Mau hidup lebih baik, simak beberapa nasihat yang elmuha kumpulkan hari ini, ya lebih tepatnya sih hasil saya baca banyak artikel beberapa menit saja, max 1 jam mungkin.

Sedikit intermezzo, ternyata kata baku untuk Nasehat itu Nasihat, saya baru tau. Gak juga sih, mungkin dulu tau terus lupa..

Oke, inilah nasihat untuk hidup lebih baik, hanya sebagian kecil saja ya… Karena nasihat bermanfaat di bumi ini tak terhitung jumlahnya, ribuan bahkan mungkin jutaan nasihat…

1. Nasihat pertama; MOTION CREATES MOTIVATION!

Ketika kita hanya berpikir soal motivasi untuk melakukan suatu hal misalnya, kita sebenarna membuang energi loh. Jadi, untuk menciptakan energi dan motivasi, JUST DO IT! Lakukan saja apa yang ingin dilakukan, tak peduli sekecil apa, sesingkat apa waktu yang diinginkan, seburuk apa yang dihasilkan, pokoknya, lakuin dulu, ntar juga pasti datang itu motivasinya.

2. Tingkatkan kemampuan diri setiap harinya. Pendidikan atau wawasan, serta kemampuan practical kita, mesti kita kembangkan setiap hari. Tak masalah jika kita hanya bisa meningkatkan skill kita sebesar 1% saja, kalau dihitung selama 1 tahun, berapa % peningkatan yang diraih?!

3. TAKE CARE of your BODY!

Jaga tubuh kita, lakukan olahraga meskipun dalam waktu singkat, asalkan regularly alias rutin. Makan makanan yang sehat, tak banyak bahan pengawet, bahan pewarna, lebih baik lagi kalau kita memakan masakan yang kita buat di rumah.

4. Berhenti mengejar WANITA!

Untuk para pria nih, stop chasing girls bro! Lebih baik fokus pada passion, dan mungkin; uang. Kalau punya uang mah, wanita akan lebih mudah takluk. Percayalah :d

5. FIND HAPPINESS from little things in life.

Kebahagiaan itu gak selalu dalam bentuk besar, misalnya menikah, atau graduation. Bukan pula melulu soal dapat uang besar milyaran rupiah. No..

cara bahagia

Bahagia itu kita ragkai dari hal-hal kecil yang terjadi pada kita setiap harinya. Jika kita mengabaikan itu semua, maka hidup kita bakal lebih susah untuk bahagia. Jadi, enjoy everything..

6. ALWAYS HOPE, Lower the EXPECTATION.

Harapan dan keinginan itu sesuatu yang berbeda meski terkadang hanya dipisahkan oleh benang tipis. Harapan membuat kita semangat menjalani kehidupan, sedangkan keinginan, justru bisa merusak keindahan hidup. Keinginan juga adalah sumber kekecewaan, dan penderitaan hidup. Jadi, berhentilah menginginkan sesuatu, atau paling tidak, kurangi! Serendah-rendahnya.

Memiliki ambisi juga berbeda dengan keinginan, ambisi adalah sebuah keinginan membara untuk mencapai sesuatu namun tetap bergantung pada berbagai faktor internal dan eksternal, dia menginginkan sesuatu namun fleksibel dalam meraihnya. Paham gak? Susah ya jelasinnya kalau diri sendiri masih sering bingung 😀

7. Disukai atau Dihormati?

Pilih salah satunya, walaupun ketika kau dihormati, kemungkinan engkau juga akan disukai, namun kebanyakan, tidak sebaliknya.

Untuk bisa dihormati, kita mesti berpegang teguh pada prinsip kita, jadi diri kita, tentu diri kita yang sebaik-baiknya, dan jadilah Authentic. Kita akan menarik orang-orang yang berada di sisi kita. Tentu sebagian lain tidak akan menyukai kita, namun ada sekelompok mereka yang benar-benar mendukung kita.

8. There are no EXPENSIVE THINGS on TV ads

Lamborghini, atau Ferrari, tidak pernah mengiklankan produk mereka di iklan TV. Apalagi Bugati! Tau kenapa?

Karena orang yang mampu beli produk mereka, gak suka nonton TV. Orang sukses kebanyakan gak suka nonton TV. Elmuha juga gak punya TV, meskipun suka juga kalau lagi nonton acara terutama yang topiknya traveling, autos, rumah, dsb. Tapi saya berusaha untuk menghindari diri dari TV. It’s destructive.

9. Bukan soal membuat KEPUTUSAN yang BENAR. Tapi, Membuat KEPUTUSAN kita BENAR!

Ini super sekali menurut saya. Ada satu nasihat lama yang melegenda; orang besar biasanya membuat keputusan secara cepat namun merubah keputusan dengan sangat lambat. Artinya, saat kita sudah membuat sebuah keputusan, maka jangan rubah sampai semuanya benar-benar jelas.

Cocok dengan nasihat yang elmuha dapat hari ini, buatlah keputusan yang sudah dibuat itu benar. Meskipun di awal keputusan kita ternyata tidak. Carilah jalan untuk menjadikan keputusan kita itu menjadi pemenang!

10. THINK about the SOLUTION!

Masalah akan selalu datang, tapi yang kita perlukan bukanlah mengungkap masalah itu terus menerus tanpa mencari solusi. Tugas kita setelah tau apa masalahnya, tentu mencari solusinya dan lalu eksekusi solusi dengan cepat.

Kalau banyak Banjir, gak usah diomongin terus, udah jelas banjir. Cari solusinya gimana biar tahun depan gak banjir. Lakuin bareng-bareng.

11. “Fear is temporary. Regret is eternal.”

Ini sungguh powerful sekali. Ketakutan atau kekhawatiran hanyalah sementara, tapi penyesalan itu abadi. (coba baca juga ini; Cara mengatasi rasa takut).

Jadi, jika kita punya satu hal yang ingin dilakuin, lalu kita takut, padahal kita tau manfaatnya untuk kita, maka lawanlah rasa takut tsb, daripada kita nyesel nantinya karena gak pernah melakukan apa yang kita ingin lakukan.

12. Katakan TIDAK pada hal negatif!

It drains our energy, bikin cape doang, bermanfaat kagak! Misalnya nonton gossip soal artis yang bikin kesalahan lalu dibully, atau drama-drama lainnya..

Kalau pengen hidup bahagia, jangan nonton, jangan baca berita-berita yang negatif termasuk korupsi, politik yang kejam, dsb. Kecuali kalau Anda kerja di bidang tsb, misalnya Anda lawyer, atau reporter berita.

Tapi kalau cuma warga biasa yang gak ikut andil dalam masalah politik, terus marah2 pada pemerintah atau pejabat, apa manfaatnya coba untuk kita?! Bikin kesel iya, gak ada guna!

13. Belajar memaafkan!

Elmuha udah menulis soal ini berulang kali di berbagai blog, mungkin karena saya pribadi butuh banget nasihat ini.

Banyak masalah yang terjadi sudah lama sekali, namun masih belum kita lepaskan, belum kita ikhlaskan. Masih dendam, masih belum bisa memaafkan. Ingat saja, bahwa terkadang apa yang orang lakukan itu gak selalu soal kita, mungkin situasi dan kondisi orang tsb yang membuat mereka seperti itu. Gak usah dipikirin lagi keleusss..

14. .Bersyukurlah setiap harinya.

Apa saja hal yang sudah kita miliki, yang orang lain masih memimpikannya. Banyak orang yang lebih tidak seberuntung kita, tinggal di jalanan, kelaparan, dsb. Kalau kita masih bisa tinggal di tempat yang gak keujanan gak kepanasan dan gak kelaparan setiap hari, kita jauh lebih beruntung dari mereka.

15. BACA BUKU!!

Orang sukses baca buku, orang yang gak sukses nonton TV. Bisa kita lihat bedanya ya…

Untuk investasi jangka panjang diri kita, bacalah buku setidaknya satu buku setiap bulannya. Itu sudah minimal sekali. Elmuha biasanya butuh waktu 3 hari untuk mambaca buku yang cukup tebal. Jadi, idealnya, seperti pendiri Facebook, baca 2 buku setiap minggu, 8 buku per bulan. Tapi untuk permulaan, satu buku aja deh per bulan…

16. Stop WASTING LIFE by; PMO, Dikit-dikit buka HP, Kebanyakan planning tanpa kerja, Bangun siang, Gak belajar apa-apa dalam sehari, Gak exercise, Gak makan yang sehat dan teratur, Planning othe things while doing one work.

17. Don’t Neglect Family and old Friends

Keluarga adalah surga dunia, maka banyakin bersama mereka. Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk keluarga. Begitu juga teman, apalagi teman lama, biasanya kalau udah ada yang baru, yang lama jadi tersisihkan, gak boleh gitu.

Itu dia 17 nasihat terbaik hari ini, sebagian kecil tentunya. Jika kita bisa aplikasikan nasihat-nasihat di atas dalam keseharian hidup kita, InsyaaAllah lah ya hidup kita bisa lebih indah… Semoga bermanfaat and have a great day! *Maaf kalau ada salah ketik/ typo, belum diedit nih artikelnya…

LEAVE A REPLY