Sudah setengah bulan gak update ini blog… Tapi Alhamdulillah pembacanya tambah banyak, makasih ya yang udah nyasar ๐Ÿ˜€

Hari ini elmuha pengen bahas yang simpel aja…

Pilih motor Honda BeAT, atau Honda Scoopy?

Keduanya adalah motor matic favorit saya, dan favorit jutaan masyarakat Indonesia.

Bayangkan, di tahun 2016 saja, 1.8 jutaan orang Indonesia, beli Honda BeAT, dan setengah juta orang beli Honda Scoopy. Itu di tahun 2016 saja.

Pilih motor BeAT atau Scoopy

Bagaimana dengan Honda Vario?

Dimensi Vario 125/150 lebih besar dan lebih tinggi dari Honda BeAT dan Scoopy, begitu juga harganya. Jadi, saya yakin akan lebih galau antara memilih Honda BeAT, dengan Honda Scoopy. Kecuali untuk Vario 110, alasannya lebih karena, beda peruntukan. BeAT dan Scoopy lebih mirip secara segmentasi.

Lalu, pilih mana nih?

Tentu ada beberapa pertimbangan ya kan…

HARGA!

Jelas harga Honda BeAT lebih murah, tapi, lebih pasaran, di jalan di mana-mana ada Honda BeAT.

Harga Honda BeAT rata-rata termurahnya, mulai dari angka 15 jutaan rupiah. Sedangkan Honda Scoopy, saat ini sudah berada di angka 17,25 jutaan rupiah (Scoopy terbaru 2017 mulai 18 jutaan). Jelas, Scoopy lebih mahal dari Honda BeAT termurah. Keduanya sangat umum dikasih potongan harga atau diskon.

Kalau Anda lebih mementingkan harga murah, jelas lebih baik ambil Honda BeAT.

Ini sekilas daftar harga semua tipe motor Honda BeAT dan Honda Scoopy dengan diskon: (Update Maret 2017)

Honda BeAT Sporty eSP CW: Rp 15,225,000. Diskon Rp 300,000 =ย Rp 14,925,000
Honda BeAT Sporty eSP CBS: Rp 15,425,000.ย Diskon Rp 300,000 = Rp 15,125,000
Honda BeAT Sporty eSP CBS ISS: Rp 16,275,000.ย Diskon Rp 300,000 = Rp 15,975,000
Honda BeAT Pop eSP CW: Rp 14,775,000.ย Diskon Rp 300,000 = Rp 14,475,000
Honda BeAT Pop eSP CBS: Rp 14,975,000.ย Diskon Rp 300,000 = Rp 14,675,000
Honda BeAT Pop eSP CBS ISS: Rp 15,475,000.ย Diskon Rp 300,000 = Rp 15,175,000
Honda BeAT Street eSP: Rp 15,925,000.ย Diskon Rp 300,000 = Rp 15,625,000

Honda Scoopy eSP: Rp 17,275,000. Scoopy 2017 yang terbaru dibanderol mulai 18 jutaan rupiah.ย Diskon Rp 300,000 =ย Rp 16,975,000
*Diskon mungkin gak di semua dealer. Harga untuk Jadetabekser.

DESAIN/ MODEL

Honda BeAT tersedia dalam 3 pilihan model, ada yang Sporty, ada yang Pop, juga adaย yang tipe Street. Ketiganya punya desain yang, bagus, simpel, tapi biasa aja. Pokoknya biasa aja. Desain BeAT Sporty yang baru, menurut elmuha gak lebih bagus dari BeAT Sporty yang lama, headlamp terutama.

Pilih motor Scoopy atau BeAT
Yang Street Black lebih gagah, dikit…

Beda dengan Honda Scoopy, kesan retronya amat sangat berasa banget. Cantik, namun cocok dipakai wanita ataupun pria, tinggal pilih warnanya aja yang sesuai. Tapi Honda Scoopy ini lebih lebar dikit, cuma dikit, tapi mungkin akan terasa di kemacetan saat selap-selip. Tapi percayalah, Honda Scoopy juga udah lincah banget.

MESIN/PERFORMA

Kalau ngebut2an, elmuha yakin BeAT akan melaju lebih kencang, selain karena bobot lebih ringan, mesin juga lebih bertenaga. Tapi bedanya dikit. Jadi kalau misal touring iring2an, yang pake Honda Scoopy gak akan ketinggalan.. 11/11.5 lah…. gak nyampe 12.

SUSPENSI

Honda BeAT ini didesain, dirancang sebagai kendaraan jutaan ummat, jadi lebih nyaman di berbagai kondisi jalan di Indonesia. Honda Scoopy sedikit lebih keras, karena mungkin didesain lebih banyak dipake di perkotaan.

Pilih Honda BeAT atau Scoopy
BeAT Pop

Tapi yang saya rasakan, berbulan-bulan pakai Scoopy di jalan ancur2an (maklum rumah saya di pedalaman Sumatera), Honda Scoopy ini asik-asik aja, tapi emang kerasa sih kerasnya… Tapi itu yang bikin Honda Scoopy menurut saya lebih stabil, lebih anteng dibawa agak ngebut, lebih anteb juga perasaan, kalau pake Honda BeAT, serasa agak ngelayang ban depannya kalau dipake sprint.

Perlu sedikit ditambahkan, BeAT Sporty dan Street itu punya Ground Clearance atau jarak terendah ke tanah, sedikit lebih tinggi dari Scoopy/BeAT Pop, 146 banding 140 mm. Setengah centimeter ngaruh gak di gundukan polisi tidur? Sepertinya tidak terlalu banget, tapi ngaruh dikit pasti.

FITUR

Elmuha agak malas sebenarnya ngebahas fitur, soalnya jarang elmuha pake sih.. ISS misalnya, buat apaan coba ๐Ÿ˜€

Tapi tetap aja, perlu bagi sebagian orang.

Honda Scoopy yang dibanderol di harga 17 jutaan, sudah lengkap membawa fitur2 khas matic Honda. Sedangkan BeAT, hanya di model tertentu saja ada fitur istimewanya, ISS misalnya. Jadi, perbedaan harga Honda BeAT dengan Scoopy, tidak terlalu jauh jika membandingkan dengan versi teratasnya.

 

 

Pilih Honda Scoopy atau BeAT

UPDATE Scoopy 2017-2018:

Monggo baca ulasan kelebihan Honda Scoopy 2017 yang terbaru.

Bagasi Honda Scoopy juga lebih gede, muat helm standar (ini maksudnya helm bawaan motor kayaknya).

Scoopy juga pake Headlamp Projector, lebih keren aja… Bahkan udah ada fitur Answer Back System juga untuk nyari motor di parkiran motor yang tidak manusiawi itu, tidak berperimotoran.

Selebihnya, fitur-fitur Honda BeAT dan Scoopy relatif sama, seperti anti jalan kalau standar gak dinaikkan, rem combo, ban tubeless, serta mesin eSP. Hanya, kapasitas BBM Scoopy ini cuma 3.7 liter, mirip seperti Honda BeAT Pop, sedangkan BeAT Sporty dan Street, punya 0.3 liter lebih banyak.

KEIRITAN BAHAN BAKAR

Menurut klaim pabrikan, Honda Scoopy ini lebih irit dari BeAT standar tanpa ISS. Mungkin pengujiannya dengan mengaktifkan ISS di Scoopy. Scoopy mendapat hasil 61.9 km/liter. BeAT eSP 58.5 km/l, BeAT eSP ISS 63 km/liter.

Yang jelas, kalau dipakai di kondisi sehari-hari, sulit untuk mendapatkan figur keiritan tsb, 50 km/liter sih masih bisa lah ya.

Oke…

Kesimpulan….

Harga: Unggul BeAT, tapi tidak signifikan. Karena Scoopy tipe standar sudah dibekali fitur lengkap, di mana BeAT harus pilih yang tipe lebih mahal.
Desain: Selera. Tapi elmuha personal jelas lebih suka Scoopy.
Mesin: BeAT oke banget… Tapi Scoopy gak jauh beda.
Suspensi: BeAT nyaman, tapi Scoopy terasa lebih stabil.
Fitur: Scoopy lebih lengkap.
Keiritan: Saya kira sama saja. Beda 11/11.5 aja…

INFO: Scoopy gen 2017 terbaru punya fitur yang lebih lengkap dari gen sebelumnya yang dibahas di halaman ini.

Pemenang: Saya pilih Honda Scoopy. Tapi ini kembali ke selera dan kebutuhan prioritas masing-masing. Tidak semua orang suka desain retro Scoopy, tidak semua orang butuh ISS dan fitur lengkap sehingga bisa ngirit beberapa juta rupiah. Pilihan kembali ke Anda ๐Ÿ™‚

Terms: perbandingan scoopy dengan beat, Scoopy vs beat, beat vs scoopy, pilih scoopy atau beat, beat vs scoopy 2017, pilih scoopy atau vario 125, honda beat vs scoopy, perbedaan scoopy dan beat, scoopy atau beat, pilih beat atau scoopy

13 COMMENTS

  1. Bang ISS ngabisin aki ga sih ? kalau pakai logika sepertinya ngabisin yaa ? soalnya setiap mati kan dia start mesin lagi, apa itu ga pakai starter ? kalau ga pake gimana bisa hidup ? pasti pake kan ?

    • gw yakin AHM udah ngedesain pasti gak bakal sampe ngabisin aki ๐Ÿ˜€

      starter matic Honda jg udah alus banget sekarang, kayaknya lebih hemat daya aki.

      • cara kerja kita memang hanya perlu narik gas, tapi kayaknya yang dia tanyakan itu sistem kerja mesinnya gan, hidup laginya kan perlu dinamo starter-nya. Atau jangan2 gak perlu??

  2. Ini nih…..ok.infonya…tapi..lagi bingung nih mau yg mana.beat apa scoopy?…alnya yg pake bukan aku tpi ibu,..yg butuh storage gede,pijakan kaki lebar,..buat bawa blnjaan dn keliling deket2 rumah….jadi….bantu jawab donk..enak mana?

    • Kalau itu mah jelas gan pilihannya, Go for Scoopy ๐Ÿ˜€

      Tapi harganya sekarang lumayan beda jauh ama BeAT, mudah2an harga bukan jadi masalah ya.

    • hehe. segmentnya beda ya kalo vario 110 ama scoopy. secara desain jelas lebih cantik scoopy, secara fitur juga menang scoopy. harganya juga beda lumayan cukup jauh ya.

      tapi baiknya sih, langsung dateng ke dealer, bandingin keduanya langsung sist ๐Ÿ˜€

  3. Saya pengen scopy yg terbaru desainnya bagus, tapi istri milih beat. Kalo beat saya lebih suka yg street. Bingung broo..

    • kok bisa ya.. biasanya perempuan gampang suka ama scoopy. ๐Ÿ˜€
      yaudah diskusiin aja lagi bro, beat street lumayan jg tuh.

LEAVE A REPLY