SMS Banking, itu teknologi jadul banget yang ternyata sangat bermanfaat dan memudahkan penggunanya. Sayang, dibandingkan yang mau pakai, lebih banyak yang gak mau repot daftar.

UPDATE: APAKAH M-BCA PAKAI PULSA?

Karena banyak pengunjung yang mencari info tsb, bisa saya katakan berdasarkan pengalaman, YES!!! Beberapa transaksi di M-BCA butuh pulsa karena di dalam prosesnya menggunakan SMS. Kalau misal pulsanya NOL, atau tidak cukup untuk melakukan pengiriman SMS, maka proses transaksi akan gagal, misalnya transaksi TRANSFER.

Untungnya, transaksi pembelian pulsa di M-BCA tidak menggunakan pulsa (pengalaman), asalkan ada koneksi internet (di kartu yang didaftarkan untuk M-BCA), jadi kalau sedang transaksi apa gitu, lalu gagal, coba cek pulsa, mungkin habis. Isi saja menggunakan fitur M-COMMERCE, lalu coba lagi transaksi yang gagal tadi.

………………..

Begitu juga Mobile Banking berbasis internet atau kalau di BCA disebut m-BCA. Daftarnya gak butuh waktu lama, dan kemudahan yang bisa kita dapatkan sangat banyak. Tapi, bahkan saya yang sangat melek teknologi, enggan mendaftar hingga bertahun-tahun lamanya.

Pernah gak sih atau bahkan sering, kita nyari ATM cuma untuk transfer uang ke temen atau online shop?

Saya sendiri, entah sudah berapa ratus kali begitu, ke ATM, jalan kaki, kadang naik motor, seringnya jalan kaki, bahkan malem-malem, pagi buta, cuma buat transfer.

Oh GOD!!! It’s 2016 dude!

It’s time for internet technology and practicality.

Nah, menimbang elmuha yang sudah sangat lelah untuk ke mesin ATM, akhirnya saya memutuskan untuk punya m-BCA atau Mobile Banking BCA. Kebetulan aja bank yang sekarang elmuha pake BCA. Mandiri juga punya, BRI punya, dll punya.

Cara Daftar Mobile Banking m-BCA

Jika kita tidak berencana untuk melakukan transfer atau melakukan transaksi melalui aplikasi m-BCA, maka bisa langsung daftar sendiri di mesin ATM. Cara daftarnya gampang banget, pokoknya gampang. Langsung dateng ke mesin ATM, kalau bisa yang gak antri ya, lalu telusuri saja fitur-fiturnya.

Elmuha however, gak melakukan itu. Karena saya sudah pernah daftar begitu untuk internet banking atau Klik BCA. Jadi gak perlu daftar m-BCA cuma untuk fitur yang sama.

Saya butuh fitur transfer dan transaksi lainnya di aplikasi m-BCA. Karena itulah…

Saya langsung mendatangi kantor BCA tempat saya daftar rekening dulu. Well… kata bunda CS yang cantik waktu itu, katanya kita bisa daftar di kantor BCA mana saja.

Tapi saya gak bisa, karena KTP saya waktu daftar buka rekening, dengan yang kemarin untuk daftar m-BCA, ada yang beda datanya, jadi harus benerin data dulu di kantor cabang tempat kita buka rek.

Saya mendatangi kantor BCA untuk 3 urusan, betulin sedikit data yang salah, ganti kartu karena kebetulan banget kartu saya tiba-tiba rusak karena ada yang terkelupas bagian itemnya itu, dan tentu saja, daftar m-BCA.

Ya, untuk daftar m-BCA agar bisa tranfer dan melakukan transaksi lainnya (beli pulsa, bayar PLN, dsb), harus mendatangi kantor BCA.

Manfaat Pake Layanan m-BCA

Setelah didaftarkan oleh mbak CS, saya download aplikasi BCA, lalu daftar sesuai instruksi. Percobaan pertama, GAGAL! Coba kedua, GAGAL juga. Dan yang ketiga, baru sukses.

Elmuha sudah sempat skeptis dan pesimis, khawatir kalau ternyata layanan m-BCA bakalan sering error begini. Ternyata enggak kawan. Cuma di awal doang error dan gagalnya.

Setelah berhasil melalui proses pendaftaran, saya coba untuk transfer uang ke rekening virtual BPJS. Gagal terus. Beuh, saya sempat kesal juga, “apa-apaan ini, jangan-jangan nomor dan rekening saya cuma didaftarin untuk m-BCA biasa tanpa fitur transfer, awas aja, gue bakal datengin lagi itu kantor buat ngamuk2”, gerutu saya.

Tapi saya coba sabarin diri. Saya coba untuk beli pulsa di m-Commerce. Eh, BISA. Di sini saya yakin, kalau m-BCA saya sudah komplit dengan fitur transfer dan transaksi.

mobile-banking-bca

Akhirnya saya ngalah, dateng ke mesin ATM untuk transfer manual. Ternyata gagal juga. Setelah saya pelajari ketentuan pendaftaran BPJS, waduh, ternyata emang belum aktif itu virtual rekeningnya. Nunggu 2 hari lagi waktu itu. Hahaha.

Besok paginya, iseng-iseng saya transfer ke orang buat bayar perpanjangan sewa domain. Berhasil sukses kawan!

Manfaat terbesar dari m-BCA dalam genggaman ini adalah untuk transfer, dan untuk beli pulsa. Emang sih, beli pulsa di BCA udah gak sesuai nominal alias ada biaya 1500 rupiah. Tapi gak apa-apa lah. Di counter, tambahannya 3000 rupiah, tetep lebih irit di m-BCA.

Fitur-fitur di m-BCA

Di aplikasi ini, fitur-fiturnya terbilang lengkap. Ada menu m-Info yang berisi info saldo atau mutasi, dan info lainnya. Lalu ada m-Transfer yang fungsinya cuma satu, untuk transfer duit, bisa ke rekening sesama BCA, bisa bank lain. Caranya dua kali proses ya kalau di m-BCA ini.

Sekilas cara transfer di m-BCA; Jadi yang pertama harus dilakukan adalah memasukkan nomor rekening tujuan di menu “Daftar Transfer”. Lalu setelah rekening tujuan masuk, pilih menu di “Transfer”. Jadi kita tinggal pilih menu dropdown untuk cari nomor dan nama yang dituju.

Fitur lainnya adalah m-Payment. Ada banyak pilihan di situ. Termasuk bayar telepon, asuransi, internet, pinjaman, dsb. Fitur lainnya adalah m-Commerce yang berisi layanan untuk beli voucher pulsa, PLN Prabayar, dll.

Fitur “Admin” tersedia layanan untuk merubah PIN, memblokir kartu ATM dan kredit (wah ini useful banget nih, tapi jangan sampe ngalamin sih), dan menghapus data rekening tujuan transfer yang sudah dimasukkan.

……………………….,

Dengan adanya m-BCA, saya bisa menghemat waktu dan tenaga untuk tidak datang ke mesin ATM. Bisa transfer secara cepat dan efisien, serta lebih boros belanja online mungkin. Oke, yang terakhir ini kekurangan menggunakan m-BCA ya. 🙁

Kenapa elmuha tidak menuliskan cara-cara detail daftar di mesin ATM dan di kantor BCA, karena nanti juga mbak/mas CS bakal jelasin, kita tinggal ngikutin aja. Di mesin ATM pun instruksinya terlalu jelas, come on, it’s 2016, jangan terlalu takut dengan teknologi.

Terms: apakah bca mobile harus pake pulsa, pakai m, apakah bca mobile pakai pulsa, cara menggunakan m-commerce m-bca, pengalaman beli pulsa melalui m-banking bca, m banking bca perlu waktu?, m banking memerlukan pulsa, m banking pakai pulsa, m banking transfer pake pulsa ya, m bca

1 COMMENT

LEAVE A REPLY