Ini artikel ketiga elmuha tentang Nokia 6. Ponsel android Nokia terbaru ini menggoda sekali.

Apa saja hal-hal yang menggoda?

Yang pertama, logo NOKIA. Entahlah, elmuha kangen banget dengan kejayaan Nokia. Mungkin, karena elmuha suka mengenang masa lalu, ya, susah move on.

Nokia 6

Kedua, desain dan build quality yang superb. HMD Global sebagai yang bertanggungjawab membuat unit Nokia Android, nampaknya gak main-main sejak permulaan. Ponsel pertama duet mereka aja udah sebagus Nokia 6, gimana nanti untuk kelas menengah dan atasnya?

Tiga, spesifikasi dan fitur. Nokia dan HMD Global mungkin belajar dari kegagalan dua merk yang tadinya juga berjaya lalu jatuh hampir mati. Ponsel dengan hanya mengandalkan merk di saat ini, susah bertahan. Bahkan Samsung sekalipun, gak berani ngelakuin hal itu. Ponsel murah mereka, J1 Ace misalnya, tetap dibekali fitur berkelas dan performa yang mencukupi. Merk baru sekalipun, jika marketingnya benar, dan fitur serta spesifikasinya gak mengecewakan, bakal laris. Lihat saja berbagai vendor baru yang langsung bisa menjual jutaan unit.

Empat. Harga Nokia 6 ini tergolong masih terjangkau untuk specs dan fitur yang diusung. Satu-satunya kelemahan yang elmuha anggap kurang greget, hanya chipset yang masih Snapdragon 430. Mungkin, kelas menengah-premium Nokia bakal pakai Snapdragon 653, dan tipe teratasnya menggunakan specs flagship, mungkin loh ya, hayalan elmuha saja.

Nokia 6

Vendor-vendor baru masa kini, memulai permainan mereka dengan banderol yang terjangkau, margin profit ditekan seminimal mungkin asalkan bisa membangun brand dan menjual jutaan unit. Lalu, harga dinaikkan dengan image dan slogan yang lebih berkelas. Terbukti sukses pada banyak vendor.

Oh iya, kelemahan lain selain Snapdragon 430 adalah port USB yang masih biasa, belum Type-C. Tapi rival lain sekelasnya pun rata-rata masih Type-B.

Lima, keren (again). Ah, mungkin elmuha subyektif banget di sini, lebay bahkan. Tapi beneran, elmuha seperti terhipnotis oleh the New Nokia Android.

Untuk spesifikasi dan fitur Nokia 6, berikut yang sudah diketahui.

Nokia 6

Nokia 6 menggunakan layar 5.5 inci resolusi Full HD, jenisnya LCD IPS standar. Snapdragon 430 yang disematkan, ditemani RAM 4GB dan storage besar 64GB. Kapasitas baterainya cukup besar, 3000 mAh. Dengan specs tsb, Nokia 6 berbobot 169 gram.

Fitur kameranya juga menarik, 16MP di belakang dengan phase-detection autofocus dan LED flash. Sedangkan di depan tersedia 8MP. Kedua kamera menggunakan aperture f/2.0.

Singkatnya, kelemahan Nokia 6 di mata elmuha hanya Snapdragon 430 (harusnya Snapdragon 625), dan absennya USB Type-C.

Yang tak kalah menjadi kelemahan, sepertinya Nokia 6 ini masih agak lama buat dipasarin secara global, China duluan yang bakal nikmatin dengan harga 3,2 jutaan rupiah.

Gimana, ada yang punya pikiran dan perasaan sama seperti elmuha?

Terms: mengapa xiaomi lebih murah dibanding vendor lain

LEAVE A REPLY