Saya pengen bahas lengkap tentang GSX-R150 ini, tapi ntar aja lah ya, kalau udah ngerasain mungkin?

Nah, sekarang kita bahas yang simpel-simpel aja, kira-kira apa sih kelebihan GSX-R150 dan kekurangannya? Versi elmuha tentunya ya….

Tulisan ini untuk hiburan saja, sekaligus sedikit inspirasi, jangan dijadikan satu-satunya rujukan.

Kelebihan Suzuki GSX-R150

Kelebihan Suzuki GSX-R150

#Desain….

Garis desain GSX-R150 ini menurut elmuha bakal longlast, gak gampang kemakan zaman, gak cepet mbosenin. Motor ini menurut video TVC Suzuki, “diturunkan” dari the oldest brother GSX-R1000. Dan kalau kalian belum tau, desain Suzuki itu dari katakanlah 10 tahun lalu, gak terlalu signifikan perubahannya, tetep kalem, sedikit membulat.

GSX-R150 ini agak lancip sih dibanding kebiasaan Suzuki GSX, mungkin karena di kelas paling murah ini, konsumennya susah diturutin, terlalu beragam seleranya. Banyak yang menganggap desain GSX-R150 ini biasa aja, elmuha setuju, biasa aja, karena itulah elmuha naksir… Detailnya juga rapih banget brur.

Suzuki GSX-R150 Kelebihan

#Mesin…

Ah, mesinnya menggunakan basis mesin Satria FU FI yang sangat bertenaga. Klaimnya, power mesin GSX-R150 ini mencapai 14.1 kw pada 10.500 rpm, atau dalam satuan horse power, ada di angka 19.17 HP!

Keunggulan GSX-R150

Torsinya, hingga 14 Nm yang bisa diraih di rpm 9000. Mesin GSX-R150 ini adalah mesin kapasitas 147.3 cc DOHC Overbore 62.0×48.8mm, menggunakan 6-speed transmission dan teknologi Fuel Injection. Mesinnya juga teriak lebih tinggi dibanding rivalnya.

#Fitur

Key-less Ignition system mungkin sebagian masih menganggap gak terlalu penting, sebagian lainnya butuh fitur ini. Relatif sih, elmuha belum ngerasain untuk sehari-hari pake Ignition jadi gak tau seberapa aman ini kunci, kalau kemudahan sih pastinya maksimal banget, tinggal kantongin kunci aja, putar kunci yang udah nempel, starter deh…

Dashboard Suzuki GSX-R150

GSX-R150 juga pake lampu depan LED, ini sebenarnya kelemahan sih kalau buat elmuha, maklum, saya gak suka lampu putih LED, lebih suka kuning karena tidak menyilaukan. Elmuha sering silau kalau papasan dengan motor pake LED, jadi gak pengen bikin silau orang. Buat di kondisi berkabut pun lampu kuning lebih aman…

#Harga

Ya, harganya lebih murah dibanding CBR150R, kalau dibandingin R15 yang lama, sama aja, tapi dengan R15 yang baru kita belum tau.

Pilihan warna Suzuki GSX-R150

Kira-kira itu kelebihan utama, untuk printilannya ya ada juga sih, tapi seimbang lah ya kalau dibanding rivalnya, terutama CBR150R.

Kelemahan Suzuki GSX-R150

#Ban Depan

Lebih kecil dibanding CBR150R, bedanya dikit sih. Kalau si CBR pake 100/80, ini GSX pake 90/80. Ban belakang sih sama.

#Tangki BBM lebih dikit 1 liter, lumayan kan, 35-50 km bedanya 😀

Kayaknya udah itu aja sih…

Kelemahan Suzuki GSX-R150

Kalau dibanding R15 2017, kelemahannya menurut saya; Fork depan biasa, R15 USD, swingarm biasa, R15 banana, udah sih itu kira2..

Persaingan di kelas motor sport 150cc ini begitu panas bagai siang hari di tengah sirkuit, berdiri pake wearpack lengkap… halah.

Konsumen di kelas 150cc masih level pemula, kadang emosinya belum stabil alias ababil, jadi ya maklumi saja ya… maklumi elmuha juga yang sering jadi ababil 😀

Perbedaan di kelas ini berasa-gak-berasa alias susah sih jelasinnya. Enaknya, sebelum pilih satu motor, cobain dulu semuanya, tapi ntar kelamaan juga sih.

All New Honda CBR150R 2016 Marc Marquez
The rival… CBR150R

Bisa juga cukup dengarkan hati nurani, tanpa pengaruh fansboy2 ababil, pilih yang paling sesuai dengan hati, cukup.

Soal nanti di jalan ketemu motor rival, ya ladeni aja, eh, maksudnya cuekin aja…

Tenaga mesin GSX-R150 ini sekitar 2HP lebih tinggi dibanding CBR150R, dengan bobot sedikit lebih ringan. Harusnya GSX-R150 lebih ngebut, tapi gak pasti juga karena tenaga on wheel GSX-R150 belum diketahui. Kalau dibandingin R15 2017, kita belum tau, apakah teknologi VVA bakal membuat R15 punya tenaga yang meloncat drastis, atau tidak… kita tunggu saja bentar lagi.

Yamaha R15 2017 kah
Abaikan yang dilingkari… The rival, R15

Kehadiran GSX-R150 saya yakini akan mengganggu dan sedikit mengacaukan persaingan antara Honda dan Yamaha, apalagi di 3 bulan pertama ini dikasih harga promo, tujuannya banyak; menguji pasar, menghalau konsumen R15, dll.

Overall, selain jaringan 3S atau service center, GSX-R150 ini elmuha bilang unggul dari CBR150R yang saat ini merajai di kelas sport fairing 150cc (desain gak diitung, subyektif soalnya). Kalau dibandingin R15, uhm… agak susah, pasalnya R15 membawa fitur yang sekelas lebih tinggi, termasuk Upside down fork, banana, delta box, dan mungkin teknologi mesin dengan VVA-nya. So, mana yang kalian pilih bro?

Terms: kekurangan gsx r150, kekurangan suzuki gsx r150, kelemahan gsx r150, kelebihan gsx r150, kelebihan dan kekurangan gsx r150, kelemahan suzuki gsx r150, kelebihan dan kekurangan suzuki gsx r150, kelemahan gsx, kelebihan suzuki gsx r150, kekurangan gsx

6 COMMENTS

  1. Suzuki GSX R 150 memang mantab!!!
    Penjualannya pun cukup menjanjikan.
    =======================
    Menurut ane biasa2 aja, gak ada yg fantastis. Mungkin bisa jadi saat ini performa mesin unggul,tapi aspek lainnya terabaikan. Kualitas finishing kemudi, lubang untuk kaca spion dan yang paling parah ini (seolah-olah) rangka bohongan itu lho,ngeri banget lihatnya … beda dengan yamaha atau honda (asli rangka).

    Kalau kepengen survive di pertarungan 150cc, mungkin baiknya harga promo diperpanjang sampai dengan akhir semester I dan wajib menang (juara umum) balap motor nasional dengan segala kehebatan yang disebut diatas.

  2. Tetapi rata2 ini sih katanya yaaa “katanya” ,orang yg bli yg R ini pd nyesel ,dan gk tau knp orang2 mengabaikan yg S nya😁

    • haha.. artikel lama ini soalnya.

      masak sih pada nyesel? kenapa gt.

      yang R jauh lebih indah dibanding S, walaupun S keren juga.

  3. Mau tanya nih, klo menurut gua motor sih oke penampilan kece, trus bagaimana dengan harga sparepart nya karna kbnyakan orang beralih ke motor lain gara2 sparepart suzuki agak tinggi harganya

LEAVE A REPLY