Saat touring motor jarak jauh, tentu kita harus istirahat setiap beberapa jam sekali. Ideal bagi saya pribadi adalah setiap 2 jam, seringnya 1 jam juga berhenti sejenak kalau badan sudah lelah.

Bukan hanya karena lelah sih, jujur elmuha ini sungguh sangat menikmati saat berhenti di perjalanan. Baik itu saat touring motor, atau pun road trip naik mobil.

Sekedar minum atau ngemil sebentar, itu asyik banget. Kalau naik mobil, maka paling nikmat adalah bawa bekal makanan dari rumah, makan di tengah perjalanan. Jadi kalau mau berangkat naik mobil, asyiknya jangan sarapan dulu guys 😀 Dibawa aja bekalnya, makan setelah jalan beberapa Kilo, jangan jauh2, lapaar.

Lalu, berhenti di mana dong saat ingin istirahat atau bahkan tidur di perjalanan dalam agenda touring motor atau road trip mobil?

1. SPBU (hampir gratis)

Sambil mengisi BBM, atau sekedar mampir doang, boleh banget. Di SPBU, bisa numpang ke toilet, ke musholla, numpang makan, jajan (banyak warung), duduk doang, sampai numpang tidur di emperan dan musholla. Sepertinya SPBU adalah tempat istirahat paling sering dihinggapi karena bisa sambil ngisi BBM. SPBU yang pekarangannya luas tentu jadi favorit.

numpang istirahat di SPBU
Ada yang tau ini SPBU mana?? 😀 Ini jam 1an dini hari…

2. Masjid & Musholla (hampir gratis)

Ini favorit saya karena seringnya saya gak perlu isi BBM di tengah perjalanan jadi gak mampir di SPBU. BBM full tank 12 liter cukup untuk jarak 500 Km bahkan lebih. Jadi sebelum berangkat, biasanya saya isi dulu di SPBU terdekat.

Mampir di Masjid enaknya di jam-jam orang Sholat, dan tentu saja, kita juga bisa sambil Sholat dulu bagi yang Muslim. Maksud saya jam orang Sholat itu gak harus waktu awal saat Masjid ramai ya, tapi di rentang orang-orang akan Sholat, jadi gak bikin penjaga masjidnya ngeliyatin terus 😀

Untuk masjid2 kecil, enaknya mulai jam 11 siang, sampai jam 8 malam. Setelah itu, banyak Masjid yang ditutup. Sedangkan Masjid besar, bisa dibilang sih 24 jam bisa mampir, tapi jam pagi sampai dzuhur kurang enak ya. Kecuali kalau Anda mau numpang sholat Dhuha tentunya.

Numpang istirahat tidur di masjid
Ya, tidur di emperan begini udah nyaman sih bagi saya 😀

Di Masjid, elmuha biasa numpang sholat dan rehat sejenak. Sering juga numpang tiduran, hingga tidur beneran. Kalau sama keluarga, maka seringnya sambil makan juga.

3. Alun-alun (hampir gratis)

Ini numpang rehat saja. Kecuali kalau mau bikin camp di alun-alun kota 😀

Di Alun-alun, kita bisa santai rehat, jajan, dan makan bareng keluarga kalau bawa bekal, buka tikar, serasa tamasya pokoknya mah.

mampir di alun-alun

Gak enaknya alun-alun adalah jarang yang ada tempat duduknya, apalagi tempat duduk yang bisa numpang tiduran. Jadi mesti bawa alas sendiri. Banyak alun-alun itu ada di depan masjid agung, perfect combination.

4. Mini market (hampir gratis)

Nah ini favorit saya yang pertama karena sambil beli minuman dingin. Gak enaknya jarang yang ada tempat duduk, tapi misal gak ada tempat duduk pun saya sering duduk di pagar temboknya.. Atau ya mentok2 duduk di motor sambil menyegarkan mata kembali. Kalau lapar bisa langsung beli roti kesukaan juga.

Kadang kalau tempat duduknya enak, mini marketnya sepi, adem, beuh bisa lama juga rehat di tempat beginian. Sambil merenungi…. mantan.

5. Gubuk kosong atau toko yang sedang tutup (Gratis)

Ya, gubuk kosong yang jangan reot tapi, itu asyik men. Nikmatin semilir angin… Kadang sambil buka bekal makanan.. Maknyos banget lah..

Makan di gubuk
Makan sekeluarga di gubuk pinggir jalan… Ini sarapan pagi…

Ya mentok-mentok kalau gak ada gubuk, numpang di emperen toko orang aja lagh.. haha.. Biasa kalau ujan sering ni. Malam2, gelap2an di emperan orang.

6. Penginapan (Bayar banget)

Pilihannya ada kost harian, hostel, motel, hotel melati, hingga hotel kebanyakan bintang..

Mampir di hotel saat touring motor

Elmuha biasanya nginep di penginapan itu kalau ada acara aja besoknya.. Atau perlu recharge setelah lelah banget, misal dua hari di jalanan. Kalau niat ngegelandang, eman-eman rasanya nginap di hotel, mending di emperan Masjid atau di dalem musholla dah…

7. Pinggir jalan, tepi sawah (Gratis banget)

Ya, banyak juga yang touring bareng-bareng alias nge-group, berhenti aja gitu di pinggir jalan yang agak ademan.. Apalagi di tepi sawah gitu kan, nikmat angin sepoy2 braaay.

Berhenti di pinggir jalan tepi sawah

Saya yang ini paling jarang sih, cuma kalau ngantuk berat gak bisa ditahan, ya berhenti aja gitu gak peduli tempat, lalu menundukkan kepala ke tas di atas tangki motor. Terlelap 5 menit saja sudah lebih dari cukup untuk 2 jam perjalanan ke depan. Tidur kilat ini tujuannya reset otak dan otot. Jadi semua badan 100% istirahat, meski cuma sebentar.

8. Rumah Makan (Tergantung)

Yang bisa numpang tidur itu di rumah makan truk2 dan bis antar provinsi. Ya rumah makan biasa juga bisa mungkin, di musholla misalnya.

Tapi bagi yang bawa mobil, mungkin bisa numpang makan, lalu santai sebentar di dalam mobil sekedar ngelemesin otot..

9. Tempat wisata (Bayar & Gratis)

Ya, kadang saat perjalanan santai, ada tempat wisata bagus, kenapa gak coba mampir aja ya kan.. Sambil numpang tiduran dan menikmati keindahan alam… Jangan mampir ke tempat wisata selain alam, seringnya boro-boro bisa tidur.

mampir tempat wisata saat touring

Kalau mau numpang tidur malam, mungkin bisa mampir ke tempat wisata yang ada fasilitas camp ground-nya bro.

10. Rumah saudara atau teman (Hampir gratis)

Asal sendirian, atau maksimal berdua, bisa dah mampir ke saudara atau teman. Kalau banyakan sih kasian tuan rumah bakal repot kali ya. Di rumah kerabat ini tentunya bisa ngapain aja, hampir berasa rumah sendiri malah seringnya.

11. Camp ground (Bayar & Gratis)

Touring jauh tapi santai misalnya, bisa mampir di camping ground. Setiap kabupaten punya camping ground sebenernya, tapi cuma daerah pegunungan yang camp ground-nya asik.

12. Rest area jalan toll (Hampir gratis)

Ya, pilihan paling standar dan satu-satunya di jalan toll. Masuk sini itu gak harus keluar duit gede sebenernya. Saya ama keluarga pernah makan bareng, gelar tikar, di parkiran rest-area. Tapi lagi gak terlalu ramai kondisinya, masih pagi abis shubuhan.

13. Kantor Polisi (Gratis, asal kelengkapan berkendara lengkap bro)

Mentok-mentok gak ada tempat buat numpang rehat, mampir aja bro di kantor polisi. Bisa tiduran di bangku seenggak-enggaknya, atau di musholla kantor. Asal jangan di ruang tahanan aja ya, soalnya pasti udah rame, ntar gak bisa tidur kita 😀

Maaf foto2nya gak semua tempat, belum sempet ngubek2 arsip hard disk nih.. Yang jelas, elmuha belum punya foto waktu mampir ke kantor Polisi bro… Belum pernah nyobain 😀

Ternyata banyak kenangan mampir yang gak didokumentasiin.. Bisa gitu ya.. Padahal saya selalu rutin cekrak-cekrek walau gak pernah diupload, soalnya suatu saat kadang dibutuhin.

Oke…

Itu dia tempat-tempat istirahat di perjalan yang sangat mungkin diampirin.. Mungkin sobat punya tempat enak lainnya, share di komentar ya. Tentu bakal berguna banget bagi yang sering berada di jalanan.

Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah barang bawaan kita. Apalagi kalau bawa motor kan biasanya pasti bawa tas, nah itu jangan sampai lepas dari kita. Ke toilet pun ya dibawa. Saat tidur usahakan tetap terikat ama kita, mantan biarkan lepas tapi barang bawaan gak boleh lepas braaay. Kecuali kalau pasti rela andaikan hilang, ya itu cuekin aja gpp, kalau perlu dikasiin langsung aja ke orang yang membutuhkan. Alright, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY