Saya pernah tidur di pinggir jalan, di motor, dengan posisi duduk, lalu kepala ditidurkan di tas yang ditaro di atas tangki motor.

Pernah gak sih kalian bangun pagi, terus masih ngantuk banget, tapi nambah tidur 5 menit, pas bangun, udah seger dan gak ngantuk?

Kira-kira begitulah, 5 menit tidur bisa sangat mempengaruhi otak dan otot kita.

Salah satu guru saya pernah mengajarkan soal tidur berkualitas. 15 menit tidur, setara dengan berjam-jam.

Nah, yang saya lakukan ketika tidur di pinggir jalan itu, adalah mengistirahatkan sejenak otak kita, otot kita, benar-benar tertidur, walaupun cuma sebentar. Percaya atau tidak, setelah itu saya gak ngantuk lagi, padahal cuma tertidur sekitar 5 menit bahkan kurang.

Tentu ada yang lebih aman..

Berhenti di pom bensin atau minimart, lalu posisikan tubuh lebih baik. Tapi gak harus juga.

Tadi malam, saya melakukan perjalanan pendek, ya short touring lah ya, 100Km. Tapi ngantuknya luar biasa. Akhirnya saya berhenti, padahal baru bentar, lalu minum kratingdaeng. Ternyata gak ampuh. Setelah beberapa menit jalan, saya ngantuk lagi.

Di jalan, saya berlebihan memaksakan diri, padahal udah ngantuk luar biasa.

Akhirnya saya berhenti di minimart lagi, duduk di kursi, dan saya tidurkan kepala saya di tas sebelah kiri saya. Cuma Bentar juga, paling 5 menitan.

Tapi di tidur yang sangat singkat tsb, saya bisa bermimpi. Pas bangun, saya sudah kembali segar. Bukan hanya mata, namun pikiran dan otot-otot tubuh saya.

Luar biasa memang fungsi tidur ini. Bahkan dengan posisi duduk sekalipun.

Kalau saya berdua misalnya, mungkin berhenti di musholla atau masjid akan lebih nyaman. Kalau sendiri lalu tiduran, takutnya malah tidur kelamaan. Sedangkan tas saya isinya banyak barang berharga. Gak tenang.

Banyak teman-teman kita yang sudah biasa melakukan touring menyarankan untuk berhenti istirahat setiap 2 jam perjalanan, atau sekitar setiap 80-100Km. Kalau gak ngantuk ya gak harus tidur, cukup istirahatkan badan kita agar segar kembali.

Tapi kalau ngantuk, kalau bisa, tidurlah walau sebentar. Kalau gak bisa tidur, minum minuman yang bikin gak ngantuk pun bisa. Masalah saya tadi malam adalah tubuh saya yang sudah sangat lelah bahkan sebelum melakukan perjalanan, dan efek obat yang bikin kantuk. Jadi minum kratingdaeng gak ampuh, meskipun biasanya sudah cukup bikin seger.

Terms: honda forza, ngantuk tidurlah, tidur touring motor, tidurlah sebelum ngantuk berhentilah sebelum ngantuk

LEAVE A REPLY