Kadang, kondisi yang sulit dijelaskan membuat kita berusaha mati-matian menghidari polisi.

Mati-matian di situ kadang bisa menjadi makna sebenarnya. Elmuha pernah lewat di jembatan Cikarang-Kerawang, eh lagi jalan nyantai, langsung ngerem mendadak dan menghindar sejadi-jadinya karena motor-motor di depan tiba-tiba balik arah, gila kan?!

Ternyata di ujung jembatan ada razia polisi dadakan, ya soalnya udah mau mudik lebaran dan belum pernah ada razia di situ setau saya. Saya sih aman waktu itu, karena komplit.

Nah, tadi siang, saya melakukan perjalanan dari Cirebon ke Subang, tau kan gimana polisi Cirebon dan Indramayu?

SIM elmuha udah telat 7 bulan, males perpanjang soalnya memang belum ada kesempatan longgar buat ke Kota Subang, jauh dari Bekasi brur. Dan juga karena saya lagi jarang banget keluar jauh naik motor.

Eh di jalan muncul ide brilian menghindari razia polisi, terutama di musim-musim sekarang.

Iya, caranya dengan mengendarai motor pas ujan, wkwk. Serius gueh.

Cari ini cuma buat yang punya waktu super longgar dan gak buru-buru harus nyampe. Tunggu aja sampe hujan turun. Haha.

Tapi cara tsb agak konyol kalau di langit gak ada mendung sama sekali, mosok seharian cuma nunggu ujan baru jalan.

Nah, cara lainnya adalah melakukan perjalanan di waktu-waktu yang polisi jarang banget melakukan razia. Tebak-tebak aja kapan waktunya.

Cara berikutnya, tanya ke pemotor arah berlawanan, ini butuh niat sungguh2 sih. haha.

Cara lainnya, uhm… bikin komunitas yang mengumpulkan info razia motor… Hayo siapa yang mau buat dan ngurus?!

Cara lain lagi, pelan2 naik motor, kalau dari jauh terlihat ada razia, mlipir dulu ke warung sampai waktu polisi istirahat, bhuahaha.

Cara lain yang paling gampang; lengkapi surat dan semua surat harus masih berlaku, serta kendaraan jangan aneh-aneh dimodifnya.

Jujur sih, mengendarai motor tanpa surat lengkap atau surat yang masih berlaku itu gak tenang banget. Sering kaget liat jaket kuning2, apalagi komunitas2 motor malah ikut2an pake jaket warna yang mirip banget ama polisi. Bahaya kalo menurut gue mah, maksudnya kalo gak lengkap itu bahaya, bukan jaket kuning2nya.

Kalau elmuha sering naik motor jauh juga pasti diurus surat2 yang telat dan udah gak berlaku. Demi kenyamanan di jalan.

Oke, itu sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi cara menghindari razia polisi dimana saya pun pernah gagal ngehindar dua kali, wkwk.

Oh iya, tambahan nih, kalau motor yang sobat pake jenis sport apalagi fairing sport, lalu misal SIM telat perpanjangan, atau pajak motor belum dibayar, Super PeDe aja pas menghampiri rombongan razia polisi. Jangan liat muka polisi, atau cara lainnya langsung sen kiri aja siap-siap berhenti, kalau razia polisinya yang masih ya tau ndiri lah, biasanya sih suruh jalan terus, ya itu gue ya. Tapi kadang muka kita agak susah diajak kompromi suruh tenang, dan rata-rata polisi sudah terlatih membaca muka2 pengendara, mana yang bersih, mana yang ngelanggar.

Oke itu guys, semoga gak ada pakpol yang baca artikel ini, wkwk, kalau ada, hormat pak!!

*Artikel di atas hakikatnya cuma hiburan semata, jangan percaya mentah2, biasanya yang mentah rasanya pahit.

Terms: jalan subang yang aman dari polisi, Jara Menghindari Polisi Di Subang, tips menghindari rasia polisi perjalanan jarak jauh, waktu hujan apakah suka ada tazia polisi

LEAVE A REPLY