Dilem besi? Atau dilas, tapi dimana ngelasnya?

Bagi pengguna motor yang malas bersiin secara rutin bagian knalpot yang dekat ke mesin, biasanya setelah bertahun-tahun, bagian ini akan mengalami korosi dan akhirnya bocor.

Knalpot bocor itu, selain suaranya gak enak, tenaga motor juga serasa banyak yang kebuang.

Solusi knalpot bocor gampang banget, bawa ke tukang las.

Tapi, gak semua daerah bisa gampang nemuin tukang las yang mau ngelas knalpot. Bahkan di daerah saya yang ramai banget, tukang las yang ditemui adalah las kelas industry, itu, ngelas2 batang besi, tiang, dsb.

Akhirnya, di tengah keputusasaan nyari tukang las, saya mampir ke bengkel motor, niat awalnya mau nyuci steam motor, tapi ternyata masih tutup.

Sekalian aja nanya, bisa benerin knalpot bocor gak. Yang ada di pikiran saya, knalpot bocor ini bakal dibenerin pake lem.

Saya tunggu abang tukang bengkel selesai makan, dan ternyata…

Ya, bengkel tsb punya alat las listrik. Bentuknya kecil, seperti generator silent 1000 watt.

Sedikit dokumentasi saat sedang proses ngelas knalpot. Sori alatnya gak difoto.

las-portable-ngelas-knalpot-bocor

Berapa biayanya?

50 ribu rupiah, ada satu baut yang diganti. Saya yakin bisa lebih murah di tempat lain. Cari-cari aja.

Kriteria bengkel yang bisa ngelas, sepertinya yang agak gede, di ruko gitu, yang multi-service, alias bisa ngebengkel segala macam masalah motor.

Kalau dilem pake lem besi, terlalu ribet dan kurang tahan lama. Pake las aja prosesnya lama, tapi kalo bocornya gak terlalu besar sih bisa lah mungkin pake lem wajan, atau apa lah gitu.

Tapi saya saranin sih nyari tukang las atau bengkel yang punya alat las.

Rencana saya ke depan, akan modifikasi knalpot ori disambung ke pipa clip-on. Atau, ganti sekalian pake knalpot racing, soalnya ini motor kemungkinan besar bakal dimusiumkan, dimodif total buat koleksi aja 😀

Oke, itu sedikit pengalaman nambal knalpot bocor di bengkel, yang knalpotnya bocor, buruan ditambal bro.

Terms: knalpot bocor di las, las knalpot, harga las knalpot motor, las knalpot motor, harga las knalpot, las knalpot motor bocor, las knalpot bocor, harga lem knalpot, lem knalpot bocor, las untuk knalpot

LEAVE A REPLY