Masih nyambung dari artikel ini; “Mengalahkan rasa takut,” hari ini saya ingin bahas sedikit ide lanjutan, bagaimana sih cara menghadapi hal-hal yang menakutkan dalam hidup kita, yang ternyata harus kita lakukan agar bisa menjadi lebih baik sesuai yang kita harapkan?

Resapi ini;

APAPUN YANG KAU TAKUTKAN DI DUNIA INI, AKAN MENJADI BIASA SAJA JIKA ENGKAU MAU MELAKUKANNYA LEBIH SERING.

Ada pepatah bijak mengatakan; Time heals everything. Makanya banyak kan orang bilang; give it time. Udah sabar tunggu aja, ntar juga baikan.. Kira-kira begitu.

Ya, masalah apapun yang kita hadapi, biasanya akan hilang seiring waktu berjalan. Kita hanya perlu bersabar.

Masalah pertunangan yang gagal lalu galau, percaya atau tidak, pasti akan hilang perlahan. Ini contoh…

Begitu juga hal yang membuat kita takut, yang kita perlu lakukan adalah, membiasakan melakukan hal itu.

menghilangkan rasa takut

Kalau tidak berani melakukan di awal, paksalah diri sendiri, atau kalau gak mampu, minta orang lain paksa.

Dulu, saya takut sekali nyebur ke kolam renang. Lalu saat sedang tiduran di tepian kolam, saya digulingkan oleh teman usil saya, apa yang terjadi?

Ternyata not so bad tuh. Gue gak mati 😀 Saya berjuang biar gak tenggelam, lalu menuju tepian kolam. Saya tidak merasa trauma, justru merasakan bagaimana rasanya kesusahan di dalam air. Selanjutnya, saya mulai sedikit demi sedikit memberanikan diri nyebur lebih dalam lebih lama. Meskipun jujur saja, saya belum ahli renang sampai sekarang.

Ada teman saya yang takut banget ama cicak, lah saya yang cowok juga geli-geli gimana gitu kalau nempel ke cicak. Kalau lihat doang mah ya ga takut. Tapi temen cewek saya ini, takut luar biasa. Sampai jujur saja, ngeselin kadang-kadang.

Gimana gak ngeselin, cicak ada di atap ruangan, kok ribut. Gitu kira-kira…

Saya jadi ngebayangin, gimana kalau dia dipaksa buat deket cicak, gak perlu nempel, tapi deket aja, gak bisa ke mana-mana. Saya kok yakin lama-lama dia bisa jadi biasa ama cicak.

Nah, hal ini berlaku untuk buanyak hal di kehidupan kita, di dunia ini.

Misalnya, kita sebagai sales, takut untuk promo produk yang mesti kita promosikan. Ya maklum, baru pertama kali. Maka yang perlu dilakukan adalah, memaksa kita untuk melakukan, dan percaya bahwa jika kita lebih sering melakukan ini, kita akan semakin terbiasa, dan kita tidak akan lagi mengalami rasa takut dan khawatir.

Beberapa tahun lalu, saya rutin sekali membuat artikel tentang produk. Lalu saya mulai jarang, lebih jarang, dan semakin jarang. Akhirnya, saya kembali takut untuk menulis topik tsb.

Sedangkan topik lainnya, motivasi dan inspirasi hidup, justru semakin sering saya tulis. Efeknya apa, kini saya sangat terbiasa, tidak ada beban serius saat harus menulis artikel bertopik-kan ini.

Jadi ingat ini kawan; Jika kita tau, bahwa apa yang kita takutkan itu bisa membuat hidup kita lebih baik, maka paksa saja diri kita untuk melakukannya, abaikan segala perasaan dalam diri, lakukan lebih sering, hingga kita menjadi sangat terbiasa, takut pun hilang. Bahkan terhadap respon-respon negatif, misalnya penolakan, pun akan terbiasa, biasa ditolak, ya jadi biasa aja… 😀

LEAVE A REPLY