Elmuha waktu itu lagi males banget pergi ke dealer/ bengkel resmi Yamaha. Sedangkan waktu itu sudah ada rencana mau keluar daerah dengan jarak sekitar 400KM PP. Rantai sudah sangat kendor, dikencangkan pun tidak akan terlalu ngaruh, akhirnya coba ke bengkel dekat saja deh buat ganti gear set.

Di bengkel non resmi, sebenarnya mereka punya gear set original juga, tapi kok saya seakan pengen nyoba gear set yang bukan ori, penasaran seberapa bagus, seberapa kuat. Mungkin keuangan lagi nyuruh ngirit juga kali ya. Secara harga gear set non ori bisa setengah dari yang ori.

So, ketika ditanya oleh abang bengkel mau pake yang asli apa engga, saya jawab, yang non ori saja deh. Pilihannya ada Indoparts.

Harga Gear Set Indoparts Old Vixion

Setau saya sih, gear set Indoparts ini bisa dipake di beberapa jenis motor ya. Kalau kepanjangan bisa dipotong juga, dilepas mata rantainya sih yang bener bukan dipotong, haha.

Nah, saya anggap ini gear set yang cocok untuk old Vixion, harganya ternyata cuma Rp 170 ribu saja. Sudah dengan jasa pasang tentunya, sangat murah kalau kita bandingkan dengan yang ori.

Setelah selesai dipasang, dan dibayar langsung juga, saya bawa muter agak jauh dulu. Oh iya, ketika memasukkan gigi dari netral ke gear 1, pun terasa halus sekali, gak ada itu bunyi ceklak.. Kemungkinan ya karena area gear sudah bersih.

Dibawa muter, yup, nyaman… gak ada keluhan sama sekali, mantap lah.

Perjalanan 400KM Dalam 24 Jam

Saya berangkat jam 2 pagi, dan pulang nyampe tempat semula, jam 2.30 pagi. Jadi lebih sedikit dari 24 jam saya berada di luar dengan sang motor. Nekad banget memang, jangan ditiru ya!

Di perjalanan, ketika berangkat, tentu motor sangat enak dibawa dan berakselerasi. Tarikan mantap karena masih baru gear set-nya. Ketika pulang, perasaan sudah agak beda ya tarikannya. Agak sedikit lebih lemot mungkin bahasa gampangnya.

Ketika baru sampai, saya langsung bersih-bersih dan tidur.

Esoknya, ketika motor saya bawa keluar nyari makanan, yup… Rantai motor sudah agak berisik.

Saya gak bilang rantai dan gear Indoparts jelek ya, sama sekali tidak. Tapi, ukurannya seperti itu. Jarak 400 KM ternyata sudah sangat berpengaruh ke rantai, berasa sudah harus dikencangkan sedikit. Rantai pastinya masih basah ya, jadi berisiknya memang karena sudah agak longgar. Kalau karena kotor, saya kira tidak ya, karena gak begitu kotor meski sempat kena hujan kecil.

UPDATE 20 Sept 2016: Sampai saat ini, sejak baru ganti gear IndoParts waktu itu, belum saya kencangkan sama sekali rantainya. Perasaan saya sudah tidak berisik, dan tarikan pun cukup mantap. Ini entah karena perasaan saya saja, atau mungkin karena waktu awal pemakaian memang rantai dan gear masih menyesuaikan. So overall… RECOMMENDED!

rantai-gear-indoparts

Sorry lg kotor 😀

Kalau dibandingkan yang ori, saya baru ganti gear set sekali BTW sejak beli motor di tahun 2010, jadi satu gear set ori saya gunakan per 3 tahun, sangat awet. Dan di awal pun gear set tidak mudah berisik.

Jadi untuk Anda yang berniat ganti gear set untuk Vixion, atau motor Yamaha lainnya, sebaiknya pertimbangkan hal tersebut. Kalau saya memandang jauh ke depan, tentu saya akan pakai yang ori saja. 2x lipat harganya gpp. Tapi ketika saya berniat menggunakan gear set non ori, saya sudah niatkan tidak untuk waktu lama. 1 tahun saja sudah sesuai dengan harapan saya. Mungkin karena saya pingin nambah motor baru, huahaha.

Itu Yamaha, kalau Honda, gak tau dah, gak ada pengalaman. Bukan nge-BC yah, tapi saya terlalu sering ngelihat motor sport Honda kok rantainya berisik-berisik ya, apa memang seperti itu atau gimana…

Yang penting, perawatan itu mempengaruhi segalanya, kata abang bengkel sih. Kalo kata gue mah, justru karena saya malas merawat makanya nyari parts yang tangguh dan awet, hehe.

Oke deh… Setidaknya dalam artikel ini Anda bisa tau berapa harga gear set Indoparts untuk motor Vixion saya. Selebihnya bonus aja.

Terms: harga gear set vixion indopart, harga gear set byson indopart, harga rantai vixion indopart, harga gear set cb150r indopart, harga rantai motor indopart, gear set vixion yang bagus, kualitas indopart, harga rantai indopart, indopart, harga gear vixion indopart

LEAVE A REPLY