Terios terbaru gen 2018 yang lahir bersamaan dengan Toyota Rush 2018, bisa menjadi pilihan yang lebih menarik untuk Anda karena harga yang lebih murah dari Rush, namun memiliki banyak kelebihan yang sama dengan kembarannya itu.

Saat ini, harga Terios 2017 termurah dengan Rush 2017 termurah, berbeda sekitar 40 jutaan rupiah. Perbedaan yang tergolong banyak bukan?! Jadi, jika Anda ingin memiliki kelebihan Rush 2018, namun budget Anda lebih terbatas, Daihatsu Terios 2018 bisa menjadi pilihan. Untuk lebih mengenal Terios terbaru, marik kita ulik kelebihan Daihatsu Terios 2018 ini.

Ada 4 tipe dan varian yang ditawarkan Daihatsu untuk Terios terbaru 2018, termasuk di antaranya Terios tipe X sebagai yang termurah, lalu tipe X Deluxe, Terios R, dan yang termahal Terios tipe R Deluxe dengan fitur yang juga paling lengkap. Mari kita bahas lebih detail.

Perbandingan Fitur Daihatsu Terios tipe X, X Deluxe, R, dan R Deluxe

Mari bandingkan antara fitur utama Daihatsu Terios Tipe X dan Tipe R, serta Terios tipe X Deluxe dan R Deluxe.

perbandingan fitur daihatsu terios 2018

*Fitur yang sangat basic di Terios X, pasti ada juga di Terios R, namun fitur di Terios R belum tentu ada di Terios X. Beberapa fitur penting yang menjadi perbedaan signifikan akan saya garisbawahi.

Fitur Terios X (dan R)

Fitur Tambahan di Terios R

EKSTERIOR/ BAGIAN LUAR
Lampu utama LED
Grille depan hitam (ini lebih cakep :D) Grille depan Chrome
Bumper warna body Silver skid plate
Spion warna body Fog lamp dengan bezel Chrome
Visor samping (talang) Roof Rail
Pilar B hitam
Grip handle warna body
Velg alloy gun metal 16″ Velg alloy hitam Polished 17″
Shark fin antenna
Duck tail spoiler
Lampu belakang kombinasi LED (plus) LED high mount stop lamp
Garnish pintu belakang
Dummy tail lamp (gak hidup) Function LED tail lamp (hidup)
Ban serep steel Ban serep alloy
Muffler cutter
Cover ban serep
INTERIOR/ BAGIAN DALAM
2-tone warna dashboard (plus) Black audio cluster
AC digital dengan memory Panel dengan ornamen chrome
Meter cluster dengan ring chrome Steering wheel dan shift knob bahan kulit
LCD MID dengan ECO indicator Hi Grade meter cluster
Anti glare inner mirror Sunglass holder
Kursi bahan fabric Vanity mirror + lampu sisi kiri
Trim pintu dengan ornamen fabric Kursi dan trim bahan Hi grade fabric
Kursi tengah 1-touch tumble Seat back pocket
Kursi tengah pembagian 60:40 Lampu di ruang luggage
50:50 pelipatan kursi ketiga Lebih banyak Chrome ornament
COMFORT/ KENYAMANAN
Ac double blower Start stop button
Ventilasi udara Audio & phone handsfree steering switch
Electronic power steering Retractable outer mirror
Tilt steering AC digital Auto
2 DIN touchscreen audio (DVD, USB, Aux in, Tuner) 2 DIN (plus Mirroring)
Speaker baris 1 dan 2 Tweeter dan Speaker di baris 3
Power windows jam protection Height adjuster kursi driver
Speed sensing auto door lock Power outlet semua baris
Back sonar Leather key pocket
Intermitten wiper Engine hood silencer
Power outlet di depan Parking camera belakang
Corner sensor depan
SAFETY/ KEAMANAN
ABS + EBD Vehicle Stabilty Control (VSC)
Dual SRS Airbag Hill-Start Assist (HSA)
Seatbelt di semua baris Emergency Stop Signal (ESS)
Side impact beam Headlamp auto on
Child safety lock Key free sistem (ini keyless kali ya?)
Headrest hanya 2 di setiap baris  –
Stabilizer  –
Immobilizer  –
Kunci dengan alarm  –
Warning seatbelt untuk driver  –
————————————–
DELUXE!
Tambahan di tipe X Deluxe Tambahan di tipe R Deluxe
Sticker Deluxe Sticker Deluxe
Muffler Cutter Aero Kit depan
Cover ban serep Side Stone Guard Ornament
Backdoor Scuff Plate Black backdoor garnish with Chrome list
Center Console Box All door sculf plate
2 DIN (plus Mirroring) & Parking camera belakang Around View Monitor

Berdasarkan tabel fitur-fitur Daihatsu Terios 2018 di atas, bisa kita lihat langsung yang digarasibawahi, itu adalah kelebihan tipe R dibanding X yang paling signifikan. Selebihnya, relatif tergantung selera saja, dan sebagian tak terlalu dibutuhkan.

Lalu, bagaimana kelebihan Daihatsu Terios 2018 secara keseluruhan?

kelebihan keunggulan daihatsu terios 2018

Kelebihan Terios 2018 atau generasi terbaru

1. Fitur tergolong lengkap bahkan di tipe terendah sekalipun. Sedangkan tipe tertinggi, memiliki fitur-fitur mewah yang biasanya hanya ada di mobil yang jauh lebih mahal, sebut saja Hill Start Assist, Around View Monitor, VSC, serta yang sederhana namun asik, speaker di ketiga baris.

2. Desain Terios 2018 ini bisa kita katakan bagus. Walaupun kesan melihatnya sekarang menjadi lebih seperti MPV Crossover, alias bukan SUV lagi, namun Terios 2018 tetap terlihat gagah. Masuk ke interior, desain keseluruhan terbilang memuaskan. Dashboardnya manis modern dan tetap minimalis sederhana.

3. Kemampuan menerjang banjir meningkat. Ground Clearance kini menjadi 220 mm, itu tergolong tinggi, setara SUV beneran. Lalu, Air (udara) Intake juga diletakkan di posisi paling atas, dan menghadap ke samping sehingga lebih aman dari cipratan air (water) saat menerjang banjir, tapi saran elmuha sih jangan lah ya.. eman-eman.

harga daihatsu terios 2018

4. Didesain benar-benar untuk 7 penumpang. Jika gen sebelumnya lebih dekat ke SUV, kini Terios 2018 lebih dekat ke MPV. Dimensinya yang bertambah panjang (4.435 x 1.695 x 1.705), serta menghilangkan Konde atau ban serep di pintu belakang, membuat kelegaan kabin meningkat signifikan. Bagi yang tingginya masih rata-rata orang Indonesia, akan cukup nyaman duduk di baris ketiga.

Dan karena ini lebih ke SUV keluarga bahkan sangat mirip MPV, banyak kompartemen dan ruang-ruang penyimpanan yang tentu sangat bermanfaat untuk para penumpang. Disediakan juga colokan listrik untuk charging gadget di semua baris untuk tipe R.

5. Mesin bandel dan lebih efisien. Mesin yang digunakan adalah yang identik dipakai oleh Avanza 1.5 dimana memiliki efisiensi lebih baik serta tenaga mencukupi. Soal daya tahan, siapa yang bisa meragukan mesin ini. Terbukti di generasi Avanza.

Mesin ini menghasilkan tenaga 104 PS pada 6000 RPM dan torsi 13.9 kg.m pada 4200 RPM. Sedangkan bobot Terios 2018 ini berada di angka 1245 kg untuk tipe terendah hingga 1270 kg untuk tipe R AT dengan bobot kotor hingga 1870. Kalau penumpangnya semua berbobot 85 Kg semua, mobil ini masih sanggup, hitungannya sih gitu.

kekurangan daihatsu terios 2018

6. Fitur keamanan meningkat signifikan. Untuk tipe teratas, fitur-fitur keamanannya lebih lengkap, bahkan disertai Vehicle Stability Control atau VSC yang tentunya sangat berguna saat membawa mobil tinggi seperti ini. Begitu juga Hill Start Assist yang berguna di tanjakan. Namun elmuha cukup menyayangkan satu fitur yang seharusnya tidak dikurangi di mobil ini, kita bahas di kekurangan Terios 2018.

Itulah kelebihan utama Daihatsu Terios 2018 sementara ini selagi belum ada test ride atau pengetesan di lapangan. Dengan kelebihan yang dimiliki Terios terbaru ini, jelas mobil ini bisa memenuhi ekspektasi sebagian besar dari masyarakat Tanah Air, namun tidak fair jika kita tidak bicara tentang kekurangannya.

Kekurangan Daihatsu Terios 2018, Sementara Ini

1. Yang pertama, jika kita perhatikan datanya, semua tipe yang ditawarkan oleh Terios 2018 ini hanya dibekali Dual SRS airbag. Sangat disayangkan, fitur-fitur keamanan yang melimpah, tidak disertai dengan airbag yang lebih banyak seperti Rush 2018.

Namun dengan perbedaan harga yang juga cukup signifikan, mungkin kelemahan ini bisa dimaafkan.

2. Tenaga mesin lebih kecil dari gen sebelumnya. Terios yang bisa Anda beli saat ini, memiliki tenaga mesin hingga 109 PS. Dan mesin terbaru Terios 2018 hanya 104, apakah akan berpengaruh pada performanya? Mungkin kita harus menunggu test-ride mobil ini. Karena beberapa faktor mempengaruhi seperti gear ratio salah satunya.

3. Desain eksterior yang “MPV banget.” Memang keren, ganteng, namun dibanding Terios lama, yang baru ini kurang greget bagi pecinta mobil tangguh khas SUV. Meskipun soal ground clearance, Terios 2018 ini juara. Sasis semi ladder frame juga masih terhitung tangguh, dan mobil ini RWD!!! :p

Desain Terios X vs R
LSUV atau MPV Tangguh?

4. Masih soal desain, di dalam, akan banyak ornamen jahitan palsu. Memang terlihat bagus, tapi ini palsu. Memang tidak mungkin jika jahitannya dibuat asli, tentu harganya akan lebih mahal. Jadi sekali lagi, ini wajar.

Namun yang agak mengganjal, adalah warna ornamennya yang terang bahkan sepertinya benar-benar putih. Warna putih terang seperti ini mungkin akan sedikit lebih cepat terlihat kotor jika kita tidak rajin membersihkan tangan atau interior mobil.

Untungnya, warna fabric yang digunakan untuk trim serta kursinya adalah warna gelap, ini tentu sangat bisa diapresiasi. Gak seperti rival sebelah.. :d

Lagi, kelebihan Terios 2018 yang diklaim oleh Daihatsu adalah kekedapan kabin yang meningkat dibanding gen terdahulu. Namun menurut elmuha; kalau ini sih, harus dong ya.. 11 tahun ya kan…. menunggu…

Saya kira itu saja kekurangan dan kelebihan Terios 2018, sampai harga Daihatsu terios 2018 nanti diumumkan, lalu tersedia pengujian langsung di lapangan, tidak banyak yang bisa kita katakan soal Terios terbaru, selain itu tadi; sesuai bahkan melebihi ekspektasi. Layak untuk dipinang…  Bagaimana menurut Anda, tertarik?

Terms: kelebihan terios 2018, terios 2018, daihatsu terios 2018, terios 2018 x delux, terios 2018 tipe R, mesin terios terbaru 2018, keunggulan daihatsu terios 2018, kelemahan Terios 2018, kelemahan dan kelebihan terios 2018, kelemahan all new terios terbaru

LEAVE A REPLY