Tidak lama lagi, ya paling lama setengah tahun lah, All New CBR250R(R) akan meluncur, gak cuma dual headlamp, tapi juga dual cylinder bro. Tenaga pasti gak bakal terlalu jauh dari Yamaha R25, beda 1-2 HP lah paling… Liat aja produk-produk AHM sebelumnya.

Untuk melawan CBR250, tentu Yamaha dan Kawasaki bakal update itu Yamaha R25 dan Ninja 250 FI nya. Mungkin gak langsung all new, tapi cukup facelift dulu. Elmuha sih berharap banyak Yamaha Indonesia mau mengupdate major ke R25 karena cukup banyak yang perlu dirubah… Setidaknya kabel2 di dashboard, fairing samping, dan headlamp tentunya, mesti kena update. Ekor/ fender juga perlu sih, mungkin bisa adopsi R6 atau anaknya, R15.

Ninja 250 FI udah oke, tinggal update mesin dan headlamp mungkin… #eh, tapi update mesin gak segampang itu ding… haha.. Tau ah.

 

Kita balik ke judul aja… apa hubungannya Ninja 250 4 cylinder sama CBR250R(R) dan R25?

Saya kira gak ada! Harganya bakal beda jauh, segment beda dikit, dan mesin juga beda. Ngapain fokus ke Ninja 250 4 cylinder kalau gak bakal bisa dijadikan tameng untuk melawan rival baru yang dipastikan bakal mengobrak-abrik pasar 250 cc.

Kawasaki-Ninja-ZXR-250-4-Silinder
Ninja ZXR 250 – 4 cylinder vroh…

Kelas baru! Ini lebih masuk akal. Kelas begini cuma buat motorcycle enthusiast “edan”. Karena kalau ngincer tenaga, ada Ninja 650 yang harganya cuma beda dikit ama perkiraan harga Ninja 250 4 cylinder yang konon mulai 90 jutaan (itupun kalau jadi rilis). Ngincer kelas moge, selain Ninja 650 dan ER-6, juga ada pasukan dari Honda kelas 500 cc yang harganya mulai 130 jutaan.

Cuma penggila motor dan mereka yang punya passion lebih yang mau keluar duit banyak untuk isi kubikasi 250 cc namun harga hampir masuk kelas moge.

Sedihnya, elmuha kayaknya termasuk ke golongan “edan” ini. Kayaknya lebih asik punya Ninja 250 4 cylinder dibanding Ninja 650 atau CBR500R. Sensasi 4 cylinder dengan suara yang merdu plus galak karena putaran revolutions (rpm) yang jelas lebih tinggi dibanding motor dua cylinder.

Selama harga di bawah 100 juta, kayaknya masih cukup oke bagi sebagian pecinta motor. Tapi jelas, bakal banyak banget juga yang ragu.. Yang gak ragu kayaknya cuma para juragan kontrakan, juragan ruko, atau… juragan tanah abang. Yang ragu, rakyat jelata macam elmuha ini, antara pilih gengsi moge di atas 400 cc, atau passion di mesin 4 cylinder.

 

Kawasaki tentu punya analyst hebat yang bisa membaca minat masyarakat kita. Jadi, diluncurkan atau tidaknya Ninja 250 4 cylinder tetap bergantung pada seberapa besar kemungkinan minat orang-orang di seluruh dunia untuk beli ini motor. Kalau cuma dijadiin flagship, pajangan dealer dan buat keren-kerenan sih, bisa jadi bakal ngerusak “image” juga, ntar dikira gak laku kan gak asik juga bro..

Jadi, selama kita ngumpulin recehan rupiah, kita tunggu saja bagaimana persaingan motor kelas 250 cc. Setidaknya 1 tahun ke depan, elmuha yakin gak bakal nongol itu Ninja 250 4 cylinder. Walau katanya udah ada produknya, gak tau lah… elmuha mau ngumpulin duit dulu… biar ntar kalau Kawasaki memutuskan untuk melahirkan kembali ZX250, bisa ikutan inden, aamiin.. 😀

#sekedaropini

Terms: ding kawasaki ninja 250, harga ninja 250 4 cylinder, harga ninja 250cc 4 cylinder, jual kawasaki zxr 400, motor 400 cc / 500 cc 4 silinder, ninja 250 4 cylinder, ninja 250 4 silinder kapan rilis

LEAVE A REPLY