Pertama kali dapet HP Xiaomi, MIUI yang terinstall adalah MIUI 6, tapi udah available untuk update MIUI 7. Sebulan lebih dikit, ternyata dikasih update ke MIUI 8 juga ini HP. Masuk akal sih, secara ini HP termasuk seri flagship, mantan flagship.

Karena lagi ngirit kuota internet, elmuha cancel update MIUI 8. Eh, sehari kemudian, terlihat di folder download, ada file ZIP MIUI 8. Yaudah, terlanjur, saya update aja sekalian. Tapi ternyata ada proses download lagi, lalu saya putus koneksi internetnya, eh dia restart.

Ternyata berjalan proses updatenya.

Setelah selesai semua proses update ke MIUI 8, booting-nya jadi lama banget. Booting udah kaya nginstall OS aja… ya gak selama itu sih, tapi berkali-kali lipat dibanding booting sebelumnya. Saya cuekin.

miui-8-xiaomi-mi4

Masuk ke MIUI 8 pertama kali, agak terasa berat, nge-lag. Tapi setelah beberapa menit mondar-mandir di semua menu android-nya, ternyata MIUI 8 ini lebih cepat dibanding MIUI 7. Bukan itu saja, Management dan kebutuhan RAM juga lebih kecil. Dari 3 GB RAM, yang terpakai bisa cuma 1 GB saja. bandingkan dengan sebelum diupdate, bisa cuma sisa 0.5 GB bro. Setelah saya coba restart, ternyata booting masih lama, tapi setelah masuk UI, langsung ngebut gak pake nge-lag.

MIUI 8 ini berbasis OS Android versi Marshmallow.

Fitur yang berubah memang tidak banyak. Guest Mode, lucunya hilang. Tapi ada gantinya, Child Mode. Mirip sih, cuma lebih simpel. Ada bugs di sini, saat membuka kamera, meskipun galeri di-lock alias gak bisa dibuka di mode Child-mode, ternyata bisa dibuka dari fitur kamera. Sedangkan di guest-mode, hal ini gak bisa.

fitur-baru-miui-8

Fitur lainnya adalah perubahan desain notifikasi dan toggle status dan setting. Lebih enak aja gitu dipakenya. Ada dua pilihan, bisa digabung seperti UI Samsung gitu, bisa dipisah antara notif atau setting.

Terus apa lagi ya…

Oh iya, aplikasi kamera juga berubah banyak. Jujur sih lebih advance kelihatannya, tapi lebih enak yang dulu kalau menurut elmuha. Tapi no problem lah, lama-lama mungkin jadi biasa makenya.

Oh iya, ada lagi fitur keren bro. Ini bisa dijadiin guest mode beneran ini.

Namanya…

Second Space.

Ini fitur mulai ada di Android Lollipop kalau gak salah. Jadi, dalam satu HP, kita bisa bikin dua user. Kayak di laptop Windows gitu bro. Ini asik sih. Udah gue cobain, dan cukup simpel dan nyaman.

Data bener-bener terpisah antara first space ama second space, dan semua setting juga terpisah bro. Mantap lah.

Banyak sih perubahan lainnya, tapi tergolong minor update atau perubahan desain saja. Misalnya aplikasi notes yang lebih asik, browser MIUI yang lebih baik, dan aplikasi explore files yang juga berubah jadi lebih mudah dipakai. Oh iya, galeri dan fungsi-fungsinya termasuk fitur share, lebih baik dan lebih cepat diakses. Soal fitur, mungkin ada yang sebenarnya udah ada di MIUI 7 tapi elmuha belum tau. Overall sih, MIUI 8 lebih baik dibanding MIUI 7.

Dan terima kasih untuk Xiaomi, sudah menyediakan update untuk smartphone jadul mereka sekalipun. Yang jadul banget sih kayaknya gak tersedia ya.

Untuk kalian pengguna Xiaomi, segera cek deh, MIUI 8, worth to update!

Terms: guest mode pada miui 8, guest mode tidak muncul di miui 8, apakah miui 8 bisa digabung dengan android 7, guest mode hilang dimiui 8

LEAVE A REPLY