Kemarin, dikabarin ada sepupu elmuha yang katanya ketabrak mobil, belum tau dari depan apa belakang. Dan katanya harus dibawa ke rumah sakit karena puskesmas gak sanggup.

Kepala kabarnya aman, alhamdulillah. Tapi lengan sampai pundak katanya kena, dan cukup parah.

Hmm…

Kadang ketika kita sudah hati-hati pun, bisa saja kena imbas dari orang lain yang kurang hati-hati, apalagi kalau dari kitanya sudah gak hati-hati.

Kejadian seperti itu, seharusnya bisa mengingatkan kita kembali, agar selalu berhati-hati, penuh persiapan, dan kontrol di jalan.

Buatlah perhitungan di jalan, jangan sembrono. Kalau dihitung, berapa kali kita harus membuat keputusan cepat di perjalanan? Ratusan?

Apakah nyalip sekarang atau nanti, apakah ngerem atau tidak, apakah muter balik sekarang atau nunggu, dan sebagainya.

Hal semacam itu sangat bergantung pada kebiasaan dan seberapa banyak pengalaman. Termasuk pengalaman jatuh.

Elmuha sendiri, jatuh pertama kali adalah saat pertama kali nyetir motor sendirian. Sebabnya; gelap, jadi merinding gak fokus, lalu puter balik dan ternyata tanahnya tidak rata, ada kedalaman di tengah jalan, gelap, tapi jatuhnya gak seberapa, cuma ngegelimpang aja, karena speed sangat rendah, 0 kpj.

Jatuh berikutnya saat harus ngehindar dari bus yang ngambil jalan, kepaksa kekanan, dan nubruk pembatas jalan, bahkan sampai terpental ke jalan arah berlawanan. Alhamdulillah selamat, bahkan bisa lanjut ke sekolah, iya, itu berangkat ke sekolah SMA.

Jatuh lagi, punya motor baru, ngerem terlalu pakem, tapi gak masalah, karena motor udah berhenti di parkiran, cuma nyeri aja tangan nahan motor.

Jatuh lagi, motor rusak banyak, saat harus ngehindar mobil yang mau puter balik, sedangkan elmuha gak fokus ke depan gara-gara disuruh2 minggir ama orang di tepi jalan, gara2 ada polisi razia, deeuh.

Jatuh lagi, saat ada dua orang nyebrang jalan, tapi gak kompak, dan elmuha berada di kecepatan cukup tinggi. Satu udah di depan, satu masih di belakang, anak kecil pula, bawah 10 tahun, elmuha bingung, akhirnya pepetin ke pembatas jalan. Elmuha pun terpental ke jalan berlawanan, ada truck mau lewat, untungnya dia masih sanggup ngerem.

Dua jatuh yang lain sepele, pas berhenti mau masuk rumah, ada juga pas ngeluarin motor dari rumah.

Alhamdulillah, yang parah cuma yang ngehindarin mobil puter balik.

Pernah lagi, ini berboncengan ama adik, nabrak mobil box yang ngerem mendadak karena depannya nabrak motor juga. Jadi, mobil nabrak motor, saya nabrak mobil tsb. Ya begitulah. Tapi alhamdulillah, yang rusak cuma layar HP, lampu motor, dan selngkngan yang sakit nabrak tangki motor.

Itu yang naik motor biasa. Pernah naik motor modif beca yang punya bak gitu, beca bak motor. Pernah nabrak tanah pinggir jalan, karena ngebanting setirnya, gak percaya monggo cobain dah 😀 Lalu masuk parit beneran pas grogi depan ada ibu-ibu nongkrong mengapit jalan, banyakan pula. Lalu setir ngebanting lagi, hingga masuk parit.

Itu semua, adalah pengalaman berharga sehingga elmuha bisa lebih hati-hati di jalan. Tapi bukan berarti Anda semua harus mengalami jatuh juga jika sekedar untuk belajar dari pengalaman.

Belajarlah dari pengalaman orang lain, rendahkan hati, belajar dari kesalahan orang lain.

hati hati di jalan motor nmax di perbukitan
Jalan masih panjang bro..

Saat kecelakaan, janganlah tinggikan hati sehingga merasa selalu benar, orang lain salah. Jika terjadi sesuatu, bisa dipastikan keduanya sebenarnya ada salahnya, bedanya, satunya banyak satunya dikit.

Jangan sombong, jangan sok-sok an, jangan ngerasa selalu benar, jangan merasa nguasain jalan, hati-hati, dan banyakin doa baik sebelum berangkat, awal berangkat, dan saat di jalan. Banyakin bersholawat Nabi. Kekuatan kita datang dari Sang Pemberi Kekuatan, maka mintalah untuk dijagakan olehNya di perjalanan agar selamat sampai tujuan.

4 COMMENTS

  1. Hati2 jaga hati & fikiran jangan Nyetir sambil galau…

    Blognya khusus motor aja?
    Bisa minta tolong bantu cari referensi agen booth portable yg murah & bisa di percaya…sy ada pesanan booth banyak tp agen yg lama ngilang kaya hantu gda kabar.-_-
    Sy gaptek ga begitu faham internet makanya minta tolong klo ga keberatan

    Aih klo ga bisa Ora popo.:)

    • haha, gak lah kalau galau mah…

      blog ini khusus motor aja zafaaa.. tp gak juga sih, byk soal lain jg nyelip2.

  2. Maaf jika ada kata2 atau ucapan sy yg menyinggung.
    Sy percaya Kamu lebih tau yg terbaik untuk dirimu sendiri.
    Dan itu pasti yg terbaik
    Terus berkarya & selalu jadi Panutan
    Sehat2 panjang umur jaga diri baik2 & jangan Mati dulu.perjalananmu masih amat panjang elmuha.
    Sukses fiddunya wal akhirat
    Matursuwun nggih:)
    Lupakan

    • Kamu (ciye kamu) gak salah apa2 kok. Gak perlu ada yg harus dimaafkn 😀

      If there is something wrong, it’s me.

      Sukses jg buat kamu sekeluarga yah 🙂

      Bahasanya gak perlu kaya mau mutus hubungan gitu ah… selooww 😀 jgn baper :p

LEAVE A REPLY