Katanya, ukuran touring itu perjalanan yang minimal jaraknya 400 km. Dengan jarak yang jauh, tentu motor yang nyaman akan lebih membuat kita tetap bugar meski menempuh perjalanan hingga ribuan kilometer.

Menurut saya ya; semua motor asalkan sehat dan sudah biasa kita bawa, kemungkinan akan nyaman. Tapi pengalaman elmuha, semakin nyaman karakter asli motor, rasanya memang beda. Misalnya, menggunakan motor umur 5 tahun dengan 1 tahun, pegalnya tetap beda.. Lucu juga sih. Pakai Vixion dibanding CBR, rasanya sangat beda.

Saya sudah terbiasa menggunakan motor sport (batangan) dalam 6 tahun terakhir. Saat harus menggunakan motor matic, perasaan saya tidak seperti sedang mengendarai motor beneran, lebih kaya motor mainan. Selain karena ukuran lebih kecil, juga karena kita tidak perlu narik kopling bahkan tanpa oper gear.

Itulah kenapa konsentrasi dan gaya mengendara ketika saya pakai motor matic jauh berbeda dibanding saat nunggang motor sport. Saya pernah harus mengendarai malam hari, menggunakan Honda Beat dari Malang ke Kediri dengan kondisi jalan yang naik turun berkelok. Jujur saya seperti orang ngantuk, sering keluar jalur saat di tikungan. Dan jelas, ini bahaya.

Itulah kenapa saya bilang di awal, motor apapun menurut saya akan cocok untuk touring asalkan kita mengerti seluk beluk karakter motor tsb dan sudah biasa kita gunakan.

Tapi kali ini kita akan bahas pilihan motor yang benar-benar nyaman untuk touring karena memang aslinya nyaman. Siapapun yang nunggang motor-motor ini akan memiliki perasaan yang pasti seragam.

So, jika Anda (dan saya) yang sedang mencari motor baru untuk perjalanan touring, mari kita ulas beberapa pilihannya.

Inilah Motor Touring Terbaik versi elmuha

*kita gak akan bahas motor touring harga ratusan juta seperti BMW GS, dsb.

1. Suzuki Hayabusa Inazuma 250

Wheelbase lebih panjang dari motor rivalnya membuat motor ini akan sangat stabil namun kurang lincah. Posisi mengendara paling tegak dibanding rival membuat punggung dan lengan kita akan lebih tahan lama sampai ketika saatnya harus istirahat. Tenaga pun ngisi terus berkat torsi besar di RPM yang relatif rendah, serta tenaga yang mencukupi berkat dual cylinder SOHC. Konsumsi BBM masih cukup oke lah walau sama sekali belum bisa disebut irit. Setidaknya lebih irit dari rivalnya.

Motor Touring Terbaik - Inazuma 250 b

Credit: MotoBikerz.com

Suspensi Inazuma juga sangat lembut, lebih lembut dari semua rival sekelasnya. Ini akan nyaman sekali untuk melewati jalan di Indonesia yang kebanyakan masih sering terdapat kerusakan jalan. Suspensi lembut juga akan amat sangat mempengaruhi seberapa cepat kita akan pegal.

Minus: Tampilan relatif kurang disukai oleh selera orang pada umumnya. Elmuha sih jujur suka desain yang menurut saya bisa long lasting. Tampilan yang kalem juga akan membuat warga yang kita singgahi tidak memandang sinis ke kita.

Update 2017: Inazuma 250 udah stop dijual di Indo btw. Semoga motor di bawah ini cepetan masuk Indonesia! Setuju?

Suzuki-V-Strom-250
V-Strom 250!

2. Honda CB500X

Ini harganya udah mencapai ratusan juta sih, tapi masih jauh lebih terjangkau dibanding motor adventure dari merk eropah… Jadi boleh lah ya kita masukkan. Tenaganya pasti lebih dari cukup. Tampilan keren pake banget dan kita lebih tenang berkat merk Honda-nya. Katanya, ngendarain motor ini bisa bikin ngantuk, sangking nyamannya.

Motor Touring Terbaik - CB500X

Credit: Monkeymotoblog.com and TMCblog.com

Elmuha gak tega untuk gak masukin motor ini ke list. Terlalu keren dan masih achievable.

Minus: belum nemu selain harganya yang sudah lebih dari 100 juta (walaupun itu worth it).

3. Yamaha MT-25

Mesinnya paling kencang dan bertenaga dibanding rival sekelas, tentu karena mesin yang digunakan sama dengan milik R25. Stang lebih tinggi membuat posisi berkendara jauh lebih tegak dibanding R25 meski belum menyamai Inazuma. Suspensi pun relatif empuk meski lagi-lagi belum seempuk Inazuma.

Motor Touring Terbaik - MT-25

Credit: The owner, thanks (I don’t know the source)

Jaringan service/bengkel resmi yang jauh lebih banyak adalah salah satu kelebihan kita memilih motor ini dibanding Inazuma. Harganya lebih murah dengan catatan tidak ada cashback untuk Inazuma dimana cukup sering diberikan oleh Suzuki.

Minus: Torsi maksimal didapat di RPM lebih tinggi dibanding Inazuma, tapi MT-25 ini lebih kencang dengan perbedaan yang signifikan. 7 banding 10 detik untuk 0-100 kpj. Soal desain saya kira relatif, elmuha jujur masih susah untuk menyukai headlamp-nya. Mudah-mudahan segera keluar facelift-nya.

Update 2017: Di India, FZ25 udah resmi meluncur. Kalau masuk Indo, ini motor lebih cucok buat touring dibanding MT-25. Torsi besar di rpm bawah, mesin adem karena kompresi lebih rendah, dan tentu saja desain body yang gagah. Motor ini bisa pengganti Yamaha Scorpio di Indo, setuju gak bro…

FZ25 or Scorpio

4. Honda Mega Pro

Katanya motor ini nyaman banget untuk perjalanan jauh. Melihat posisi berkendaranya sih elmuha percaya. Begitu juga karakter mesin yang halus. Soal tenaga, elmuha gak punya gambaran sama sekali. Yang jelas, untuk touring di jalan raya pasti tenaganya sudah cukup.

Motor Touring Terbaik - Mega Pro

Credit: Honda AHM (Mega pro modified)

Minus: Desainnya kurang menarik. Kesan elmuha melihat pengendara Mega Pro (dan Byson) itu kurang nyaman, terlihat tengil. Ini karena posisi mengendara yang tegak dan tangan yang melebar. Ini tentu relatif ya… Mungkin hanya perasaan saya saja 😀

Belum lama, elmuha nyobain ini motor, ternyata nafasnya pendek2 banget yak 😀 tapi mesin alus banget dan torsinya berasa nampol sih.

5. Honda CB150R/ Yamaha Vixion

Keduanya nyaman dan memiliki tenaga yang lebih dari cukup untuk touring di jalan normal. Posisi mengendara pun tergolong sangat nyaman gak bikin pegel.

Minus: Banyaknya populasi motor ini bisa jadi akan mempengaruhi kita untuk kebut-kebutan ketika ketemu rival. Gara-gara FBH dan FBY ini. Mengendarai motor CB dan Vixion harus mempersiapkan mental untuk tetap tenang dan cool.

Kalau berniat pasang box, perlu diperhatikan ukuran buritan yang relatif sempit terutama Vixion. Baik CB ataupun Vixion sama-sama kurang cocok untuk dipasangi side box. Kalau top box masih oke lah.

UPDATE 2017: Ini ada foto Vixion pake Sidebox dengan ukuran cukup besar, courtesy of 7Gear-Road.com. Keren juga euy… Tapi kurang ideal ya menurut saya.

Vixion sidebox

6. Kawasaki Estrella

Motor lawas seperti CB generasi jadul, sangat nyaman untuk touring. Tapi karena jadul, elmuha lebih condong pilih yang baru tapi jadul.

Motor Touring Terbaik - Estrella

Credit: Lexyleksono.com

Estrella karakternya santai, posisi mengendara juga nyaman maksimal. Dan itu dibungkus dengan desain motor yang retro dan ganteng abis. Tenaganya memang tidak meluap-luap alias kita harus narik gas perlahan untuk dapat performanya.  Namun overall, motor ini menyajikan tenaga yang sangat mencukupi, sudah dibuktikan oleh pemilik2 Estrella.

Minus: Harganya jelas mahal, 70 juta rupiah bro… Andai Honda, Yamaha, dan Suzuki mau ngeluarin motor classic ya… harga 40 jutaan gitu… :berharap:

Update 2017: Tahun lalu, Kawasaki merilis Versys-X 250, ada versi biasa, ada versi Tourer. Harganya mulai 62 sampai 73 juta rupiah. Cocok nih buat touring adventure.

Versys-X 250 motor touring adventure

7. Yamaha R25/ CBR250R/ Ninja 250

Ketiganya merupakan rival sejati. Untuk touring, CBR250R yang single cylinder punya sedikit kelebihan untuk karakter mesinnya, dan lebih murah juga.

Untuk kenyamanan maksimal, stang bisa gunakan jenis untuk touring dengan menambahkan riser. Banyak juga yang touring menggunakan Yamaha R25 tidak merubah apa-apa.

Motor Touring Terbaik - R25

Credit: Motorplus-online.com and the owner

Ketiga motor ini memiliki tenaga cukup dan ketiganya juga kencang. Kualitas berkendara ketiganya pasti sangat baik. Berkat fairing, kita bisa lebih mantap melibas jalan.

Meski posisi berkendara lebih nunduk dari motor tanpa fairing, pengendara akan cukup tahan lama untuk tidak pegal. Rahasianya adalah keasyikan mengendarai motor fairing.

Kelebihan menggunakan 3 motor ini untuk touring juga adalah kita tetap bisa “bergaya” selama touring. Masih ingat kan club R25 Bandung yang ke titik 0 KM kemarin, kayaknya gak ada yang pakai box tuh 😀

Minus: Ketiga motor ini tergolong kencang, jangan sampe membuat kita malah ngebut-ngebutan di jalan ya. Tetap calm and ride bro! kompresi mesin juga relatif tinggi dibanding motor CC kecil, jadi agak cepat panas bro kalau ketemu macet. Untungnya, kalo touring kita akan jarang nemu macet..

Moge Sport dan Sport Touring

Bagi yang banyak duit dan sudah naik kelas dari motor-motor kecil, tentu bisa pertimbangkan MOGE. Banyak sekali ya pilihannya seperti Ninja 650, ER-6, CB500R, CBR500R, CB1100, Yamaha MT series, Kawasaki W Series, dan beberapa pilihan lainnya.

Moge dengan mesin powerful akan menyediakan performa yang selalu siap kapanpun dibutuhkan. Ini akan nyaman untuk perjalanan touring, apalagi kalau harus melewati jalan yang menantang. Untuk touring adventure, selain CB500X, bisa juga pertimbangkan motor yang memang dirancang untuk adventure seperti Versys, Twin Africa, dan BMW GS (atau rival merk lain).

Minus: Harganya di atas 100 juta bahkan di atas 500 juta, mahal, tapi tenang bro, kita semua pasti bisa ke level moge, aamiinin aja dah!

Kenapa dari semua pilihan gak ada matic atau bebek?

Seperti dikatakan di awal, elmuha sudah terbiasa menggunakan motor sport, jadi bisa dibilang gak bisa balik ke bebek atau matic. Lagipula, touring membutuhkan kendaraan yang lebih stabil dan tangguh dimana matic dan bebek memiliki keterbatasan. Elmuha pakai bebek juga cukup lama, dari tahun 2002 hingga 2008, sehingga bisa membandingkan.

Pengecualian untuk matic premium yang ukurannya besar dan memiliki karakter yang sangat baik dan stabil seperti Honda PCX dan Yamaha nMax. Vario juga sudah oke sih. Beat dan Mio saya kira terlalu enteng ya, akan mudah oleng ketika ada angin besar. Tapi bagi yang udah biasa mah no problem kayaknya.

Honda Beat Touring

Credit: The owner, thanks bro!

Yamaha MX King juga bisa sangat dipertimbangkan berkat body dan kaki gambot.. Motor ini tentu lebih stabil dari bebek pada umumnya.

Terus kalau punya matic atau bebek gak boleh touring?

Tentu saja boleh. Kita sedang cari motor touring terbaik, tapi seperti elmuha katakan di awal, semua motor bisa untuk touring asalkan kita terbiasa dan motornya sehat luar dalam.

nMax touring matic
Salah satu motor touring matic terbaik ini, 11-12 ama PCX cuma beda harga. Suspensi belakang nmax tergolong keras, mungkin bisa pertimbangkan suspensi khusus nmax dari YSS harga mulai 2 jutaan. Kredit foto gue lupa, maap bangbro.

Kenapa gak ada Tiger, CB, Scorpio, dll… karena gak ada kondisi barunya. No doubt, Honda Tiger adalah salah satu motor touring terbaik. Alternatifnya ya Honda CB150R.

Bagaimanapun, tulisan di atas hanya pendapat elmuha saja. Anda boleh menambah atau mengurangi pilihan yang ada di atas. Yang jelas, keep calm and ride, respect each other 😉

Terms: motor touring, motor matic yang cocok untuk touring, motor touring murah, motor bebek tangguh buat touring, motor touring bebek, motor yang cocok untuk touring jarak jauh, motor matic yang nyaman untuk touring, motor untuk touring, motor adventure touring murah, motor yang enak buat touring

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY