantor pajak Jakarta. Bang Deddy juga (kok gue manggilnya bang ya?!) memamerkan total bayar pajaknya yang mungkin fantastis bagi sebagian besar warga Indonesia Raya Tercinta Banget.

2.5 Milyar! Itu jumlah yang bang Deddy bayarkan untuk pajak satu tahun. Anggaplah itu merupakan 10% pajak yang harus dibayarkan, mungkin penghasilan pertahun bang Corbuzier, mencapai kira-kira 25 M. Yaudah dibikin gampang aja begitu.

Nah, baru-baru ini, bang Deddy (oh iya, bang Deddy ini panggilan untuk Deddy Mizwar kayaknya, bang Deddy, gitu bukan sih?!) upload video di Youtube, sebuah video tips cara agar bisa kaya macam orang Chinese, atau orang Indonesia bilang, orang Cina. Jangan tersinggung ya warga Tiongkok 🙂 Orang Malaysia juga kan bilangnya Orang Cina… Hanya sekedar panggilan…

Dengan penghasilan Deddy Corbuzier yang konon fantastis untuk seorang artis + pengusaha (beliau punya toko di mall katanya, dapet royalti buku OCD juga), mungkin bisa lah ya, tipsnya kita percaya, udah terbukti jeh! So, inilah tips kaya raya seperti orang China, ala om Deddy Corbuzier!

Tips ini diajarkan oleh orang tua om Deddy. (malah jadi om manggilnya)

Tips Kaya ala Orang China

Saving 50%: Wajib saving atau menabung dengan jumlah minimal 50% dari penghasilan per bulan. Lalu, harus bertahan hidup dengan uang sisanya. Gimanapun caranya. Mungkin kalau kaya kita gini, makan mie instan doang berbulan-bulan kali. wkwk.

Kalau punya tabungan, misal terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, maka bisa tenang, ada tabungan bray.

Small profit is okay, work hard. Tak mengenal waktu. 

Orang Chinese punya satu mindset yang populer banget; yakni, untung sedikit gak apa-apa, yang penting laris. Jadi keturunan orang Tiongkok itu diajarkan harus pinter dagang dan kerja keras, tak mengenal waktu. Gak ada itu kerja 8 jam per hari, well, di sini, alhamdulillah elmuha juga begitu. Mudah2an nyusul ya… Saya bikin jadwal kerja itu 15 jam sehari.

Buying cheap things. Buying only if needed. Selalu beli barang yang murah! Biar bisa menghemat, dan hanya membeli barang yang memang dibutuhkan. Andai mahal, boleh dibeli asalkan memang butuh. Tapi tak boleh membeli barang yang hanya dinginkan, tak terlalu dibutuhkan.

Never Ngutang. Gak boleh berhutang untuk hal-hal sepele. Namun untuk kebutuhan dasar yang mendesak, misalnya untuk makan, bayar uang sekolah, itu sih boleh. Yang gak boleh itu, hutang untuk pengeluaran yang gak penting. Karena itu, orang Chinese membeli barang murah, yang berada dalam jangkauan keuangan. No ngutang! Hutang “diharamkan.” *Kayaknya untuk beli barang penting juga gak boleh hutang, jadi beli barang yang murah yang bisa dijangkau.

Investasi. House first. Keturunan Chinese diajarkan untuk mengutamakan investasi demi masa depan. Nabung untuk masa depan, invest for the future. Dan rumah adalah satu hal pertama yang harus dicapai. Bukan mobil, bukan barang-barang mewah yang tak terlalu dibutuhkan, namun, Rumah is a must.

Kalau udah kaya raya, baru lah, boleh beli macam-macam terserah!

Elmuha pernah baca satu tips lain ala orang Chinese yakni beli ruko dulu. Pokoknya, harus beli ruko dulu. Kalau udah punya ruko, mau jualan apa aja bisa, tinggal di ruko bisa, dan tentu saja, ruko tsb juga menjadi investasi.

Jadi, itu ya, 5 tips biar kaya ala orang Chinese. Dan dari kelimanya, menurut saya semuanya baik. Kalau ada (yang ngaku Muslim) lalu ngata2in yang enggak2 (macam di komentar Youtube), please, banyak belajar dulu, baca buku, pelajarin juga sejarah Muslim dulu gimana. Oke braaaay?!

Soal menghutang, mungkin menurut Anda biasa, tapi tahukah Anda bahwa Rasulullah menyampaikan satu hadist tentang hutang, yang isinya “melarang” kita berhutang karena dampak berhutang itu sangat tidak baik bagi kita dan hubungan sosial kita dengan yang dihutangin. Tapi kalau ada yang menghutang ke kita, tentu kita mesti bantu sebisanya kalau memang ada. Tapi kita jangan ngutang 😀 Semoga berguna!

Terms: kaya raya, komentar deddy corbuzier orang tiong hua kaya

LEAVE A REPLY