Paket TAU Telkomsel adalah paket promo yang bisa dibeli oleh pengguna kartu-kartu tertentu. Dari 4 kartu Telkomsel yang saya punya, hanya dua saja yang memiliki paket TAU Telkomsel ini, yakni kartu AS dan kartu Loop. Dua kartu lainnya yang merupakan kartu simPATI, saat ini tidak bisa membeli paket ini, di saya, btw.

Apa yang membedakan paket TAU Telkomsel dibanding paket-paket lainnya?

Adalah ketentuan bahwa paket TAU Telkomsel ini hanya bisa dibeli satu kali per bulan, dan per IMEI-nya dibatasi hanya sampai 10 kali pembelian. Ini tentu berlaku untuk TAU bulanan, untuk yang mingguan, cari sendiri aja ya infonya :p

Oke, jadi elmuha mencoba untuk nyicipin paket TAU Telkomsel, dan saya beli yang paket TAU Medium 30 GB harga cuma 70 ribu, menggunakan kartu Loop, “CUMA?”

Ya, menurut saya; CUMA.. Karena, paket medium 30 GB ini terbilang murah. Mari kita pretelin paketnya. Dengan harga 70 ribu tsb, kita mendapatkan paket-paket berikut;

  1. Kuota Internet reguler (Prime) : 2 GB
  2. Kuota Internet 4G : 5 GB

Sampai di sini saja, maka harga paket ini per GB-nya adalah Rp 10.000, yang artinya sudah tergolong lebih murah dari standar elmuha untuk paket Telkomsel saat ini yang berada di batas Rp 12.000 per GB. Ini standar saya pribadi, apakah sebuah paket Telkomsel layak dibeli atau tidak. Lalu………. Ditambah;

  1. Kuota Entertainment (Hooq, Viu, dsb) : 10 GB
  2. Kuota Midnight (00-07) : 13 GB
  3. Langganan Hooq dan Viu Gratis 30 Hari

Kelebihan paket TAU telkomsel

YES!!!! Paket internet TAU Telkomsel harga 70 ribu ini mendapatkan kuota internet 2 + 5 + 13 = 20 GB

Lalu bagaimana kualitas internetnya?

Jangan-jangan, koneksinya parah gara-gara murah?

Gini, yang saya tangkap waktu paket TAU pertama meluncur adalah bahwa Telkomsel seakan ingin memperkenalkan bagaimana sih kualitas internet Telkomsel kepada pengguna baru kartu Telkomsel, jadi, elmuha pikir waktu itu, gak mungkin lah Telkomsel ngasih sample product yang abal-abal.

Dan ternyata benar, waktu itu… 1-2 tahun lalu kira-kira, kualitas paket TAU ini terbilang bagus. Namun…

Sekarang ternyata ada sedikit kekurangan dari paket TAU Telkomsel ini.

Koneksi di jam sibuk, ternyata lumayan sering IDLE jika jaringan yang digunakan adalah 4G, kalau dipindah ke 3G, kualitasnya sangat normal. Artinya, ada kemungkinan prioritas koneksi kuota 4G lebih rendah. Namun ini hanya kadang-kadang saja terjadi, dan tergantung device juga. Kadang di laptop ngadat, ternyata di smartphone masih mau “narik” walaupun relatif slow.

Dari sini, saya sudah pesimis bahwa kualitas koneksi kuota Midnight akan lebih parah!!!

Ternyata tidak. Justru di waktu Midnight, di atas jam 12 malam, gangguan IDLE koneksi ini hilang. Jadi, kuota 13 GB bisa sangat menarik bagi pengguna internet yang sering begadang.

UJI Kecepatan/ Speed Test TAU Telkomsel?

Bukan rahasia jika koneksi 4G Telkomsel di jam sibuk saat ini tidak secepat dulu, setidaknya itu yang saya rasakan.

Paket TAU Telkomsel ini pun mentok rata-rata cuma 2.5 Mbps untuk download di jam sibuk, bahkan kadang di bawah 1 Mbps meskipun pada kondisi nyata penggunaan, kecepatan standar berada di kisaran 2-3 Mbps, tidak pernah benar-benar lelet, asalkan jangan idle.

Namun untuk upload, kecepatan 4G Telkomsel ini SUPER SEKALI, aduh jadi kangen Om Mario teguh..

Sudah jadi standar 4G Telkomsel untuk dapat kisaran 20 Mbps Upload. Jadi YouTuber bakal suka banget ama Telkomsel, beda jauh lah ama sebelah..

Kekurangan paket TAU Telkomsel

Siang ini, jam 11.00 saat artikel ini ditulis, saya coba uji lagi menggunakan Speedtest, dan hasilnya agak berbeda, SPEED download mendapatkan kisaran 4.5 Mbps dan Speed Upload sekitar 12 Mbps. Ya, jam segini belum tergolong jam sibuk, cuma agak sibuk aja.

KESIMPULAN untuk kualitas koneksi internet paket TAU Telkomsel, adalah, L.U.M.A.Y.A.N.

Jadi, dengan harga yang cuma 70 ribu, dapet 2+7 GB Internet (3G/4G) + 13 GB Midnight, WORTH IT!!!

Ini bahkan belum ngitung bonus kuota Entertainment untuk membuang waktu kita dengan sia-sia… 10 GB bisa nonton minimal 10 film, bahkan bisa nonton 30 Episode sinetron, di Hooq atau Viu. Semoga bermanfaat 😉

Terms: paket tau telkomsel, paket tau, apa itu paket tau, apa itu paket tau telkomsel, paket tau telkomsel adalah, telkomsel tau, paket tau telkomsel 2017, Paket tau medium, paket TAU adalah, paket tau simpati

LEAVE A REPLY