Jika Anda mau terlihat sama di jalan bersama jutaan orang lainnya, maka belilah motor Honda BeAT.

Dari hampir 6 juta motor (tepatnya 5.886.103 unit) yang terjual di Indonesia selama 2017, sepertiganya, atau tepatnya 33,28% adalah motor Honda BeAT. Sekali lagi saya tegaskan, S.E.P.E.R.T.I.G.A.

Jadi tolong bagi Anda, jangan buat kondisi permotoran di Indonesia ini menjadi lebih membosankan karena di mana-mana ada Honda BeAT, oke? Bisa? 😀

Setidaknya masih mending saya lihat Honda Revo, daripada lihat, lagi-lagi BeAT. Kidding ah…

Satu hal yang bisa kita ambil hikmah, adalah bahwa image BeAT memang sudah warbyasah di Indonesia, dan juga sudah mulai merambah dunia lain, bukan uka-uka, tapi dunia luar Indonesia, mengikuti jejak NMax gitu…

Mari kita pelototin dulu tabel motor apa saja yang paling banyak terjual atau dibeli oleh masyarakat Indonesia Raya Tercinta Banged.

Daftar Motor Terlaris di Indonesia, Update 2018!

NUMERO MERK MONGTORZ-NYA DIJUAL SEBANYAK
1 Honda BeAT Series 1.959.263 unit
2 Honda Vario Series 1.200.287 unit
3 Honda Scoopy 612.197 unit
4 Yamaha Mio M3 312.109 unit
5 Yamaha Nmax 282.097 unit
6 Honda Revo 152.479 unit
7 Yamaha Aerox 155 150.582 unit
8 Yamaha Fino 143.127 unit
9 Honda Supra X 125 128.432 unit
10 Yamaha V-Ixion 109.813 unit

Source: Data AISI. Detik.

Ya, motor paling pasaran kedua setelah BeAT, adalah Vario series.

Jujur saja, kadang saya lebih enak lihat BeAT daripada Vario, jadi di sini saya bisa agak bersyukur bahwa BeAT lebih laris. Akan lebih bersyukur lagi kalau Scoopy bisa mengalahkan BeAT dan Vario. Secara, Honda Scoopy itu unyu banget ya kan.. Baca juga; Pilih beli Honda BeAT atau Scoopy?

Dalam persaingan roda dua Tanah Air, Yamaha bisa menempatkan satu seri motornya di urutan keempat dengan the legend Yamaha Mio. Penjualan Mio M3 hanya seper-enam saja dari Honda BeAT. Bahkan mengalahkan Scoopy yang termasuk motor matic agak mahal, juga belum bisa, terutama di 2017. Karena memang Scoopy ini naik drastis penjualannya di 2016 dan 2017 lalu. Sebelumnya, tentu Mio lebih laris dari Scoopy.

Fenomena skutik besar terjangkau di Indonesia, dimulai oleh NMax, dan bisa kita katakan, sukses. Terjual dengan jumlah yang mendekati jumlah penjualan Mio M3. Sungguh, orang-orang Indonesia udah makmur2, aamiin. AHM gak mau diam, yang akhirnya melokalkan PCX, dari harga 40 jutaan, jadi 27 jutaan, lihat kelebihan Honda PCX Terbaru di sini.

Yamaha NMax memang mantap, dan di akhir 2017 lalu, NMax mengalami peningkatan terutama yang paling major adalah pada suspensinya. Baca Alasan untuk membeli Yamaha NMax di sini. Peningkatan sektor kaki-kaki, sedikit menutup kekurangan NMax yang terasa terlalu keras di jalan jelek. Di jalan aspal rata sih sebenernya no problem dari dulu juga.

Lalu, di posisi keenam ada Honda Revo. Motor ini adalah pejuang tangguh untuk pekerjaan yang lebih berat. Di desa2, juga di kota2, motor ini siap sedia diajak kerja keras. Suspensi ganda di belakang tentu menjdi kelebihan karena lebih kuat menanggung beban hidup yang semakin berat ini, hiks 🙁

Posisi 7 dan 8 ditempati lagi oleh pejuang matic Yamaha. Aerox 155 yang tak bisa dibilang murah, ternyata lebih laku sedikit dari Yamaha Fino. Aerox memang muantap.. Kekurangannya cuma apa ya… uhmm…. mungkin kapasitas tangki biasa saja menimbang ukuran body yang gambot. Tapi kekurangan itu tertutup oleh keindahan Aerox, dan jangan abaikan performa mesin, serta handling yang superb. Bagasi juga gede. This is the real sport matic yooo….

Posisi 9 ada the legend, dan elmuha pernah punya loh, tapi generasi pertama dulu. The Supra X 125. Masih terjual di atas 100 ribu unit pertahun. Artinya, motor bebek masih sangat diminati. Paman saya make ini motor, beliau pejuang keras juga, sama kaya motornya, dagangan buka warung grosir yang alhamdulillah sudah sangat laris. Andalan motornya, Supra X yooo..

Posisi terakhir dari 10 besar motor terlaris abad ini, juga the legend, Yamaha Vixion. Jujur saya agak terkejut, karena tidak mengira ada motor sport yang masuk daftar 10 besar. Ternyata ada. Vixion nampaknya masih menjadi motor sport paling favorit di Indonesia. Pesaingnya; CB150R juga sangat baik penjualannya, amat sangat baik. Lalu ada juga GSX-S150 yang sebenernya unggul di banyak aspek dari 2 rivalnya, terutama harga dan mesin.

Anyway… itu dia 10 motor paling banyak berkeliaran di Indonesia dalam kondisi baru di Indonesia selama 2017. Di tahun 2018, saya berharap ada perubahan cerita, mungkin matic entry level Suzuki yang bisa menggebrak pasar seperti kehadiran GSX-150? Atau, entahlah, akan ada beberapa motor baru yang muncul tahun ini tentunya.

Dari 10 motor terlaris di atas, 5 adalah motor dari merk Honda, dan 5 lainnya dari merk Yamaha. Namun secara penjualan, memang Honda AHM menguasai berkat BeAT yang laris bak kacang goreng, serta Vario series yang juga berhasil terjual melebihi 1 juta unit. By-the-way, motor Anda yang mana nih???

Terms: motor sport yg jngan di beli, Honda 150cc yang paling banyak dibeli

LEAVE A REPLY