Honda PCX 2018 baru saja dirilis oleh Honda AHM, dan ini bukan lagi versi CBU melainkan buatan Lokal Indonesia Raya Tercinta Banget!

Sekilas desainnya melompat jadi lebih cantik, modern, dan futuristik. Garis lembut warisan PCX lama masih ada, masih cakep dan bisa merayu Anda agar segera meminang motor ini di dealer motor Honda kesayangan.

Eits… tapi tunggu… Gak sah kalau gak intip dulu kelebihan dan keunggulan apa saja yang dimiliki Honda PCX terbaru model 2018 ini. Karena kalau sudah tau kelebihan dan keunggulan Honda PCX 2018, Anda mungkin akan lebih yakin untuk benar-benar inden ini motor.

Di bawah ini akan kami sampaikan kelebihan dan kekurangan Honda PCX 2018 dibandingkan dengan Honda PCX lama versi CBU, serta sekaligus kami bandingkan juga dengan Yamaha NMax yang kini merajai di kelas motor matic besar.

Kelebihan & Keunggulan All New Honda PCX150 2018

Kelebihan Honda PCX 150 2018 Terbaru
Credit; Astra-Honda

1. Rem cakram depan belakang dengan CBS atau ABS

Untuk versi CBS (Combined Brake System), tersedia 3 kaliper piston di rem depan. Satu dari 3 tsb bekerja dengan sistem CBS, berkombinasi dengan rem belakang sehingga pengereman menjadi lebih maksimal. Fitur ini sudah ada di PCX lama namun PCX lama masih menggunakan rem belakang tromol. Sedangkan versi ABS yang kabarnya akan dibanderol 32 jutaan, tentu punya fitur Anti Lock Braking System yang mencegah ban terkunci saat panic braking.

Mau tau? Simulasi harga cicilan kredit Honda PCX terbaru 2018

2. Ban depan dan belakang lebih lebar, lebih stabil

Honda PCX terbaru kelebihan

Kini menggunakan ukuran lebar 100 dan 120 untuk depan dan belakang, naik dari sebelumnya 90 dan 100 di PCX CBU. Ban lebar bisa memberikan handling lebih stabil, saat menikung juga lebih asik karena area cengkaraman ban lebih luas.

3. Smart key system dengan fitur Keyless, Alarm, dan Answer Back

Satu kunci pintar untuk fitur andalan motor matic Honda kelas atas. Mulai dari keyless atau tak perlu menggunakan kunci yang dimasukkan ke lobang kunci, lalu kontrol alarm, dan kontrol answer back system yang berguna saat harus mencari motor kita di parkiran yang sangat ramai.

Keunggulan Honda PCX 150 2018 Terbaru
Credit: ig WeLoveHonda_id

4. Power outlet 12 volt untuk sumber daya listrik dan charging

Ini sepertinya sudah menjadi fitur wajib apalagi di kelas matic besar seperti PCX 2018 ini. Jadi misal kalau Anda ingin ngojek di GoJek atau Grab pakai ini PCX, bisa gampang ngecharge smartphone sambil berkendara, hehe.. Kidding ah. Pokoknya sih fitur ini memudahkan banget, misalnya nyolokin GPS saat touring, atau yang simpel, charging gadget favorit kita saat jauh dari sumber listrik.

Socket power outlet charger Honda PCX terbaru 2018
Power outlet dengan tutup cover. Credit; TMCBlog

5. Lampu Hazard, berguna di kondisi darurat

Ini fitur motor gede, mulai ada di motor kecil itu di Vixion ya… Fitur hazard ini berguna saat kondisi darurat saja, misalnya ban motor bocor, atau mesin tiba-tiba mati, atau ada kecelakaan di depan kita, dsb. Lampu hazard ini BUKAN digunakan saat touring atau saat hujan, nanti malah bikin bingung pengendara lain.

Kelemahan Honda PCX 2018

6. ACG starter bikin senyap saat ngidupin motor

Ini menurut elmuha teknologi yang asyik banget karena seperti kita tau, starter motor matic itu suaranya keras. Dengan ACG, jadi lembut banget bahkan tanpa suara starter langsung hidup itu motor. Dan ACG ini berguna untuk fitur lain yakni ISS.

7. Idling Stop System (ISS) untuk menghemat BBM

Ya, bagi pengendara dalam kota, maka fitur ini bisa menjadi andalan untuk ngirit BBM. Efeknya memang tidak terlalu wow banget, tapi bolehlah untuk andil dalam pelestarian bumi ini ya kan…. Fitur ini akan mematikan motor jika berhenti 3 detik, dan hanya perlu pelintir gas untuk menghidupkan mesin. Fitur ISS ini sudah ada di produk2 andalan motor Honda jenis matic, termasuk di PCX lama.

Kelebihan Honda PCX 2018 Terbaru

8. Kapasitas Tank bensin lebih besar menjadi 8 liter dari sebelumnya 5,9 liter

8 liter, seboros-borosnya konsumsi BBM PCX 2018 masih bisa mengantarkan kita sejauh 300/320 Km tanpa isi BBM. Kalau bisa bawa lebih irit, bisa mencapai 360 Km, bahkan 400 Km dalam sekali isi BBM full tank. Isinya Pertamax ya harusnya, motor cakep, kasian kalau dikasih minum Premium atau Pertalite 😀

Oh iya, membuka tutup tank bensinnya juga bisa langsung dari kunci kontak. Modern banget, tinggal pencet aja gitu.

9. LED Headlight dan LED Tail light, lebih irit daya, lebih terang

Motor zaman now memang harus LED, walaupun elmuha pribadi gak suka LED. Stoplamp motor saya yang pakai bulb saja saya skotletin biar gak terlalu terang dan bikin silau 😀 Lalu sampai saat ini, elmuha pun masih silau kalau berhadapan dengan motor ber-headlamp LED, terutama di jalan desa yang sempit. Tapi LED ini tetap saja, fitur modern yang menjadi kelebihan Honda PCX terbaru.

Kekurangan Honda PCX 2018

10. Panel meter full digital, info lengkap yang memudahkan

Honda memang ahli ngedesain panel meter. PCX 2018 ini bukan pengecualian karena tampilannya cakep dan modern. Fitur di dalamnya juga lengkap, memberikan berbagai info yang dibutuhkan si pengendara.

Honda PCX dashboard Indonesia

11. Dua posisi mengendara; biasa dan santai selonjoran

Ya, fasilitas yang sudah seharusnya ada di maxi skuter. Kaki kita bisa dalam posisi biasa, atau bisa diselonjorkan ke depan dengan riding style nyantai macam di pantaiiii. Sepengalaman elmuha, meski kaki selonjor, tapi mengendarai motor tetap bisa stabil.

12. Bagasi besar, muat satu helm fullface dan masih tersisa ruang untuk barang lainnya

Berapa liternya elmuha belum tau, tapi konon muat satu helm fullface dan masih tersisa cukup luas untuk barang lainnya. Mantap ini, dan memang sudah seharusnya begitu di motor matic besar. Jadi kalau touring, tanpa bawa box pun PCX ini sudah bisa mengakomodir bawaan kita, misalnya jaket hujan, dan pakaian ganti.

Bagasi Honda PCX 2018
Credit; TMCBlog

Seperti tutup tank, membuka kursi untuk akses bagasi juga mudah banget karena kuncinya terintegrasi di kunci kontak depan yang sudah smart, cerdas. Jok/ seat juga dilengkapi stopper untuk menahan jok saat kita mengakses bagasi.

13. Detail pernik desain yang rapih dan menarik.

Misalnya foot step pembonceng yang langsung menyatu dengan body saat dilipat. Lalu jahitan pada jok. Spakbor kolong. Serta detail-detail lain yang tampak sepele namun fungsional dan rapih sekali. Saya suka.

Desain kreatif Honda PCX 2018
Foot step boncenger. Credit; TMCBlog

Oke, itu dia 13 kelebihan Honda PCX terbaru model 2018 versi elmuha. Biar adil, kita gak cuma bahas keunggulan doang dong ya, mari kita bahas juga apa saja kelemahan dan kekurangan Honda PCX 2018 model terbaru versi lokal ini.

Kekurangan & Kelemahan Honda PCX Terbaru model 2018 Versi Lokal

1. Mesin dengan teknologi biasa turunan dari Vario 150 dan PCX Lama

Kita belum tau tenaganya, yang jelas sih, Vario 150 itu bertenaga, tapi tarikan atasnya biasa saja. Memang cocok untuk motor jenis PCX 2018 ini. Namun akan kurang greget bagi yang suka ngebut di RPM tinggi, mungkin NMax unggul di sektor ini.

Desain knalpot Honda PCX 2018
Credit: Astra-Honda

2. Desain dan ukuran knalpot kurang ideal dibanding body motor keseluruhan

Entah kenapa, desain knalpot motor-motor zaman now itu sedikit sekali yang bagus. Dan Honda bukan ahlinya di sektor desain knalpot menurut saya. Kawasaki boleh lah dibilang paling pinter… Atau seperti Yamaha XMax juga cakep tuh. Tapi soal desain ini relatif, pasti banyak yang suka, banyak juga yang enggak 🙂

3. Desain stang yang biasa tanpa cover. Mirip seperti motor sport non-fairing

Stang Honda PCX 150 2018
Credit: TMCBlog

Ini ada kelebihannya yakni gampang dimodif, atau murah kalau harus ganti stang baru misal yang lama bengkok karena jatuh. Tapi desain motor jadi kurang menyatu dengan tema modern. Stang NMax lebih cakep sepertinya. Sekali lagi ini relatif.

4. Desain keseluruhan motor yang segmented

Beberapa orang mungkin akan menganggap terlalu manis. Lekukannya terlalu lembut menurut saya, memang cantik banget, tapi jadi kurang terlihat macho. Jadi lebih cocok mungkin untuk pengendara wanita, eits, bukan berarti cowok gak pantes loh ya, cuma kurang cocok aja, NMax atau XMax mungkin lebih klop buat sang Pria..

Desain Honda PCX 150 terbaru
Lampu ini, saya kurang suka. Credit: TMCBlog

Ya, dari kelebihan dan kekurangan motor Honda PCX terbaru model 2018 di atas, bisa kita simpulkan bahwa Honda PCX 2018 ini benar-benar unggul di sektor kelengkapan fitur. Sedangkan kelemahan yang paling signifikan dibanding rivalnya adalah soal desain saja. Dan soal desain, ini pasti relatif, selera satu orang tidak harus sama dengan yang lain.

Oke, demikian ulasan fitur dan spesifikasi unggulan dari Honda PCX terbaru, jika Anda berminat, setahu saya motor ini sudah bisa di-inden di beberapa dealer motor Honda, sedangkan pengiriman unit, sepertinya dimulai tahun depan di bulan Januari 2018. Semoga membantu 😉

Terms: kelebihan pcx 2018, kelebihan honda pcx, keunggulan honda pcx 2018, klemahn honda pcx lokal 2018, kelemahan pcx, kelemahan pcx 150, pcx 2018 bahan bakar irit 1 liter berapa km, kenapa harga pcx baru lebih murah, keunggulan all new honda pcx, keunggulan dan kekurangan honda pcx 150

1 COMMENT

LEAVE A REPLY