Vixion saya udah 6 tahun, dan selama 6 tahun itu, belum pernah ganti aki sekali pun. Bahkan, jujur nih ya, setiap service di bengkel resmi, sepengetahuan saya, itu aki gak pernah dicopot untuk dicharge.

Jadi, ya, mantap! Aki bawaan Vixion saya merknya Yuasa. Vixion lain gak tau dah.

Anyway…

Setelah ditinggal pulang kampung ke Sumatera selama 2 bulan, motor di dalam kamer ditutupin kasur, ternyata akinya agak tekor. Ya maklum sih. Tapi masih bisa ngisi, bisa ngidupin fuel pump injeksinya, bahkan cuma sebentar dipake, starter udah bisa jalan.

Tapi cuma bentar, abis itu, aki udah gak kuat ngejalanin dinamo starter, jadi harus engkol terus. No problem, jadi saya biarkan.

Sampai, abis main ke sodara, sekitar 200 Km bolak-balik, baru nyampe kamer, langsung beres2 dan tidur, gak tau ternyata kunci kontak masih posisi On. Inilah kelemahan fitur engine kill buat orang pelupa. Eh, elmuha gak pelupa kok, selama 6 tahun baru kali ini kunci kontak dalam kondisi On secara gak sengaja.

Baru ketahuan setelah beberapa hari gitu. Ya udah modar akinya. Kenapa sampai berhari-hari, karena saya biasa keluar jalan kaki aja.

Sampai hari ini, saya harus keluar pake motor. Setelah diengkol berkali-kali, itu aki gak ngisi juga. Parah bener tekornya.

Akhirnya, saya copot akinya, saya bawa ke bengkel untuk numpang charging. Dicoba, eh, ternyata udah rusak itu aki. Volt terus turun, sampai akhirnya ada indikator “bad”. Saya sih positive thinking aja, emang akinya rusak, bukan diakal-akalin bengkel.

harga-aki-gs-untuk-vixion

Akhirnya saya langsung tanya, jual aki gak di situ. Ya pasti jual sih saya udah tau.

Langsung diambilin merk GS. Saya tanya yang sama kaya yang rusak ada gak, Cicinya bilang GS lebih bagus. Oke dah.

Harga Aki GS Astra Buat Motor Vixion Berapa?

Aki motor gak terkhusus buat motor tertentu ya. Karena itu, gak ada yang namanya baterai aki vixion. Yang penting specs-nya sama, cukup. Tapi jangan percaya ama saya.

Setelah dicek kondisi baterai aki GS tsb, normal, saya tanya harganya berapa.

Ternyata cuma 200 ribu kurang dikit. Salah. Harganya 200 ribu kurang cuma dikit. Haha.

Rp 195.000,-

Saya gak pernah beli aki sebelumnya, jadi gak tau harga pasaran aki itu berapa. Denger2 sih, mulai dari 150 ribuan sampai 200 ribuan.

Langsung saya keluarin dompet, bayar, dan bawa pulang. Sempet mampir sih ke beberapa toko, beli alat listrik, beli buku, lalu nongkrong di warung kopi, siang hari, minum kopi, kopi es.

Pulangnya pesen bubur kacang ijo plus ketan dulu, dicampur, dibungkus, beuh, nikmat. Pas nulis ini masih ada sih burcangnya.

Langsung saya pasang itu aki GS baru di motor Vixion kesayangan, setelah sebelumnya ngurus kabel2 dan colokan2 yang gak ada hubungannya ama cerita aki.

Setelah dipasang, ternyata belum bisa langsung jalan starternya.

Saya engkol aja alias kick starter, langsung jalan brur.

Lalu pas udah idup mesinnya, saya pancing2 itu tombol starter dinamo. Jalan. Jalu saya matiin motor, jalanin lagi pake tombol starter dinamo, langsung idup.

Jadi, ya, starter dinamo saya mogok karena akinya emang soak. Ya maklum lah, 6 tahun brur. Lebih bahkan, hampir 7 tahun. Beuh, gak kerasa ya, jadi pengen cepet2 minang kakaknya.

Oke, itu cerita hari ini, ngeganti aki Yamaha Vixion, dari yang tadinya merk Yuasa (mantap!), ganti ke merk GS, katanya lebih bagus, tapi belum saya buktikan, dan kayaknya saya akan gagal membuktikan. Masa iya nunggu lebih dari 7 tahun dulu.

Semoga berguna informasi di atas, dan salam roda dua!

Terms: harga aki vixion, aki vixion, harga aki motor vixion, aki motor vixion yang bagus, harga aki kering vixion, aki yg bagus buat vixion, aki motor vixion, harga aki kering motor vixion, harga aki new vixion, harga accu vixion

1 COMMENT

LEAVE A REPLY