Kita pernah ngobrol tentang apakah uang bisa bikin bahagia di sini, di situ saya bilang bahwa; Yes, bisa, tapi cuma faktor kecil untuk bahagia, itu pun kalau kita tau apa yang harus kita lakukan pada uang tsb.

Nah, ada faktor lain yang bisa bikin kita bahagia, kalau lebih sering kita lakukan, maka otomatis kita akan merasa bahagia lebih sering juga. Apa itu, ya, aktivitas fisik. Macam-macam bentuknya, intinya adalah GERAKIN BADAN!

Bisa jalan jauh, bisa naik sepeda, bisa rekreasi, bisa olahraga, bisa mendaki gunung, panjat tebing, main offroad, aerobic, dan macam-macam lain. Yang sudah bersuami-istri lebih gampang lagi, tinggal aktivitas “itu”nya dibanyakin, tapi jangan tiap hari juga kelees, gw iri ntarnya. Ya mungkin seminggu dua kali, mungkin loh ya, belum punya pengalaman kalo yang ini.

Bicara yang saya punya pengalaman aja ya, olahraga dan jalan-jalan!

Saya masih ingat, setiap saya jalan-jalan, dan literally jalan jauh di tempat menarik, itu walaupun pegel banget, tapi tetep aja, perasaan saya bahagia, dan pengalaman itu bertahan bertahun-tahun, bahkan saat ini pun masih ingat perasaan saat melakukannya.

Lalu yang sedang saya rutinkan adalah JOGGING. Olahraga paling murah dan memasyarakat ini bisa banget bikin bahagia loh. Kata science, ada hormon2 yang keluar saat kita berkeringat melakukan aktivitas fisik, jadi hormon itu yang memicu kita bisa bikin bahagia.

Tapi gak usah lah ya ribet2 belajar biologi lagi, yang gampang aja, belajar dari pengalaman orang. Kenapa kalau mereka udah rutin olahraga, maka akan terus ketagihan, ya kalau kata saya, karena memang asik sekali.

Alternatif kalau Anda gak suka jogging, maka bisa berenang, ini aktivitas yang cukup murah juga walau gak murah2 amat.

Kalau gak bisa akses gratis ke swimming pool dan pengen renang sesering mungkin, maka bisa membership saja. Biasanya tempat gym2 gede yang ada kolam renangnya, itu udah satu paket loh. Biaya sekitar 300 ribuan hingga lebih mahal pastinya banyak.

Di hotel2 yang ada fasilitas gym dan kolam renang juga, banyak yang sudah membuka keanggotaan bulanan untuk menikmati itu tanpa harus menginap di hotel tsb.

Jogging bikin bahagia

Tapi yang gratis banget tentu saja jogging. Tak perlulah harus tinggal di daerah sejuk macam Sentul Bogor gitu, cukup di jalanan saja. Kalau kita berangkat pagi, polusinya masih sedikit, apalagi kalau malamnya turun hujan, itu malah saya suka karena saya rasakan lebih bersih udaranya, walaupun harus rela sepatu larinya lebih kotor.

Hari minggu pastinya yang paling ramai ya orang-orang jogging. Saya pun kalau lagi malas, cuma hari sabtu atau minggu saja keluar lari.

Nah, biar bisa rutin, maka harus membiasakan diri untuk selalu keluar tiap minggu pagi misalnya. Sekalinya libur karena malas, maka bisa merembet ke minggu2 berikutnya. Dan untuk memulai lagi itu agak berat ya, bawaannya malees banget, apalagi macam saya, solo fighter alias saya selalu jalan sendiri, no friends. Halah ini di kost saya saja gak pernah saya lihat ada yang keluar jogging, temen saya yang lain udah sering saya sentil2 pun gak pengen ikutan. Ya udah ya kan… Ni friends, no problem, hahaha. Oke gitu aja.. moga menginspirasi.

LEAVE A REPLY