Sebelum elmuha melakukan review lebih dalam tentang Samsung Z2, sekarang kita bahas yang simpel aja dulu ya, apa sih kelebihan Samsung Z2 sebagai alasan ponsel ini layak dibeli, dan apa juga kekurangan Samsung Z2 sebagai faktor Anda untuk tidak membeli.

Secara singkat saya bisa bilang gini; Kalau Anda belum pernah pegang ponsel android, lalu ingin hp android yang murah, please, gak usah beli Samsung Z2.

Detailnya kira-kira seperti ini:

Kelebihan kekurangan Samsung Z2Kekurangan Samsung Z2

Aplikasi yang ada di Tizen Store, itu jauh terbatas dibanding Play Store android. Aplikasi seperti Whatsapp, instagram, atau facebook, memang sudah ada, begitu juga banyak gaming2 yang berkualitas, ada!

Tapi BBM misalnya, gak ada, Smule juga gak ada, apalagi Bigo, gak ada! Lebih tepatnya, belum ada dan gak tau kapan bakal ada. Tapi Detikcom misalnya, udah ada, bisa jadi ke depannya Samsung akan bantu pengembang buat bikin apps untuk Tizen.

UI Tizen Samsung Z2Jadi Samsung Z2 ini cocok untuk kalian yang butuh smartphone, tapi gak berharap semuanya sama dengan android, ini BUKAN ANDROID. Elmuha sedih aja banyak orang ngomel di Tizen Store, padahal ya salah mereka sendiri kenapa beli Tizen Phone kalau ngarepin semua harus sama dengan Android phone.

Silahkan kalau punya budget 800-900 ribuan, dan pengen android, bisa pertimbangkan ponsel-ponsel dari Advan, Smartfren Andromax, Evercoss, dll.

Kekurangan Samsung Z2 lainnya adalah; layar yang kurang cemerlang, terutama kalau dibandingkan ponsel murah android Xiaomi misalnya, jauh. Hasil kameranya juga jauh.

Tapi kalau Anda tidak membandingkan dengan ponsel murah Chinese, layarnya sudah sangat cukup untuk berbagai aktivitas, hasil kameranya yang tanpa autofocus masih sangat oke. Kamera depan kalau di luar ruangan masih oke juga. Lihat contoh hasil kamera Samsung Z2 berikut; Nilai sendiri gimana.

Image resized ke 900px, kebanyakan diambil pagi hari sekitar jam 05.50 pas lari pagi.

Hasil Kamera Samsung Z2

Kekurangan Samsung Z2 lainnya?

Aplikasi yang tersedia di Tizen Store, itu rata-rata tampilannya beda ama yang di android, bisa dibilang, versi jadulnya aplikasi di android. Ini banyak yang kesel penggunanya, kalau elmuha sih, maklum banget, pengembang mengembangkan aplikasi sesuai market!

Baterai sebenarnya irit, cuma kerasa boros karena elmuha pake sebagai router, hampir 24 jam. Kalau internetnya digunakan melalui tablet atau laptop dengan wifi tethering, ponsel Z2 ini terasa anget, tapi gak sampe panas. Kalau gak dipake internetnya, ya adem2 aja.

Lalu,

Apa Kelebihan Samsung Z2?

Elmuha udah pake hp Tizen ini kira-kira 2 mingguan lah ya. Overall sih puas banget, karena elmuha beli gak asal-asal beli, alias menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Spesifikasi hardware Samsung Z2 ini udah bagus banget di kelasnya, elmuha beli cuma 830 ribuan rupiah dan bisa dapet handphone atau smartphone dengan jaringan 3G dan 4G LTE, dual SIM, dan layar 4 inci. Sekali lagi, hardware termasuk chipset dan RAM sudah sangat tangguh, menjalankan berbagai aplikasi cukup lancar, buat gaming juga lancar, padahal itu game 3D yang di android termasuk game berat.

Kelebihan Samsung Z2Elmuha beli Samsung Z2 karena, inilah ponsel 4G termurah berkualitas di pasaran. Samsung Z2 bisa digunakan sebagai wifi tethering atau router hingga 5 perangkat, persis seperti kebanyakan android, performanya lancar tanpa masalah sama sekali. Z2 juga bisa FDD atau TDD, bisa nerima kartu 4G rata2 GSM, bisa juga nerima 4G Smartfren, dan hp yang saya beli bundling ama Smartfren, tapi belum saya cobain.

Kelebihan Samsung Z2 lainnya ada pada OS Tizen yang menurut elmuha ini sangat ringan, lebih ringan dari android sih menurut saya, tapi tampilannya boring aja, boring karena elmuha udah pake android, kalau belum sih, tampilannya tergolong bagus.

Fungsi standar pada smartphone, lengkap di Samsung Z2, cuma ya kalau dibanding UI Xiaomi misalnya, banyak perbedaan soal fitur keamanan yang sebenarnya di Xiaomi jarang juga digunakan pemiliknya.

Kualitas penerimaan radio juga lebih baik dibanding semua android device yang elmuha punya, gak tau kenapa, ponsel murah malah bagus radio FM nya.

Jaringan 4G LTE-nya tergolong stabil banget. Sayangnya gak bisa di-lock di 4G, alias kalau 4G harus hybrid ama 3G/2G. Kekurangan ini bisa ngeselin kalau misal Anda pakai Telkomsel 4G, ketika sinyal 4G hilang, sedangkan kuota 3G juga sudah habis, maka internet akan nyedot pulsa dan biasanya sampai habis.

Kekurangan Samsung Z2Kira-kira itu ya…

Kalau mau disimpulkan, sebenarnya udah disampaikan di atas.

Kalau Anda mau smartphone yang kekinian banget dan bisa menjalankan banyak aplikasi seperti tokopedia bukalapak gojek uber dll, sebaiknya beli ponsel android saja.

Tapi kalau Anda butuh smartphone yang bisa browsing cepat, atau modem dan wifi router mobile 4G LTE, chatting pake whatsapp, line, atau facebookan, main game modern, lancar ngejalanin video, dan harga yang masih murah, apalagi ini merknya Samsung, ponsel ini layak dipertimbangkan.

Semoga membantu, kalau ada yang mau ditanyakan, tinggalkan komentar saja, mudah2an bisa saya jawab.

Terms: kelemahan samsung z2, kelebihan dan kekurangan samsung z2, kekurangan samsung z2, kekurangan dan kelebihan samsung z2, kamera samsung z2, kekurangan hp samsung z2, kamera depan samsung z2, kekurangan z2, hasil kamera samsung z2, kelebihan dan kekurangan hp samsung z2

LEAVE A REPLY