Halo kamu yang di situ, apa kabar, semoga baik ya.. Kalau misal gak baik, ya disyukuri saja 😀

Sedikit cerita nih tentang blog elmuha.net ini.

Jujur beberapa minggu terakhir saya galau luar biasa, mau dibawa ke mana blog ini, termasuk; mau pakai server dan mesin apa. Dari awal, saya niatkan pakai WordPress self-host, tapi bandwidth bulan Nov kemarin sudah hampir limit, padahal visitor blog ini masih di bawah 200, rata-rata 150an UV/day. Memang yang saya sewa ini hosting murah, reseller dari server US. Blog ini juga numpang sih di web partai yang saya urus 😀

Ada pikiran ingin migrasi ke blogspot, tapi dari pengalaman saya ngeblog puluhan tahun, eh belum ding, tahun depan 10 tahun baru, pakai WordPress self-host itu lebih fleksibel. Lagi pula, sub blog ini yakni blog.elmuha.net juga sudah pakai blogspot. Fyi, blog.elmuha.net itu visitornya jauh lebih banyak ya, terhitung bulan ini, rata-rata sekitar 1500 Views/day dalam 2 tahun terakhir.

Akhirnya, hari ini saya melakukan beberapa ubahan sederhana untuk let say…. 3 bulan ke depan. Apa saja?

Ganti Theme

Theme WP yang saya pakai sebelum theme yang sekarang itu namanya “Nyeo” buatan mas Bambang yang asli JaTim, setau saya, pernah ngobrol bentar. Theme Nyeo tidak diragukan lagi performa SEO-nya, tapi setelah saya pertimbangkan, untuk saat ini saya lebih mengutamakan kenyamanan pembaca, dan theme Nyeo itu kurang enak dipandang, mau edit-edit font style, masih belum kiyeng (Bhs Cerbon).

Akhirnya saya pakai theme ini, clean, dan sangat banyak customisasi fiturnya. Suatu saat ketika ada perusahaan besar mau pasang banyak banner, bisa lebih mudah diaplikasikan dibanding misal pake blogspot. Ini kelebihan utama WP atau mesin sejenis semacam Joomla, Drupal, dll, fleksibel. Sedangkan kelebihan blogspot yang paling mantap; bandwidth unlimited, gratis, dan performa servernya salah satu yang terbaik di jagad internet ini. Gak pake urusan down. Soal SEO, WP dan Blogspot saya rasa seimbang, punya kelebihan-kelemahan masing-masing. Karena itulah keduanya masih setia saya pakai.

Menggunakan CloudFlare

Saya pernah sedikit cerita tentang pengalaman menggunakan CloudFlare yang cukup membuat saya kagum karena bandwidth hosting turun drastis, benar-benar drastis. Lihat artikelnya di sini. Dari 3 GB per day, jadi cuma 150an MB, turun hingga 95%.

CloudFlare untuk kita-kita, yang gratis cukup lah, tapi kalau yang sudah serius dan webnya sudah menghasilkan, yang berbayar tentunya lebih maknyos. Berdasarkan ahli-ahli blog, yang gratis ini susah sangat mantap.

Pasang cloudflare untuk blog gratis

Saat artikel ini ditulis, mungkin blog ini belum optimal CloudFlare-nya karena baru saja ganti nameserver hosting ke nameserver CloudFlare.

Review akan saya buat kalau ada kesempatan ya. Dan kalau ada yang perlu ditanyakan, mungkin bisa tinggalkan komentar, tapi maaf kalau gak bisa jawab 😀 Maklum, blogger tua tapi newbie.

Ningkatin Performa Web

Aduh untuk yang satu ini bener-bener melelahkan sob. Perlu ngetes berbagai macam plugin cache dan minify. Plugin cache favorit saya; Fastest Cache, ternyata gak klop ama hosting yang saya sewa ini. Akhirnya harus coba-coba pakai yang lain. WP Super Cache dan W3 Total Cache tidak saya coba btw karena saya khawatir terlalu membebani server, tapi no doubt untuk performanya, WP Super Cache juga saya gunakan di web komersial saya.

Akhirnya performa blog ini mentok segini, mungkin pembaca bisa rasakan gimana kecepatan loading-nya. Lumayan lah… ya kan?

memperbaiki score di GTmetrix

Well, score di atas saya yakinnya adalah hasil kombinasi cloudflare dan optimasi. Belum maksimal karena biasanya saya selalu membuat standar score A di atas 95% untuk PageSpeed dan A di atas 90% untuk YSlow. Tapi kata blogger sukses, koneksi internet sekarang cepet2, jadi web lelet aja masih bisa cepet. Bener sih, tapi untuk SEO ada pengaruhnya juga sob, faster is better.

Itu dia sob 3 hal krusial yang saya lakukan hari ini untuk blog elmuha.net. Ke depan, tentunya saya akan fokus nulis dan update blog ini dengan berbagai informasi berdasarkan ilmu dan pengalaman sehari-hari.

Gitu aja dan selamat beraktivitas sob. Oh iya, silahkan tinggalkan komentar ya kalau ada yang bikin kepo, mudah-mudahan akan saya bahas lebih lanjut, share pengalaman aja; seperti cara setting cloudflare atau cara bikin score di gtmetrix lebih tinggi. Semoga berguna.

LEAVE A REPLY