Posting singkat aja,

Emang bisa ya kita kerja cuma 4 jam per minggu? Gimana caranya?

Well,

Menurut elmuha bisa banget. Meski tidak harus online (walaupun online lebih mudah), jenis kerjaan offline atau konvensional juga bisa kerja cuma 4 jam per minggu.

Caranya adalah, dengan manajemen.

Kita membuat sistem, dan biarkan sistem itu berjalan, sedangkan kita, tinggal mengawasi beberapa menit per hari, 4 jam per minggu.

Istilah kerjaan ini sebenarnya relatif.

Orang kerja karena pengen nyari duit. Padahal dapet duit gak harus kerja terus2an, itu yang dinamakan passive income. Kita kerja di awal, dan seterusnya biarkan uang yang berkerja untuk kita.

Kalau menurut saya, kita harus membedakan antara kerja dan nyari duit.

Tentu, sebagian besar kerjaan itu ada imbalannya. Tapi menurut saya lebih bagus lagi kalau kerjaan ini tidak mengharapkan duit.

Beribadah tiap hari, menurut elmuha, juga bisa dikategorikan kerjaan. Mengajar anak-anak terlantar, tanpa ada imbalan, itu pekerjaan mulia, membaca buku dan belajar, jelas merupakan pekerjaan.

Nyari duit, itu lain soal.

Nyari duit adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup; tempat tinggal, makan, pakaian, haji?

Sedangkan kerjaan, itu sesuatu yang menjadi tanggungjawab kita sebagai manusia.

Nyari duit itu bahkan, cuma kerjaan sampingan selain kita beribadah dan melakukan kebaikan.

Kembali ke topik.

Kalau Anda mengkategorikan nyari duit sebagai pekerjaan, well, fine.

Syarat untuk bekerja 4 jam per minggu yang paling mudah adalah sebagai pemilik bisnis, termasuk pemegang saham.

Tapi gak harus juga.

Misal kerjaannya sebagai makelar tanah, bisa saja 1 transaksi di lakukan selama 4 jam per minggu, tapi uang komisinya setara dengan kerja 8 x 6 jam.

Atau, sebagai accountant, penasehat bisnis, apapun itu, bisa saja kerja real-nya cuma 4 jam seminggu, sisa waktu lainnya untuk belajar, beribadah, dan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat.

Kalau elmuha,

Target di bidang kerjaan ini simpel aja, membangun sistem bisnis online dengan bantuan outsource atau sistem manajemen yang handal dan bisa dikontrol dari jauh, serta membangun investasi offline berpenghasilan, misalnya saham di perusahaan, sewa ruko atau kios, perkebunan, yang semuanya bisa di-manage oleh orang lain, dan kita mengontrol dari jauh.

Sisa waktunya; terlalu banyak hal yang ingin saya lakukan di dunia ini, di samping hal-hal yang kata orang; kerja nyari duit.

*Ya, posting ini terlalu idealis, maap 🙂

LEAVE A REPLY