Ada dua rival utama Yamaha NMax walaupun secara segment berbeda; Suzuki Burgman 200 dan Honda PCX.

Ketiganya masuk dalam kategori Maxi Skuter, motor matic besar. Kelebihannya tentu saja jok yang lebar, bagasi super lega, kapasitas tangki BBM lebih banyak, dan tentu saja tampilan yang lebih mewah, ya orang harganya juga lebih mahal dari motor matic biasa yak an.

Nah, Yamaha NMax tentu saja sangat mudah menjadi motor matic besar terlaris di Indonesia. Kenapa, karena NMax banyak memiliki fitur-fitur unggulan Honda PCX dengan harga yang jauh lebih murah, hampir hanya setengah dari PCX.

Secara kualitas tentu beda, secara peruntukan juga beda, karakter suspensinya beda banget, namun satu yang sama, mereka berdua sama-sama big matic mesin kecil yang dijual oleh dua perusahaan motor terbesar Tanah Air. Jadi mau gimana juga, NMax ya versusnya PCX. Gosipnya, AHM bakal bikin PCX versi local biar harganya drop menjadi lebih murah, masih rumor.

Saat ini, pilihan big matic yang masuk akal jika Anda bukan orang yang kaya pake banget namun pengen tampil beda, dan itu tadi, bisa dapet kelebihan big matic yang menurut elmuha istimewa, adalah Yamaha NMax.

Gak aneh ini motor termasuk daftar motor terlaris di Indonesia.

Lalu apa aja sih alasan membeli NMax?

Alasan membeli yamaha nmax

Pertama, desainnya tampil beda. Lebih besar jadi lebih gagah juga. Desainnya modern agak-agak unik, butuh waktu agak lama untuk suka bahasa desain NMax, apalagi stop lamp-nya. Tapi di jalan, ini motor emang beda sih, lebih keren aja gitu. Vario mah kebanting cuy.

Tinggi tempat duduk NMax ini gak tinggi sob, cuma 765 mm, namun jok lebar bikin yang tinggi badan 165 cm ya ngepas juga, beda ama bawa BeAT yang ramping.

Kepraktisan numero uno.

Ini alasan kedua. Bagasi NMax itu bro, lega buanget. Muat helm fullface meskipun harus dalam posisi kebalik. Jika gak diisi helm ataupun jaket hujan yang tebel itu, ini bagasi setara ama bawa backpack besar banget, buat berbagai macam barang bawaan. Ah, asik banget dah.

yamaha nmax review

Lalu, di bagian depan, desain lehernya itu pas banget buat naro tas backpack dan gak ngegeser2 dia walaupun kita riding miring2 di jalan-jalan pegunungan gitu, tapi bobot tas elmuha memang biasanya berat. Tapi ini kurang direkomendasikan sih. Kalau kepepet aja, misalnya bawa backpack, lalu males nali di belakang atau ada boncenger, dan kita males buat ngegendong tas tsb di punggung ataupun dada.

Ketiga, kapasitas tangki BBM lumayan besar, 6.6 literan ya kayaknya, saya lupa. Tapi yang elmuha rasakan, ini motor jadi lebih jarang buat mampir ke pom bensin. Salah satu alasan kenapa elmuha males banget pake matic adalah tangki BBM-nya kecil, jadi kalau udah biasa pake motor sport yang punya kapasitas 12 liter misalnya, bakal berasa rempong kalau harus sering-sering ke pom bensin.

Keempat, ergonomic ridingnya oke. Bisa santai dengan kaki selonjor ke depan. Biasa posisi duduk biasa. Kedua posisi tsb tetap memberikan handling yang superb. Tetap bisa nikung ekstrim walau kaki selonjor.

kekurangan kelebihan yamaha nmax

Lima, mesin dengan VVA-nya memang berasa. Agak geter di awal khas motor matic, namun saat rpm sudah mulai naik, beuh, asik banget performanya. Bahkan ketika VVA aktif, hentakan tenaganya menurut elmuha sih berasa, macam turbo gitu, aseeek.

Nah, itu 5 alasan utama untuk membeli Yamaha NMax. Ini motor dicintai jutaan manusia, jelas karena produknya emang oke banget. Tapi bukan tanpa kelemahan.

Suspensi NMax ini keras bro. Enak kalau di kota yang jalannya mulus semua. Kalau di desa, beuh, menurut saya kurang enak ini motor. Terlalu jedag-jedug suspensinya kalau kena gundukan aspal atau lobang. Itu bukan Cuma buat suspensi belakang, depannya juga relatif keras. Kalau belakang gampang diganti, depan agak susah ya, mahal maksudnya.

Kelebihan yamaha nmax

Enaknya dari suspensi keras, tentu saja kestabilan saat dibawa kenceng. Anteng banget buat miring-miring, aseeeekk pake banget.

Elmuha belum pernah nyobain boncengan, tapi katanya suspensi jadi lebih empuk namun nikung-nikung miring masih sangat oke pisan, stabil alias anteng beud.

Itu dia, kelemahan NMax paling berasa adalah suspensinya. Selebihnya, ini motor layak banget dibeli buat kendaraan operasional sehari-hari, atau sekedar jalan-jalan asik di Minggu sore.

Terms: alasan beli yamaha nmax, alasan memilih nmax, alasan memilih nma, alasan membeli nmax, mengapa pilih n max, nmax biasa, NMAX bukan matic biasa, mengapa anda membwli nmax?, mengapa anda membeli nmax?, jok nmax 2017

LEAVE A REPLY